Hasil Balapan Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Jorge Martin Sukses Asapi Francesco Bagnaia

- 19 Juni 2023, 13:17 WIB
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco finis pertama dan ketiga pada Seri 7  MotoGP 2023 di di Sirkuit Sachsenring, Jerman.
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco finis pertama dan ketiga pada Seri 7 MotoGP 2023 di di Sirkuit Sachsenring, Jerman. /dok. motogp.com/


Media Purwodadi – Balapan Seri 7 MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman usai digelar. Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin tampil sebagai juara.

Dalam balapan MotoGP bertajuk bertajuk Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland itu, Jorge Martin tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 40 menit 52,449 detik.

Mengawali balapan dari posisi ke 6, pembalap asal Spanyol itu berhasil mengalahkan pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia yang di sesi kualifikasi meraih pole position.

Baca Juga: Jual Sapi Tanpa Izin Pemiliknya, Warga Asal Grobogan Ini Dilaporkan ke Polisi

Bagnaia yang juga sang juara bertahan hanya mampu finis kedua dengan catatan waktu terbaiknya 40 menit 52,513 detik atau 0,064 detik lebih lambat dari Jorge Martin.

Sementara, Johann Zarco yang juga rekan satu tim Jorge Martin berhasil finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 40 menit 59,462 detik atau selisih 6,949 detik.

Atas hasil ini, Jorge Martin berhasil menambah 37 poin (12 poin dari sprint race dan 25 poin dari race MotoGP). Hingga Seri 7 ini Jorge Martin berhasil mengumpulkan 144 poin.

Hasil itu cukup bagi Jorge Martin untuk naik ke posisi 2 klasemen sementara MotoGP 2023 dan menggeser pembalap Mooney VR46, Marco Mezzecchi.

Sedangkan, Francesco Bagnaia menambah 29 poin (9 poin sprint race dan 20 poin race MotoGP) masih kokoh di puncak klasemen dengan raihan 160 poin.

Jorge Martin bersaing ketat dengan pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sejak awal balapan.
Jorge Martin bersaing ketat dengan pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sejak awal balapan.

Ducati Kuasai Sirkuit Sachsenring, Yamaha dan Honda Jauh Tertinggal

Usai bendera start dikibarkan, Jorge Martin yang start dari posisi 6 langsung tancap gas untuk menempati posisi terdepan menyusul Bagnaia, Luca Marini hingga Johann Zarco.

Sementara, perebutan posisi keempat berlangsung sengit antara pembalap Red Bull KTM, Brad Binder dan pembalap Mooney VR46, Luca Marini.

Kedua pembalap tersebut saling salip menyalip untuk mengamankan posisi keempat di awal balapan Seri 7 MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman ini.

Nasib tak mujur dialami pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, yang harus mengakhiri lomba lebih cepat usai motornya mengeluarkan asap.

Baca Juga: Hendak Ambil Jebakan Lobster Saat Mancing di Waduk Kedungombo, Bocah Asal Grobogan Ini Tewas Tenggelam

Usai itu, Johann Zarco mampu melesat naik ke posisi keempat menggeser Luca Marini dan Brad Binder sukses menduduki peringkat ketiga dan menggusur Marco Bezzecchi.

Sayangnya, Brad Binder terjatuh di lap ke 19. Sedangkan Marco Bezzecchi masih turut meramaikan persaingan dengan menyalip Luca Marini untuk memburu Johann Zarco.

Di posisi depan, Jorge Martin dan Bagnaia berkali-kali berganti posisi seiring berjalannya lomba. Joorge Martin akhirnya memenangkan duel seperti di sprint race.

Hingga balapan berakhir, Jorge Martin mampu mempertahankan posisi pertama dari kejaran Francesco Bagnaia.

Pembalap yang menggunakan nomor start 89 itu pun berhak menempati podium pertama Seri 7 MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Terlepas siapa yang menang, pabrikan motor Ducati tentunya senang dengan hasil ini. Pasalnya, mereka menguasai lima posisi teratas. Yaitu:

Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23) 40m 52.449s
Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23) +0.064s
Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23) +7.013s
Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) +8.430s
Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) +11.679s

Sedangkan, Yamaha dan Honda hanya mampu finis di posisi 12, 13 dan 14. Bahkan, kedua pabrikan itu juga kalah dengan KTM yang mampu finis di posisi 6.

• Franco Morbideli ITA Monster Energy Yamaha (YZR-M1) +15.398s
• Fabio Quartararo FRA Monster Energy Yamaha (YZR-M1) +17.566s
• Takaaki Nakagamu JPN LRC Honda Idemitsu (RC213V) +17.776s

Baca Juga: Usai Praktikum Bahaya Miras, Sosok Polisi Baik di Grobogan Ini Bagikan Tabel Perkalian untuk Anak SD

Berikut hasil balapan Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman:

hasil bapalan Seri 7 MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman.
hasil bapalan Seri 7 MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Berikut daftar klasemen sementara MotoGP 2023:

daftar klasemen MotoGP 2023.
daftar klasemen MotoGP 2023.

Demikian tadi hasil balapan Seri 7 di Sirkuit Sachsenring, Jerman dan daftar klasemen sementara MotoGP 2023.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x