Berada Dalam Grup D, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong Optimis Skuad Garuda Bisa Lolos 16 Besar

- 21 Desember 2023, 09:23 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. /Dok PSSI./


Media Puwodadi – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong optimis tim asuhannya memberikan kejutan di Grup D. Shin Tae Yong juga yakin bahwa para pemain Timnas Indonesia akan lolos 16 besar.

Keyakinan Shin Tae Yong sangat besar untuk Timnas Indonesia lolos di 16 besar, meskipun di Grup D ini, Indonesia berada satu grup dengan Jepang, Irak dan Vietnam.

"Persiapan kita targetnya 16 besar. Untuk itu saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras," kata Shin Tae Yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Ada Dugaan Pengulangan Tindak Pidana Match Fixing, Satgas Anti Mafia Bola Polri Masih Terus Lakukan Pendalaman

Shin Tae Yong sendiri tidak menampik bahwa targetnya cukup tinggi. Menurut dia, Indonesia secara ranking FIFA paling rendah dari ketiga tim lainnya. Namun, dalam sepak bola apapun bisa terjadi.

“Kita juga mohon doa dan dukungan seluruh fans, pendukung, dan rakyat Indonesia agar kami meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023," ujar Shin Tae Yong.

Tim Tangguh

Shin Tae Yong mengatakan pemusatan latihan yang digelar di Turki pada 20 Desember 2023-6 Januari 2024 ini akan dimanfaatkan untuk membentuk tim yang tangguh. Ada 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan ini.

Dari jumlah pemain tersebut akan disisakan 26 nama untuk membentuk tim yang tangguh.

"Kami bisa membawa 26 pemain di Qatar. Tapi saat pertandingan, kami hanya bisa (membawa) 23 pemain," jelas pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Materi Skuad Garuda

Saat ini, materi Skuad Garuda ada tujuh pemain keturunan. Sementara, empat pemain lainnya berstatus abroad.

Ketujuh pemain itu antara lain Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattyanama (Viking FK), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (Ado den Haag) dan Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21).

Baca Juga: Sepanjang 2023, Densus 88 Antiteror Polri Tangkap 142 Orang Tersangka Terorisme, Empat Diantaranya Wanita

Selain mereka, ada empat pemain lainnya yang berstatus sebagai abroad, atau berkarier di luar negeri. Keempat pemain tersebut adalah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Saddil Ramdani (Sabah FC) dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Selain itu, nama-nama pemain bintang Liga 1 2023/2024, mulai dari Rizky Ridho (Persija Jakarta), Marc Klok (Persib Bandung), Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Egy Maulana Vikri (Dewa United FC), Ramadhan Sananta (Persis Solo), dan lain-lainnya.

Di TC Turki, Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawannya, dijadwalkan beruji coba melawan Libya di Antalya pada 2-5 Januari 2024. Setelah itu akan uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari 2024.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: PSSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x