MotoGP Australia 2023: Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco Menang, Sesi Tissot Sprint Race Dibatalkan

- 22 Oktober 2023, 11:20 WIB
Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco tampil tercepat pada MotoGP Australia yang berlangsung di sirkuit Phillip Island.
Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco tampil tercepat pada MotoGP Australia yang berlangsung di sirkuit Phillip Island. /dok. motosan.es/


Media Purwodadi – Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco tampil sebagai pemenang dalam MotoGP Australia 2023 yang digelar pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

 

 



MotoGP Australia 2023 yang digelar di sirkuit Phillip Island itu, Johann Zarco sukses mencatatkan waktu tercepatnya 40 menit 39,446 detik.

Bagi Johann Zarco, kemenangan di MotoGP Australia 2023 bertajuk MotoGP Guru by Gryfyn Australian Motorcycle Grand Prix 2023 ini terasa sangat mengesankan.

Baca Juga: Bingung Siapkan Menu Makanan untuk Sepekan, Berikut Resep Masakan 23-29 Oktober 2023

Bagaimana tidak, setelah menunggu selama tujuh musim lamanya, pembalap berkebangsaan Prancis itu berhasil merengkuh kemenangan perdananya di MotoGP.

Sementara, pembalap Lenovo Ducati, Francesco Bagnaia finis di urutan kedua dengan catatan waktu 40 menit 39,647 detik atau 0,201 dibelakang Johann Zarco.

Melengkapi finis di posisi ketiga, pembalap Gresini, Fabio Di Giannantonio dengan catatan waktu 40 menit 39,923 detik atau 0,477 detik dibelakang sang pemenang.

Ducati kuasai MotoGP Australia 2023 dengan menempatkan 3 pembalapnya naik podium.
Ducati kuasai MotoGP Australia 2023 dengan menempatkan 3 pembalapnya naik podium.

Jalannya Balapan

Berlangsung di Sirkuit Philip Island, Pembalap Pramac Ducati Jorge Martin tampil luar biasa sejak awal. Tren positif bahkan sudah ia tunjukkan saat tampil di sesi kualifikasi.

The Martinator julukan Jorge Martin yang saat balapan menggunakan ban kombinasi hard-soft langsung melesat terdepan selepas lampu start padam.

Situasi sebaliknya dialami Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia yang melorot ke urutan keempat, di belakang pembalap Red Bull KTM, Jack Miller.

Hanya butuh empat lap bagi Jorge Martin untuk menciptakan keunggulan. Saat perlombaan memasuki lap 5, pembalap Spanyol itu sudah unggul dua detik lebih.

Sementara, Johann Zarco masih berupaya menembus lima besar. Ia juga terlibat duel dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Sebaliknya, pemuncak klasemen sementara MotoGP 2023, Francesco Bagnaia dikejutkan aksi pembalap Gresini, Fabio Di Giannantonio yang mampu melewatinya.

Di saat Jorge Martin terus menjauh, pembalap Red Bull KTM, Brad Binder yang menempati posisi kedua, berupaya menjauh dari kejaran Fabio Di Giannantonio.

Duel seru terjadi antara Bagnaia vs Zarco. Namun, meski mampu membayangi ketat Pecco, pembalap Prancis itu belum dapat menembus pertahanan ketat rivalnya tersebut.

Ketika balapan masuk lap ke 14, Jorge Martin telah unggul tiga detik lebih. Jarak yang sangat jauh membuatnya nyaman memimpin GP Australia.

Namun, keunggulan ‘Martinator’ rupanya tak dapat dipertahakannya dengan lama. Ban motornya kehilangan daya cengkeram.

Baca Juga: Buka Piala Presiden Esports 2023, Menpora Dito Ariotedjo Sebut Esports Bukan Hanya Sekedar Hobi Saja

Di tengah masa depannya yang belum menemukan kepastian di MotoGP, semangat juang tinggi dan performa brilan disuguhkan Fabio Di Giannantonio.

Pembalap berkebangsaan Italia yang akrab disapa Diggia tersebut berhasil memangkas selisih waktunya dari Brad Binder.

Bahkan, Fabio Di Giannantonio berhasil mengambil alih posisi kedua di tikungan 1. Tensi balapan kian meningkat, karena Zarco memberikan tekanan kepada Bagnaia.

Enam lap tersisa, Zarco melewati Bagnaia dan naik ke posisi keempat, sementara Di Giannantonio dan Binder mulai mendekati Martin.

Keunggulannya yang sempat menyentuh tiga detik lebih itu dipangkas menjadi 2,6 detik. Martin juga terlihat kesulitan menjaga kinerja ban pada tiga lap terakhir.

Gap menjadi 1,5 detik dari Zarco yang secara tak terduga menyalip Binder dan Di Giannantonio sekaligus, dengan Bagnaia berada pada urutan keempat.

Balapan mencapai puncaknya pada lap terakhir. Duel tak terhindarkan di antara kelima pembalap. Zarco akhirnya berhasil jadi pemenang perdana balapan MotoGP.

Manuvernya sukses menaklukkan empat rivalnya itu. Keberhasilan turut dipetik Bagnaia yang mengklaim podium kedua.

Serta Fabio Di Giannantonio yang meredam Brad Binder dan Jorge Martin untuk finis ketiga. Podium perdananya di kelas utama MotoGP.

 

 



Ancaman Cuaca Buruk, Tissot Sprint Race MotoGP Australia 2023 Resmi Dibatalkan

Sebelumnya, Dorna, selaku penyelenggara balapan MotoGP telah melakukan perubahan jadwal pada MotoGP Australia 2023 di Sirkuit Phillip Island.

Perubahan jadwal ini dilakukan untuk mencoba dan memastikan aksi trek berjalan maksimal dalam kondisi seaman mungkin pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Namun kondisi cuaca, yang diperkirakan akan memburuk sepanjang hari, mengharuskan pembatalan aktivitas di lintasan lebih lanjut setelah berakhirnya balapan Moto2.

Sehingga, Tissot Sprint Race yang sedianya akan digelar pada hari ini mulai pukul 11.00-12.05 WIB dibatalkan karena kondisi cuaca buruk.

“Terima kasih kepada seluruh penggemar yang hadir di Grand Prix Australia. Kami berharap dapat bertemu Anda lagi musim depan, ketika kami kembali ke Phillip Island Grand Prix Circuit yang mengagumkan” dikutip dari motogp.com.

Berikut hasil balapan MotoGP Australia 2023 yang berlangsung di sirkuit Phillip Island:

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x