Sah Menjadi Warga Negara Indonesia, Begini Ungkapan Marteen Paes Usai Pengambilan Sumpah

- 1 Mei 2024, 08:30 WIB
Marteen Paes mencium bendera Merah Putih setelah pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia.
Marteen Paes mencium bendera Merah Putih setelah pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia. /PSSI.


Media Purwodadi – Pengambilan sumpah dilakukan di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta yang dipimpin Kepala Kanwil, R Andika Dwi Prasetya kepada Maarten Paes.

Maarten Paes sah sebagai Warga Negara Indonesia setelah pengambilan sumpah pada Selasa, 30 April 2024. Maarten Paes merupakan pemain Timnas Indonesia yang melakukan naturalisasi menjadi WNI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menemui langsung tiga pemain keturunan tersebut. Selain Maarten Paes, ada Jens Raven dan Calvin Verdonk.

Baca Juga: Warga Desa Kemiri Gubug Digegerkan Mayat Pria di Sungai Irigasi, Korban Diperkirakan Terjatuh Sejak Senin

Dua pemain, Jens Raven dan Calvin Verdonk dalam proses naturalisasi. Hal itu diungkapkan Erick Thohir setelah menemui ketiganya.

“Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat tim nasional. Hari ini Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Sementara Calvin Verdonk pemain NEC Nijmegen dan Jens Raven pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi,” kata Erick Thohir, dilansir dari PSSI.

Senang

Setelah pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia, Maarten Paes mengungkapkan rasa senangnya. Menurutnya, pengambilan sumpah ini adalah momen yang bersejarah baginya.

“Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia),” kata Maarten Paes.

Maarten Paes mengungkapkan rasa bangganya karena menjadi bagian dari Indonesia. Menurut dia, semua yang dilakukan itu sudah jelas untuk persiapan pada bulan Juni 2024 nanti.

"Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti (Kualifikasi Piala Dunia 2026-red). Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin dan memberikan dampak di dalam dan di luar lapangan, karena saya juga ingin menjadi contoh bagi generasi yang lebih muda,” ujar Maarten Paes.

Marteen Paes menerangkan, para pengemar sepak bola di Indonesia ini sangat luar biasa. Suporter yang loyal dan penuh semangat itu dilihatnya saat Piala Asia U23.

Baca Juga: Hari Buruh, Cuaca Kabupaten Grobogan Pada Rabu 1 Mei 2024 Berpotensi Cerah Berawan

“Bisa dilihat, di Piala Asia U-23 saat ini, bagaimana mereka memberikan dukungan kepada timnas, bahkan hingga di luar stadion,” ujar Maarten Paes.

Marteen Paes merupakan kiper kelahiran Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998. Saat ini, dia bermain di Liga Amerika Serikat bersama FC Dallas.

Marteen Paes memiliki keturunan dari Belanda yakni dari garis sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur, pada 20 Maret 1940.

Marteen Paes merupakan pemain naturalisasi yang direkomendasi Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Selama proses naturalisasi, dia bersama Thom Hayed an Ragner Oratmangoen pada awal Maret 2024.

Diharapkan, Marteen Paes dapat memperkuat Timnas Indonesia melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah