Hasil Kualifikasi Seri 14 MotoGP Jepang 2023: Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin Kembali Raih Pole Position

- 30 September 2023, 22:52 WIB
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin.
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin. /dok. motosan.es/


Media Purwodadi – Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin akan start terdepan dalam balapan seri 14 MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung di Sirkuit Motegi, Jepang.

 

 



Dalam sesi kualifikasi, Jorge Martin berhasil mencatatkan waktu tercepat sekaligus memecahkan rekor lap di Sirkuit Motegi yaitu, 1 menit 43,198 detik.

Sementara, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia akan start dari posisi kedua usai mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 43,369 detik atau 0,171 detik lebih lambat.

Baca Juga: Anggota DPRD Jawa Tengah Padmasari Mestikajati Ajak Masyarakat Grobogan Awasi Kinerja Pemerintah

Pembalap Red Bull KTM, Jack Miller melengkapi grid ketiga usai pada sesi kualifikasi mencatatkan waktu 1 menit 43,551 detik atau 0,353 detik di belakang Jorge Martin.

Sedangkan, murid Valentino Rossi yang membela tim Mooney VR46, Marco Bezzecchi akan memulai balapan dari posisi 4 dengan catatan waktu 1 menit 43,624 detik.

Melengkapi posisi kelima hingga tujuh, pembalap Red Bull KTM, Brad Binder, pembalap Gresini, Fabio di Giannantonio dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Balapan seri 14 MotoGP Jepang 2023, untuk Moto3 dimulai pada pukul 10.00 WIB, Moto2 pukul 11.15 WIB dan balapan kelas utama atau MotoGP pada pukul 13.00 WIB.

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin catatkan waktu tercepat 1 menit 43,198 detik di sesi  kualifikasi sekaligus merebut pole position.
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin catatkan waktu tercepat 1 menit 43,198 detik di sesi kualifikasi sekaligus merebut pole position.

Jalannya Sesi Kualifikasi

Lima menit berjalan, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menggertak di kualifikasi 1 dengan torehan 1 menit 44,364 detik di putaran pertama.

Sempat digeser pembalap lain, pembalap berjuluk Baby Alien itu berhasil mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 43,997 detik.

Sementara itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil menempel ketat dari posisi kedua dengan gap 0,141 detik.

Setelah jeda sejenak, persaingan kembali terjadi Marc Marquez dan Fabio Quartararo keluar berbarengan dari pit dan melaju di lintasan.

Mendekati akhir sesi, posisi Fabio Quartararo digeser oleh Raul Fernandez, sedangkan Marc Marquez masih menjadi yang tercepat.

Malang bagi El Diablo karena dia gagal memanfaatkan kesempatan terakhirnya untuk memperbaiki waktunya. Marc Marquez dan Raul Fernandez berhak untuk melaju ke Q2.

Baca Juga: Truck Engkel Tabrak Sepeda Motor di Raya Sulursari-Cepu, 1 Meninggal Dunia & 2 Luka-Luka

Di Q2, bendera kuning langsung berkibar pada awal sesi. Pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi mengalami selip ban depan dalam kecepatan yang tinggi.

Hal itu mengakibatkan Marco Bezzecchi terguling-guling di atas permukaan gravel dan baru berhenti di dekat dinding pembatas.

Pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi mengalami crash.
Pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi mengalami crash.


Beruntung, pembalap asal Italia itu tidak mengalami masalah dan mampu bangkit untuk segera kembali ke pitnya dan melanjutkan sesi kualifikasi.

Persaingan untuk posisi start terdepan kemudian dibuka oleh pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin yang mencetak waktu 1 menit 43,638 detik.

Jorge Martin kembali mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 43,198 detik untuk mengungguli rekor lap tercepat MotoGP di Motegi yang baru terpecahkan kemarin.

 

 

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x