Vietnam Borong Dua Gol di Leg Kedua, Timnas Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal Piala AFF 2022

- 10 Januari 2023, 08:00 WIB
Ekspresi Shin Tae Yong saat pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam berlangsung, Senin, 9 Januari 2023.
Ekspresi Shin Tae Yong saat pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam berlangsung, Senin, 9 Januari 2023. /Instagram @pssi.


Media Purwodadi – Timnas Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2022 pasca kalah dari tuan rumah Vietnam dengan skor 0-2 di laga semifinal leg kedua, Senin 9 Januari 2023.

Nguyen Tien Linh sang penyerang Vietnam berhasil memborong gol ke gawang Timnas Indonesia dan menjadikan Vietnam menang di semifinal leg kedua Piala AFF 2022.

Dua gol Vietnam ini memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sepanjang Piala AFF 2022. Nguyen Tien Linh sendiri menciptakan lima gol bersama striker Thailand Teerasil Dangda.

Baca Juga: Breaking News: Gempa Berkekuatan 7.9 Magnitudo Guncang Wilayah Maluku, Peringatan Dini Tsunami Telah Berakhir

Kekalahan Timnas Indonesia tentu gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara di gelaran Piala AFF 2022 tersebut.

Para pemain yang diturunkan Shin Tae Yong dalam pertandingan tersebut tidak membuat Timnas Indonesia berpeluang besar mendapatkan gol saat melawan Vietnam, kemarin.

Pada pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong menggunakan formasi lima bek saat bertahan, di mana bek tengah diisi Jordi Amat, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto. Di pertahanan kiri dan kanan masing-masing dihuni Pratama Arhan serta Asnawi Mangkualam.

Di bagian tengah, Shin Tae Yong menurunkan Marc Klok dan Marselino Ferdinan. Di tengah keduanya ada Saddil Ramdani dan Yakob Sayuri di sayap serta Dendy Sulistyawan sebagai penyerang.

Di kubu Vietnam, sang juru taktik Park Hang Seo justru menampilkan semua pemain andalannya termasuk bek Doan Van Hau, gelandang Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai dan penyerang Nguyen Tien Linh.

Dengan komposisi demikian, Vietnam yang membutuhkan kemenangan untuk mengunci tempat di final langsung mengincar gol dan mendapatkannya pada menit ketiga melalui tendangan Nguyen Tien Linh.

Tien Linh mendapatkan umpan jauh dari Do Hung Dung sebelum menjebol gawang Indonesia. Tertinggal 0-1, Indonesia yang cuma memerlukan hasil imbang dengan gol untuk ke final terus berusaha keluar dari tekanan dari Timnas Vietnam.

Sampai turun minum, tidak ada gol tambahan yang terjadi, baik yang tercipta dari Timnas Indonesia maupun dari Vietnam. Skor bertahan di babak pertama 1-0 unggul Vietnam.

Baca Juga: Prediksi dan Link live streaming Oxford United vs Arsenal: Putaran 3 FA Cup 2022/2023, Selasa, 10 Januari 2023

Pada babak kedua, permainan Vietnam semakin keras dan banyak serangan yang diberikan untuk Timnas Indonesia.

Hasilnya, tak sampai dua menit paruh kedua berjalan, Vietnam mampu menggandakan kedudukan lagi-lagi lewat Nguyen Tien Linh yang menyundul masuk umpan sepak pojok Do Hung Dung.

Kesulitan yang dihadapi Timnas Indonesia membuat Shin Tae Yong  memasukkan pemain-pemain menyerang seperti Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya.

Namun, hingga pertandingan usai, Timnas Indonesia tidak mencetak satu pun gol dalam pertandingan semifinal leg kedua melawan Vietnam di Piala AFF 2022 tersebut.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x