Masih Ada Lima Pertandingan Lagi, Bayer Leverkusen Asuhan Xabi Alonso Amankan Gelar Juara Bundesliga 2023/2024

- 15 April 2024, 13:21 WIB
Leverkusen raih gelar juara Bundesliga Jerman untuk kali pertama.
Leverkusen raih gelar juara Bundesliga Jerman untuk kali pertama. /dok. bayer04.de/


Media Purwodadi – Bayer Leverkusen memastikan diri menjuarai Bundesliga musim 2023/2024 usai di laga terakhir sukses memenangi laga kontra Werder Bremen.

Pada Bundesliga pekan 29, Bayer Leverkusen asuhan Xabi Alonso ini menghajar tim tamu Werder Bremen dengan lima gol tanpa balas. Minggu, 14 April 2024 malam.

Bayer Leverkusen unggul 1-0 di babak pertama melalui eksekusi penalti yang dilakukan Victor Boniface saat laga memasuki menit ke 25.

Baca Juga: Kapolres Grobogan Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolsek Toroh, Begini Pesannya

Di babak kedua, Granit Xhaka berhasil menggandakan keunggulan Bayer Leverkusen menjadi 2-0 pada menit 60.

Sementara tiga gol Leverkusen lainnya tercipta melalui hat-trick pemain pengganti Florian Wirtz pada menit 68’, 83’, dan 90’.

Ini merupakan kali pertama Bayer Leverkusen berhasil menjuarai Bundesliga Jerman musim 2023/2024 setelah sebelumnya hanya mampu menjadi runner up.

Leverkusen pernah menjadi runner up Bundesliga Jerman sebanyak lima kali pada musim 1996/1997, 1998/1999, 1999/2000, 2001/2002 dan 2010/2011.

Bundesliga Jerman musim ini sebenarnya masih menyisakan lima pertandingan. Namun, hingga pekan 29 ini Bayer Leverkusen sudah mengoleksi 79 poin.

Leverkusen unggul 16 poin dari peringat kedua dan ketiga, Bayern Munchen dan Stuttgart yang memiliki jumlah poin sama yaitu 63 poin.

Sehingga, dari total 15 poin yang dapat dikumpulkan hingga akhir musim, jumlah poin Bayern Munchen maupu Stuttgart tidak mungkin mengejar jumlah poin Leverkusen.

Pemain Bayer Leverkusen, Granit Xhaka.
Pemain Bayer Leverkusen, Granit Xhaka.


Mundur Satu Hari

Meski kemenangan Bayern Munich atas Cologne untuk sementara menunda perayaan gelar Bayer Leverkusen selama satu hari.

Namun, adegan kegembiraan meletus di BayArena ketika peluit akhir dibunyikan menandai momen kemenangan Leverkusen di bawah kepemimpinan Xabi Alonso.

Jalan menuju kemenangan dimulai dengan penalti akurat Victor Boniface pada menit ke 25, disusul gol luar biasa Granit Xhaka dan Florian Wirtz secara berurutan.

Baca Juga: Bermaksud Cari Jantung Pisang, Warga Gubug Ini Kaget Temukan Sesosok Jasad Perempuan

Semangat para pendukung mencapai puncaknya ketika penampilan luar biasa Wirtz mencetak gol keempat pada menit ke 83 dan gol kelima pada menit ke 90.

Setelah gol kelima itu yang kemudian memicu para pendukung Bayer Leverkusen masuk ke lapangan baik saat itu maupun setelah hat-tricknya selesai.

Pencapaian bersejarah Bayer Leverkusen ini menandai berakhirnya era dominasi Bayern Munchen, setelah sebelumnya merebut 11 gelar Bundesliga.

Tak terkalahkan di semua kompetisi musim ini, Leverkusen kini mengincar treble yang luar biasa di bawah musim perdana Xabi Alonso sebagai pelatih.

Saat ini, Bayer Leverkusen juga sudah meraih gelar Piala Jerman dan masih berjuang di ajang Liga Europa musim 2023/2024.***

Editor: Agung Tri

Sumber: bayer04.en


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x