Jelang Semifinal Piala Asia U23 Malam Ini, Shin Tae Yong Optimis Garuda Muda Mampu Kalahkan Uzbekistan

- 29 April 2024, 09:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae Yong, optimis Garuda Muda kalahkan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 malam ini.
Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae Yong, optimis Garuda Muda kalahkan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 malam ini. /PSSI.


Media Purwodadi – Shin Tae Yong optimis Timnas Indonesia U23 mampu mengalahkan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U23 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Senin 29 April 2024.

Menurut Shin Tae Yong, Uzbekistan dan Indonesia mempunyai kesamaan. Selain itu, Uzbekistan juga mencoba membangun sepak bolanya dari level kelompok muda seperti di bawah 20 atau 23 tahun. Itulah yang melatarbelakangi tim Uzbekistan sebagai tim yang sangat bagus.

Shin Tae Yong menjelaskan, sepanjang karirnya sebagai pelatih Timnas Indonesia, terakhir bermain melawan Uzbekistan di Piala Asia U20 pada tahun 2023.

Baca Juga: Baru Saja Keluar dari Lapas Karena Narkoba, Artis Rio Reifan Kembali Ditangkap dengan Kasus yang Sama

“Waktu itu kami tidak membawa enam pemain terbaik kami, tapi tetap saja Uzbekistan mampu mendominasi permainan dan permainan kami tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Uzbekistan,” jelas Shin Tae Yong, dikutip dari PSSI.

Shin Tae Yong menjelaskan, selain hal tersebut, tim asuhannya juga tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan. Dia mengatakan, Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, namun pada pertandingan Semifinal Piala Asia U23 ini, Tim Garuda Muda mempunyai pemain-pemain terbaik.

“Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus. Saya punya perasaan yang baik, jadi semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik,” ujar Shin Tae Yong yang baru saja membawa Timnas Indonesia U23 menang dari Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 itu.

Persiapan Sangat Baik

Menjelang pertandingan semifinal Indonesia vs Uzbekistan, Shin Tae Yong mengatakan, persiapan Tim Garuda Muda sangat baik. Hal itu dipaparkannya ketika kepercayaan diri para pemain semakin meningkat pasca lolos dari Grup A, yang merupakan grup neraka, dan telah berhasil menyingkirkan Korea Selatan di Babak Perempat Final lewat adu tendangan penalti.

"Beberapa penilaian saya setelah menonton pertandingan Uzbekistan, saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan,” ujar Shin Tae Yong.

“Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat,” tambahnya.

Setelah mempelajari hal itu, Shin Tae Yong mengatakan, Tim Garuda Muda harus bisa mengatasi dan dirinya yakin tim asuhannya itu bisa menghadapinya dengan baik.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Grobogan Pada Senin 29 April 2024, Cek Dulu di Sini

"Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia," tambah Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia U23 bersiap melawan Uzbekistan pada pertandingan Semifinal Piala Asia U23, yang akan digelar pada Senin, 29 April 2024 dan disiarkan langsung pada pukul 21.00 WIB.

Nantinya, pemenang dalam pertandingan semifinal ini akan bertemu di partai final Piala Asia U23 dan mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2026.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah