Kualifikasi Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman: Francesco Bagnaia Kembali Raih Pole Position

- 17 Juni 2023, 22:18 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia kembali raih pole position di Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman.
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia kembali raih pole position di Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman. /dok. motogp.com/


Media Purwodadi – Sesi kualifikasi Seri 7 MotoGP 2023 bertajuk Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman usai digelar.

Dari hasil sesi kualifikasi, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia kembali meraih pole position usai berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 21,409 detik.

Sementara, pembalap Mooney VR46, Luca Marini yang juga adik kandung legenda MotoGP Valentino Rossi akan start dari posisi kedua usai mencatatkan waktu 1 menit 21,487 detik.

Baca Juga: Truk Mitsubishi Tabrak Yamaha Vega di Grobogan, Satu Orang Alami Luka

Dan pembalap Red Bull KTM, Jack Miller akan memulai balapan Seri 7 MotoGP 2023 ini dari posisi ketiga usai mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 21,492 detik.

Posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco, dan pembalap Mooney VR46 lainnya, Marco Bezzecchi.

Pembalap Mooney VR46, Luca Marini yang juga adik kandung legenda MotoGP Valentino Rossi akan start dari posisi kedua.
Pembalap Mooney VR46, Luca Marini yang juga adik kandung legenda MotoGP Valentino Rossi akan start dari posisi kedua.

Jalannya Kualifikasi: Marc Marquez 2 Kali Terjatuh di Tikungan 13

Lima menit berjalannya sesi Q1, kecepatan pembalap masih di bawah rata-rata normal karena di beberapa bagian lintasan masih basah usai turun hujan.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengawali jalannya sesi kualifikasi 1 (Q1) dengan mencatatkan waktu yang tercepat di 1 menit 27,636 detik.

Sementara, pembalap Red Bull KTM, Brad Binder mengekor di belakang juara dunia MotoGP enam kali tersebut, tetapi langsung disalip Miguel Oliveira.

Pembalap CryptoData Aprillia RNF, asal Portugal itu bersaing dengan Marc Marquez dengan menempel ketat di posisi dua teratas hinga run pertama berakhir.

Saat Q1 menyisakan empat menit, Marc Marquez mengalami kecelakaan di tikungan 13. Pembalap berjuluk Baby Alien tersebut terjatuh di gravel.

Marquez yang tak mengecek motornya segera berlari menyeberangi trek menuju paddock untuk berganti ke motor kedua. Beruntung, tak ada rider yang sedang melintas.

Brad Binder akhirnya sukses merebut posisi terdepan di Q1. Pembalap asal Afrika Selatan itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 24,655 detik.

Marc Marquez yang sempat tergelincir akhirnya sukses melesat dan mengunci posisi kedua untuk menemani Brad Binder melaju ke babak kualifikasi 2 (Q2).

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dua kali terjatuh di tikungan ke 13.
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dua kali terjatuh di tikungan ke 13.

Kualifikasi 2 dimulai dengan 12 pembalap memperebutkan posisi pertama pada balapan MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Sang juara bertahan, Francesco Bagnaia langsung menjadi tercepat sementara di putaran pertamanya dengan torehan 1 menit 24,285 detik.

Petaka kembali dialami Marc Marquez, lagi-lagi terjatuh di tikungan 13 usai motornya mengalami high side. Ia harus dibantu Marshall untuk berjalan ke pinggir lintasan.

Sial juga dialami pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi. Ia juga menjadi korban keganasan lintasan Sachsenring. Jerman.

Anak didik Valentino Rossi itu terjatuh di tikungan 13, tempat yang sama seperti Marc Marquez terjatuh dua kali hari ini.

Francesco Bagnaia akhirnya sukses menjadi yang tercepat disusul Luca Marini dan Jack Miller secara berurutan berhasil raih waktu tercepat kedua dan ketiga.

Selain itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo pada Seri 7 MotoGP 2023 di Jerman ini hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 22,421 detik.

Atas hasil itu, juara MotoGP 2021 itu akan mengawali balapan besok dari urutan ke 12. Di bawah Enea Bastianini dan Aleix Espargaro di posisi ke 11 dan 10.

Dan Marc Marquez dan adik kandungnya, Alex Marquez kembali start berurutan sama seperti di Seri 6. Bedanya kali ini akan mengawali dari posisi 7 dan 8.

Berikut hasil kualifikasi Seri 7 MotoGP 2023 bertajuk Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland di Sirkuit Sachsenring, Jerman:

Hasil kualifikasi Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman.
Hasil kualifikasi Seri 7 MotoGP 2023 di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Demikian tadi hasil kualifikasi Seri 7 MotoGP 2023 bertajuk Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland di Sirkuit Sachsenring, Jerman.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x