Hasil Balapan Seri 14 MotoGP 2023 di Sirkuit Motegi, Jepang. Red Flag Berkibar 2 Kali, Jorge Martin Juara

- 1 Oktober 2023, 23:41 WIB
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin juara seri 14 MotoGP 2023 di Sirkuit Motegi, Jepang.
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin juara seri 14 MotoGP 2023 di Sirkuit Motegi, Jepang. /Speedweek/


Media Purwodadi – Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin juarai MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung di Sirkuit Motegi, Jepang. Minggu, 1 Oktober 2023.

 

 



Dalam balapan yang terpaksa dihentikan memasuki lap ke 13 karena hujan itu, Jorge Martin tampil terdepan dengan catatan waktu 24 menit 6,314 detik.

Sementara, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia menempati posisi kedua dengan mencatatkan waktu 24 menit 7,727 detik atau 1,413 detik di belakang Jorge Martin.

Baca Juga: Lirik Lagu Karna Su Sayang Yang Sering Digunakan dan Populer di TikTok

Di posisi ketiga, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dengan catatan waktu 24 menit 8,327 detik atau 2,013 detik di belakang Martin dan 0,600 detik di belakang Bagnaia.

Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Motegi, mengakibatkan jarak pandang pembalap menjadi terbatas dan balapan harus dihentikan untuk sementara.

Seperti terlihat saat Francesco Bagnaia dan Jorge Martin yang memberikan kode jarak pandang yang tak terlihat saat masih berada di lintasan.

Merujuk kepada regulasi, balapan akan tetap dilanjutkan atau dihentikan dengan melihat perkembangan kondisi cuaca.

Karena cuaca tidak kunjung membaik maka balapan dianggap selesai, maka poin penuh diberikan kepada pembalap jika sudah mencapai 2/3 dari jumlah lap yang ditentukan.

Dengan begitu, pemenang berdasarkan posisi terakhir sebelum red flag berkibar. Kala itu Jorge Martin sedang memimpin diikuti oleh Francesco Bagnaia dan Marc Marquez.

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin.
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin.


Jalannya Balapan

Gerimis saat pembalap melalukan start MotoGP Jepang 2023. Jorge Martin yang memulai balapan di pole position langsung melesati memimpin jalannya balapan.

Pembalap Red Bull KTM, Jack Miller yang menempati posisi ketiga lantas membuntuti Jorge Martin. Sementara Francesco Bagnaia berada di belakangnya.

Karena hujan tambah deras, hampir semua pembalap kembali masuk ke pit untuk mengganti motor mereka dengan settingan motor ban basah.

Namun, ada beberapa rider yang tidak masuk ke pit. Sebut saja seperti Michele Pirro, Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Cal Crutchlow dan Stefan Bradl.

Michele Pirro pun sempat memimpin beberapa lap, namun ketika ia masuk ke pit di lap kelima, Aleix Espargaro lantas mengambil posisi terdepan.

Marc Marquez sempat menyalip Aleix Espargaro, namun karena terlalu melebar pada saat menikung dan Espargaro mengambil alih posisi lagi.

Baca Juga: Gegara Lupa Matikan Kompor, Rumah & Kandang Kerbau Milik Warga Kluwan Penawangan Ludes Terbakar

Memasuki lap keenam Martin melakukan gerilya dengan menyalip pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi, Marc Marquez, dan Francesco Bagnaia.

Pembalap kelahiran Spanyol 25 tahun lalu itu kemudian berhasil mengambil alih posisi pemimpin balapan dari Aleix Espargaro.

Sayangnya ketika Martin memimpin dengan nyaman, hujan deras mengguyur Sirkuit Motegi, sehingga red flag dikabarkan dan membuat balapan dihentikan sementara waktu.

Setelah itu, balapan kembali akan dimulai. Namun, hujan masih deras, bahkan ketika pemanasan. Alhasil, red flag pun dikibarkan kembali sebelum race dimulai ulang.

Balapan MotoGP Jepang 2023 selesai dengan menggunakan hasil sebelum red flag pertama berkibar. Itu berarti Jorge Martin memenangkan balapan MotoGP Jepang 2023.

 

 



Berikut hasil balapan Seri 14 MotoGP 2023 di Sirkuit Motegi, Jepang:

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x