Takluk dari Vietnam U23, Timnas Indonesia U23 Runner Up Piala AFF U23/2023, Ini Kata Ketua PSSI Erick Thohir

- 27 Agustus 2023, 10:17 WIB
Momen saat Timnas Indonesia U23 melawan Vietnam di partai final Piala AFF 2023, Sabtu, 26 Agustus 2023.
Momen saat Timnas Indonesia U23 melawan Vietnam di partai final Piala AFF 2023, Sabtu, 26 Agustus 2023. /PSSI.


Media Purwodadi – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan tetap bangga dengan torehan yang diraih Timnas Indonesia U23 di ajang Piala AFF U23 Tahun 2023.

Meski hanya menyandang sebagai runner up, Erick Thohir berterima kasih atas perjuangan para pemain yang telah maksimal saat melawan Vietnam dalam laga Final Piala AFF 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu 26 Agustus 2023 malam.

Erick Thohir yang datang langsung ke Thailand untuk menyaksikan dan mendukung langsung tim berjuluk Garuda Muda ini ini berterima kasih kepada para pemain dan staf pelatih yang berjuang dalam ajang Piala AFF 2023 ini.

Baca Juga: Perkuat Sinergi, Shopee Connect Jadi Simpul Kolaborasi Konten Kreator, Mitra Brand, dan Penjual

“Saya ucapkan terima kasih atas perjuangan seluruh pemain dan staf pelatih. Dengan materi banyak pemain debutan, nyatanya kita masih bisa berbicara di level teratas Asia Tenggara,” ujar Erick Thohir, seperti yang dilansir dalam laman resmi PSSI.

Terharu

Erick Thoir terharu dengan semangat dan pengorbanan para pemain yang rela memenuhi panggilan negara. Meski banyak pemain utama yang tidak bisa tampil karena tidak diizinkan klub, tetapi pemain yang tersisa sudah berjuang mati-matian untuk kehormatan negara.

"Saya terharu karena dengan pemain yang hanya tersisa 16 orang kita mampu berjuang hingga keringat dan menit terakhir. Hasil memang belum berpihak pada kita, tapi saya optimistis kejuaraan ini akan menjadi bekal motivasi serta mental bagi pemain untuk semakin baik lagi," ujar Erick.

Skuad yang tampil di Piala AFF U23 maupun SEA Games 2023 adalah pondasi awal untuk tampil di pentas Piala Asia U23 nanti.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat bersalaman dengan Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae Yong usai pertandingan final antara Indonesia vs Vietnam, Sabtu, 26 Agustus 2023.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat bersalaman dengan Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae Yong usai pertandingan final antara Indonesia vs Vietnam, Sabtu, 26 Agustus 2023. /PSSI/

Erick menegaskan, prestasi bukan hal yang instan, tetapi melewati proses persiapan yang penuh pengorbanan dan Piala AFF U23 ini menjadi persiapan panjang Timnas Indonesia untuk meraih prestasi di Piala AFC U23 atau kualifikasi Olimpiade 2024.

Baca Juga: Prediksi dan Link Live Streaming Arsenal vs Fulham. Sabtu, 26 Agustus 2023 Kick Off Pukul 21.00 WIB

"Piala AFF U-23 ini adalah bagian dari proses. Karena tak ada tim di sepak bola yang bisa sukses tanpa memiliki sistem, roadmap, dan agenda yang jelas. Dengan segala risiko PSSI berusaha keras disiplin pada sistem, roadmap, dan agenda yang sudah disepakati, termasuk keikutsertaan pada AFF U-23 ini" kata Erick Thohir.

Punya Potensi

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini menjelaskan, Timnas Indonesia punya potensi untuk tampil semakin baik lagi. Dirinya berpesan agar tetap membumi, namun tetap selalu lapar akan juara di segala kompetisi.

"Mental untuk tidak mudah puas dan selalu meningkatkan level kompetitif kita adalah kunci bagi timnas untuk bersaing di level yang lebih tinggi lagi. Jika di Asia Tenggara kita berhasil mencapai level atas, mengapa tidak kita taklukkan pula Asia bahkan dunia," tambah Erick Thohir.***

Editor: Agung Tri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x