Hasil MotoGP 2023 Seri 6: Francesco Bagnaia Menggila di Sirkuit Autodromo Internazionale del Mugello, Italia

- 12 Juni 2023, 00:49 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia saat merayakan kemenangan pada Seri 6 MotoGP 2023 di Sirkuit Mugello, Italia.
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia saat merayakan kemenangan pada Seri 6 MotoGP 2023 di Sirkuit Mugello, Italia. /dok. motogp.com/


Media Purwodadi – Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia tampil sebagai yang tercepat di balapan MotoGP 2023 Seri 6. Minggu, 11 Juni 2023 malam.

 

 



Balapan yang digelar di Sirkuit Autodromo Internazionale del Mugello, Italia itu, Francesco Bagnaia menyelesaikan sebanyak 23 lap dengan catatan waktu 41 menit 16,863 detik.

Ini adalah kemenangan ketiga Francesco Bagnaia pada MotoGP 2023, menyusul sukses di Portugal dan Spanyol. Posisinya pun semakin mantap di puncak klasemen.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Keluarkan Surat Edaran, Angkutan TransJakarta Bolehkan Penumpang Tidak Pakai Masker

Sementara, pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin berhasil finis di posisi kedua dengan mencatatkan waktu terbaikknya 41 menit 17,930 atau 1,067 detik lebih lambat dari Pecco.

Dan finis di urutan ketiga, di tempati pembalap Pramac Ducati lainnya. Yakni, Johann Zarco yang mencatatkan waktu 41 menit 18,840 detik atau selisih 1,977 detik dari pemenang.

Nasib sial kembali menimpa pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang gagal menyelesaikan balapan lantaran terjatuh saat balapan baru berjalan empat lap.

Selain itu, pembalap Cryptodata Aprilia, Miguel Oliveira dan adik kandung Marc Marquez, Alex Marquez keduanya juga gagal menyelesaikan balapan lantaran terjatuh.

Jalannya balapan

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia yang memulai balapan dari posisi terdepan tampil gemilang sejak awal perlombaan.

Francesco Bagnaia berhasil mempertahankan posisi terdepan seusai start. Dia diburu pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin dan Luca Marini dari Mooney VR46.

Sementara itu pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang mengawali dari posisi kedua harus turun ke urutan kelima usai start yang kurang sempurna.

Bahkan, nasib sial kembali menimpa Marc Marquez di lap empat. Sedang berada di peringkat empat, dia terjatuh sehingga melengkapi nestapa Honda pada balapan.

Pabrikan asal Jepang itu hanya mengandalkan Marquez dan Takaaki Nakagami menyusul terkaparnya Joan Mir serta Alex Rins. Marquez kini gagal finis di empat seri terakhir.

Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez terjatuh dan gagal melanjutkan balapan pada lap ke empat.
Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez terjatuh dan gagal melanjutkan balapan pada lap ke empat.

Persaingan posisi ketiga kemudian melibatkan Luca Marini, yang merupakan adik legenda balap Italia Valentino Rossi, dan Alex Marquez, adik Marc Marquez.

Baca Juga: Sudah Bertanggung Jawab dan Nikah Siri, Keluarga Pelaku Sesalkan Orang Tua Korban Laporkan ke Polisi

 

 



Aksi saling salip lalu terjadi pada lap 11. Saat itu, Alex Marquez sempat menyusul Luca Marini untuk merebut posisi ketiga. Namun langsung dibalas.

Hingga akhirnya Marquez dengan meyakinkan merebut posisi Marini berkat adu kecepatan di lintasan lurus panjang sebelum tikungan San Donato.

Luca Marini tetap tenang dan berusaha menyusul Alex Marquez. Ia kembali menyodok masuk ke urutan ketiga untuk mempertahankan posisi.

Meski begitu, Alex Marquez berhasil dapat merebut posisi ketiga seusai melewati Luca Marini di Tikungan satu pada putaran ke 13.

Sayangnya, kesialan Marc Marquez itu turut dirasakan sang adik. Saat Alex Marquez tengah berusaha mengejar podium, Ia terjatuh di tikungan dua.

Posisi tiga besar tak berubah sampai balapan Seri 6 di Sirkuit Mugello ini berakhir yang menempatkan Francesco Bagnaia di urutan terdepan.

Sedangkan Jorge Martin dan Johan Zarco secara berurutan berhasil menyelesaikan balapan di posisi kedua dan ketiga pada MotoGP Italia 2023.

Berikut hasil balapan MotoGP 2023 Seri 6 yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Internazionale del Mugello, Italia:

Halaman:

Editor: Setiadi

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x