Disnakertrans Grobogan Gelar Job Fair, Ribuan Pencari Kerja Langsung Serbu Gedung Wisuda Budaya Purwodadi

- 16 Mei 2024, 07:40 WIB
Para pencari kerja antusias mencari pekerjaan lewat job fair yang digelar Disnakertrans Grobogan di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi.
Para pencari kerja antusias mencari pekerjaan lewat job fair yang digelar Disnakertrans Grobogan di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi. /Media Purwodadi/Hana Ratri./


Media Purwodadi – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Grobogan mengadakan pameran bursa kerja atau job fair. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu-Kamis, 15-16 Mei 2024 di Gedung Wisuda Budaya, Jalan R Suprapto Purwodadi.

Kegiatan job fair ini diikuti oleh 30 perusahaan dan mendapatkan animo dari banyak masyarakat Kabupaten Grobogan. Mereka yang datang ke Gedung Wisuda Budaya itu untuk mencari informasi lowongan kerja.

Bahkan, sebagian dari mereka yakni para pencari kerja, sudah menyiapkan surat lamaran kerja untuk bidang yang sesuai dengan kompetensinya.

Baca Juga: Grobogan Punya Banyak Potensi Wisata, Digital Marketing Sektor Pariwisata Perlu Dikembangkan

Kepala Disnkanertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo menjelaskan, target penyelenggaraan job fair atau bursa kerja tahun 2024 ini yaitu tersedianya kurang lebih 9.875 lowongan kerja dari 30 perusahaan dari wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya.

“Jadi tujuan dari kegiatan job fair ini yaitu peningkatan perluasan kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah penempatan tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Sasarannya adalah perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya sebagai pengguna dan sekaligus penyedia lowongan kerja,” jelas Teguh.

Pembukaan job fair ini ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan ronce melati di pintu masuk oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Grobogan, Kurnia Saniadi.

Dalam sambutannya, Kurnia Saniadi yang mewakili Bupati Grobogan, Sri Sumarni ini menjelaskan bahwa bursa kerja ini menjadi sarana yang tepat untuk memfasilitasi secara langsung bertemunya pengguna kerja dengan pencari kerja.

Pembukaan ditandai dengan pemotongan ronce melati di depan pintu masuk pameran.
Pembukaan ditandai dengan pemotongan ronce melati di depan pintu masuk pameran. /Dok Media Purwodadi./

“Sehingga harapannya bisa mempermudah proses penyerapan tenaga kerja. Selain itu, kegiatan job fair ini juga diharapkan dapat berdaya guna dalam membantu pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, pendidikan, ketrampilan dan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Mantan Camat Wirosari ini juga menjelaskan, pengguna tenaga kerja dapat memperoleh tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi dan syarat jabatan yang diinginkan.

“Penempatan tenaga kerja yang tepat akan membantu perkembangan kegiatan dunia usaha dan perkembangan ekonomi, yang selanjutnya diharapkan terjadi pertumbuhan ekonomi, khususnya pertumbuhan ekoni di Kabupaten Grobogan yakni bangkit bersama untuk Grobogan semakin hebat,” ucap Kurnia Saniadi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Grobogan Pada Kamis 16 Mei 2024 Siang Hari Suhu Bakal Menyengat

Antusias

Kegiatan job fair ini berlangsung dua hari dan langsung diserbu ribuan para pencari kerja. Mereka datang dari berbagai daerah di Kabupaten Grobogan. Salah satunya Alina, warga Kecamatan Toroh, yang datang bersama temannya.

Alina yang baru saja lulus SMK ini mencari pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, yakni administrasi.
“Baru saja lulus sekolah, SMK jurusan administrasi perkantoran. Semoga saja dapat pekerjaan yang cocok, sesuai dengan keahlian dan ketrampilan yang saya miliki,” ujar Alina.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah