Toyota New Fortuner, SUV Tangguh dan Mesin Diesel Terbaru Lebih Bertenaga

- 24 Januari 2022, 10:00 WIB
SUV terbaru dari Toyota, New Fortuner dengan berbagai macam perubahan dari DNA Fortuner sebelumnya.
SUV terbaru dari Toyota, New Fortuner dengan berbagai macam perubahan dari DNA Fortuner sebelumnya. /Nasmoco Group.

Media Purwodadi – PT Toyota astra Motor (TAM) telah meluncurkan secara nasional, Toyota New Fortuner secara nasional pada 13 Januari 2022.

Di Jawa Tengah, Nasmoco Group memperkenalkan mobil kategori Sport Utility Vehicle (SUV). Tidak hanya untuk wilayah Jawa Tengah saja, masyarakat Yogyakarta juga mendapatkan perkenalan tunggangan yang tangguh, bertenaga dan dapat diandalkan ini.

Fortuner dihadirkan sebagai High SUV untuk mendukung mobilitas kalangan menengah ke atas yang aktif dan dinamis.

Hal tersebut diungkapkan Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam Siaran Pers Nasmoco Group.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Senin, 24 Januari 2022, Aldebaran Miliki Bukti-Bukti Untuk Memenjarakan om Irvan

Menurut Henry Tanoto, pembangunan infrastruktur jalan yang semakin masif dan merata seperti jalan tol Trans Jawa, Trans Sumatera dan Trans Bali yang saat ini sedang dibangun mendorong kebutuhan mobilitas antar provinsi semakin tinggi.

Tidak hanya mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diminati, namun juga mobil SUV mulai tumbuh dan memiliki pasar tersendiri. Secara nasional, sejak 10 tahun terakhir mobil SUV mulai diminati.

“Pada 2011 kontribusi SUV untuk Toyota sekitar 12% dan di tahun 2021 meningkat menjadi 35%. Secara keseluruhan, SUV Toyota memberi kontribusi 40% pasar SUV di Indonesia (Land Cruiser dan Fortuner),” jelas Henry Tanoto.

Di Jawa Tengah, perkenalan Toyota New Fortuner dipusatkan di Skadron 31/Serbu Amur Yudha Cakti, Semarang, Sabtu 22 Januari 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni PT Toyota-Astra Motor dan komunitas Toyota Fortuner di Jawa Tengah dan DIY, yang terdiri dari SFC (Semarang Fortuner Community), FLOS (Fortuner Lovers Solo), JOFOC (Jogja Fortuner Community), TUFOC (Tugu Muda Fortuner Community), ID42NER Jateng & DIY, ID42NER BERGAS (Brebes, Tegal, Slawi) dan FORSHA (Fortuner Satu Hati).

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi MNC TV Senin, 24 Januari 2022 : Saksikan Kartun Upin Ipin Hingga Kontes KDI Lanjutan

Spesifikasi New Fortuner ini diperkuat dengan DNA Fortuner yang tangguh dan dapat diandalkan, yakni dengan menghadirkan mesin diesel yang bertenaga dan responsif berkode 2 GD 2.933 cc VNT Intercooler.

Mesin diesel ini melengkapi mesin bensin bertenaga 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang sudah ada sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.

Meski telah dibekali dengan pilihan dua mesin yang bertenaga, masih ada pelanggan yang mengharapkan bahwa Fortuner dapat menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar untuk meningkatkan unsur fun to drive.

Selain itu juga menyertakan kelengkapan eksterior dan interior yang kini sudah sporty berkat sentuhan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing.

Toyota New Fortuner dengan pilihan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Sementara, untuk mesin 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya.

Baca Juga: Gelar Operasi Knalpot Brong, Satlantas Polrestabes Semarang Amankan 50 Motor

Dengan output tenaga yang lebih besar 36% serta torsi lebih tinggi sekitar 25%, mesin 1GD mencatatkan waktu akselerasi 0 – 100 km/h yang lebih cepat yaitu 11,9 detik, sementara mesin 2GD 14 detik.

Begitu juga pada saat berakselerasi pada kecepatan 60 – 80 km/h, mesin 1GD mencatatkan waktu lebih capat yaitu hanya 2,8 detik, sementara mesin 2GD 3,7 detik.

“Sejak awal, Fortuner kami kembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh dan dapat diandalkan. Seiring waktu, Toyota terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga,” jelas Marketing Direktur Nasmoco Group, Hartono Dinata.

“Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan lebih lengkap dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek performa dari Fortuner,” lanjutnya,

Selain varian 4x2, Toyota juga melengkapi New Fortuner 2.800cc tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4x4) yang memakai mesin diesel 1GD dan dilengkapi dengan fitur Easy 4x4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC).

Dengan hadirnya tipe flagship dan mesin baru ini, New Fortuner 2.800cc memiliki tiga (3) tipe dengan varian dan harga yang berbeda.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Senin, 24 Januari 2022: Update Dini Hari, Dapatkan Item Ekslusif dari Mihoyo

Berikut harga New Fortuner 2.800cc sesuai dengan OTR khusus Jawa Tengah dan Yogyakarta :

- New Fortuner 2.8 VRZ 4x2                    Rp598.600.000,-

- New Fortuner 2.8 VRZ GR Sport 4x2        Rp616.000.000,-

- New Fortuner 2.8 VRZ GR Sport 4x4        Rp693.200.000,-


Tidak hanya itu, New Fortuner juga ditawarkan bersama paket Toyota Customization Option (TCO) yang mencakup beberapa jenis aksesoris yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dengan jaminan kualitas produk standard Toyota.

9 Pilihan Aksesoris Toyota New Fortuner

1. Engine Hood List Chrome

2. Outer Mirror Ornament

3. Side Body Moulding

4. Rear License Ornament

5. Rear Bumper Ornament, Cargo Net

6. Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat

7. Air Purifier.

Seluruh aksesoris tersebut dapat dipesan saat membeli New Fortuner secara satuan atau paket, di outlet Toyota terdekat dan akan langsung dipasang dengan garansi 3 tahun atau 100ribu kilometer, jika diorder bersamaan dengan pemesanan kendaraan baru.

New Fortuner juga dilengkapi dengan layanan purna jual yang memberikan kemudahan dalam perawatan kendaraan.

Itulah spesifikasi Toyota New Fortuner yang bisa jadi rekomendasi mobil terbaru Anda tahun ini.***

Editor: Andik Sismanto

Sumber: Nasmoco


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x