Final Leg 1 Piala AFF, Indonesia Kalah Telak 0-4 Atas Thailand, Tempo Permainan Terlihat Cepat

- 30 Desember 2021, 12:19 WIB
Suasana pertandingan Final Leg 1 Piala AFF 2020, Indonesia vs Thailand dengan hasil akhir 0 - 4.
Suasana pertandingan Final Leg 1 Piala AFF 2020, Indonesia vs Thailand dengan hasil akhir 0 - 4. /tangkapan layar Video.

Media Purwodadi – Final Leg 1 Piala AFF 2020, Tim  Nasional (Timnas) Indonesia kalah telak melawan Tim  asal Thailand.

Pertandingan AFF 2020 berlangsung di National Stadium, Singapura pada Rabu, 29 Desember 2021 malam.

Pertandingan yang memperebutkan Piala AFF 2020 ini, Indonesia terpaksa kalah dari Tim Thailand dengan skor akhir 0-4.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi NET TV Kamis, 30 Desember 2021: Serial Drama Korea Full House, Indonesia Next Top Model

Sikap agresif Tim Gajah Perang Thailand sudah nampak sejak menit pertama. Thailand unggul lebih cepat pada menit kedua pada gol yang dicetak oleh Chanathip Songkrasin.

Upaya pertama berhasil digagalkan oleh sang Kiper Nadeo Argawinata. Namun, umpan Phillip Roller dari sisi kiri pertahanan Indonesia berhasil dieksekusi dan memberi keunggulan bagi Tim  Thailand.

Pada babak pertama, Thailand bermain dengan tempo yang sangat cepat. Hal ini membuat Indonesia kesulitan dalam mengembangkan permainan. Bahkan, para pemain Indonesia kerap menjadi salah strategi mengatur permainan.

Indonesia tak melakukan banyak serangan pada babak pertama, hanya ada 2 tembakan ke gawang Thailand. Hanya saja, tembakan tersebut tidak ada yang tepat sasaran.

Kondisi ini membuat Indonesia semakin tertekan dan kesulitan untuk fokus. Thailand berkali-kali diuntungkan dengan kesalahan yang dilakukan skuad Indonesia. Salah satunya dengan passing yang dilakukan secara tidak tepat.

Setelah itu Timnas Indonesia sempat berusaha mengejar ketertinggalan. Namun, Thailand tampil lebih baik dan beberapa kali mengancam gawang Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi SCTV Kamis, 30 Desember 2021: Dari Jendela SMP, Ada Konser Suara Cahaya Nusantara

Kemudian, di babak pertama tepatnya pada menit ke-41, Indonesia hampir membuat gol penyeimbang. Namun umpan yang diberikan Witan Sulaeman tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Alfeandra Dewangga. Indonesia tertinggal 0-1 dari lawan hingga akhir babak pertama.

Seperti babak sebelumnya, pada babak kedua Thailand terus menekan Indonesia. Tim  Garuda harus kembali menahan gempuran Thailand sebelum berhasil membangun serangan.

Pada babak kedua, gol bertambah untuk Thailand. Chanathip Songkrasin kembali berhasil menambah angka di papan skor pada menit ke-52.

Hingga akhirnya cetakan gol kembali dilakukan oleh Supachok Sarachat dengan tambahan gol pada menit ke-67.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi RCTI Kamis, 30 Desember 2021: Tiba-tiba Manten Barengan, Rossa 25 Tahun Berkarya

Tentunya untuk menghadapi Leg 2, tugas Timnas Indonesia semakin berat. Pertandingan Final Leg 2 AFF 2020 rencananya akan digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022.

Untuk mewujudkan impian menjadi juara, setidaknya Indonesia harus menang telak 5-0 atas Thailand.

Berikut susunan pemain dari kedua Tim yang berlaga pada pertandingan malam tadi:

1. Indonesia (4-2-3-1) diperkuat oleh: Nadeo Argawinata; M Edo Febriansyah (Evan Dimas, 45'), Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto (Elkan Baggott, 45'), Asnawi Mangkualam; Irfan Jaya (Ramai Rumakiek, 73'), Ricky Kambuaya (Egy Maulana Vikri, 63'), Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto (I Kadek Agung, 45'), Witan Sulaeman; Dedik Setiawan.

Cadangan: Evan Dimas, Ezra Walian, Kushedya Yudo, Egy Maulana Vikri, Victor Igboveno, Rizky Dwi Febrianto, Syahrian Abimanyu, I Kadek Agung, Ramai Rumakiek, Syahrul Fadillah, Hanis Sagara Putra, Elkan Baggott.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Baca Juga: Belum Terlambat, Cek Daftar Penerima BPUM Rp1,2 juta lewat eform.bri.co.id

2. Thailand (4-1-2-1-2) diperkuat oleh: Siwarak Tedsungnoen (Kawin Thamsatchanan, 75'); Weetarhep Pomphan, Kritsada Kaman, Phillip Roller, Tristan Do; Yusef Elias Dolah (Pokklaw Anan, 39'), Phitiwat Sukjitthammakul (Thitipan Puangchan, 61'), Bordin Phala; Chanathip Songkrasin (Worachit Kanitsribumphen, 75'), Supachok Sarachat; Teerasil Dangda (Supachai Chaided, 61').

Cadangan: Kawin Thamsatchanan, Suriya Singhmui, Sarach Yooyen, Thitiphan Puangchan, Adisak Kraisorn, Thanawat Suengchittawon, Narubadin Weerawatnodom, Supachai Chaided, Worachit Kanitsribumphen, Pawee Tanthatemee, Pokklaw Anan, Picha Autra.

Pelatih: Alexandre Polking.

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah