Tumor Testis Tengah Dialami Pemain Bola Sebastian Haller, Berikut Penjelasan Singkat Tentang Penyakit Ini

- 20 Juli 2022, 21:45 WIB
Pemain bola asal Pantai Gading, Sebastian Haller harus pulang karena didiagnosa mengalami penyakit tumor testis.
Pemain bola asal Pantai Gading, Sebastian Haller harus pulang karena didiagnosa mengalami penyakit tumor testis. /Instagram @bvb09/

Media Purwodadi – tumor testis tengah menjadi perbincangan di dunia maya pasca penyakit pemain bola yang yang tengah Borussia Dortmund, Sebastian Haller.

Penyakit tumor testis ini membuat Sebastian Haller terpaksa keluar dari tempat pelatihan pra musim Borusia Dortmund karena mengeluh sakit pada Senin, 19 Juli 2022.

Pelatihan pra musim Borussia Dortmund ini diadakan di Bad Ragaz, Swiss memang diikuti oleh Sebastian Haller. Namun, setelah mendapatkan diagnosa tumor testis pada dirinya, Sebastian Haller langsung pergi ke Jerman.

Baca Juga: Hajat Dikabulkan dan Semua Urusan Dimudahkan, Baca Al-Fatihah di Waktu Mustajab ini, Kata Syekh Ali Jaber

Kepergian pemain asal Pantai Gading ke Jerman yakni untuk menjalani serangkaian tes yang terkait dengan penyakit tumor testis yang diidapnya tersebut.

Melalui laman resmi Dortmund, Borussia Dortmund meminta agar semua pihak menjaga semua hal pribadi pemain dan keluarga setelah merilis pengumuman tentang penyakit tumor testis yang diderita Sebastian Haller ini.

“Dari pemeriksaan intensif petugas medis ditemukan adanya timor di bagian testis,” pernyataan resmi Borusia Dortmund yang dikutip Media Purwodadi dari Bundesliga.

Apa itu penyakit tumor testis? Lalu, bagaimanakah cara penanganannya? Berikut penjelasan tentang tumor testis yang dilansir Media Purwodadi dari NHS UK, membahas tentang tumor testis.

Jenis penyakit tumor testis ini adalah salah satu kanker yang kurang umum.

Kecenderungan pria yang mengalami penyakit tumor testis dari kisaran usia 15 sampai 49 tahun. Ciri khas tumor testis ini adalah adanya pembengkakan atau benjolan tanpa rasa sakit pada buah zakar atau adanya perubahan bentuk pada buah zakar.

Seperti yang diketahui, testis adalah organ vital pada pria yang berada dalam skrotum kedua sisi penis pada pria.

Fungsi dari testis adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria yang menghasilkan sperma dan hormon testosteron yang berperan utama dalam perkembangan aktivitas seksual.

Jenis kanker testis yang umum adalah kanker testis sel germinal yang menyumbang sekitar 95 persen dari semua kasus.

Sel germinal ini adalah jenis sel untuk membuat sperma. Sub tipe dari kanker testis sel germinal antara lain :

1. Seminoma yang menjadi lebih umum dalam 20 tahun terakhir dan menyumbang 40 – 45 persen kanker testis

2. Non Seminoma, yang menyumbang sebagian besar sisanya dan termasuk teratoma, karsinoma, embrional, kariokarsinoma dan tumor kantung kuning telur.

Baca Juga: Bangunan Liar Bawah Jembatan di Grobogan Ini Dibongkar Satpol PP, Ada Apa?

Jenis kanker testis adalah kanker yang relatif jarang dan terhitung hanya satu persen dari semua kanker yang terjadi pada pria.

Di Inggris, ada 2.300 pria yang didiagnosa menderita kanker testis dalam satu tahun. Biasanya, jenis kanker ini menyerang pada pria yang berusia muda.

Itulah penjelasan singkat tentang tumor atau kanker testis yang saat ini tengah menjadi perbincangan pasca keluarnya diagnosa tentang penyakit tersebut yang dialami pemain bola Sebastian Heller tersebut.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: NHS UK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah