Hasil MU vs Barcelona: Provokasi Erik ten Hag Pada Fans Setan Merah Bantu Manchester United Kalahkan Blaugrana

- 24 Februari 2023, 21:12 WIB
Manchester United melaju ke babak 16 besar Liga Europa usai kandaskan Barcelona lewat gol Antony
Manchester United melaju ke babak 16 besar Liga Europa usai kandaskan Barcelona lewat gol Antony /Martin Rickett/PA


Media Purwodadi – Manchester United amankan satu tiket ke babak 16 besar Liga Eropa usai menyingkirkan raksasa Sapnyol Barcelona pada leg kedua babak play off.

Tidak ada lagi aturan gol tandang, menjadikan Manchester United wajib menang atas Barcelona jika ingin melanjutkan ke babak selanjutnya di ajang Liga Eropa musim ini.

Bermain imbang 2-2 pada leg pertama di Spotify Camp Nou, Spanyol pada tengah pekan lalu, Manchester United bertekad memberikan kejutan untuk Barcelona.

Baca Juga: Nahas, 2 Petani di Nampu Karangrayung Meninggal Gegara Tercebur Sumur Dekat Sawah

Menjamu Barcelona pada leg kedua babak play off Erik ten Hag menurunkan Marcus Rashford, Jadon Sancho hingga Wout Weghorst sejak menit pertama.

Sementara, Xavi Hernandez mengandalkan bomber haus gol Robert Lewandowski yang didukung Sergio Roberto di sisi kiri dan Raphinha di sisi kanan.

Tampil di depan ribuan pendukungnya sendiri, Manchester United hampir membobol gawang Blaugrana saat pertandingan baru berjalan 2 menit.

Sayangnya, tendangan Bruno Fernandez masih mampu dihentikan dengan kaki kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Satu menit berselang, giliran Barcelona yang mengancam gawang Manchester United melalui aksi Raphinha. Sayang tembakannya masih melenceng dari target.

Petaka menghampiri tuan rumah saat wasit Clement Turpin menunjuk titik putih setelah Bruno Fernandez dianggap melanggar Alejandro Balde di dalam kotak terlarang.

Robert Lewandowski yang bertugas sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan menaklukkan kiper MU David de Gea. Skor berubah 0-1 untuk Barcelona.

Tertinggal agregat 2-3, Manchester United mencoba merespon dengan mengejar ketertinggalan. Sayangnya, serangan Bruno Fernandes cs masih belum mampu merubah skor.

Menit 39 Barcelona kembali mendapat peluang melalui Raphinha. Mantan pemain Leeds United itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Paul McCartney Bakal Tampilkan Kepiawaian Main Bass di Album Baru Milik Rolling Stones

Sayang, tendangan pemain bernama lengkap Raphael Dias Belloli tersebut masih melambung tipis di atas mistar gawang David de Gea.

Barcelona hampir menggandakan keunggulan di menit ke 45. Kiper David de Gea salah melakukan umpan di daerah pertahanan sendiri.

Beruntung, sebelum sempat menciptakan peluang, Lisandro Martinez dan Casemiro buru-buru meredam ancaman tersebut.

Tidak ada lagi gol tambahan di sisa waktu babak pertama. Skor 1-0 untuk Barcelona mengiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti masing-masing.

Di babak kedua, untuk mengejar ketertinggalan, Erik ten Hag mengistruksikan anak asuhnya untuk tampil lebih highpress sejak menit awal babak kedua.

Hasilnya, di menit ke 47 Manchestre United berhasil membobol gawang Barcelona sekaligus merubah kedudukan menjadi imbang 1-1 melalui Fred.

Memanfaatkan umpan dari Bruno Fernandes, Fred yang tidak terkawal melepas tendangan dengan kaki kanannya ke pojok kiri gawang Barcelona.

Berhasil menyamakan kedudukan, skuad Manchester United semakin  nyaman memainkan jalannya pertandingan dengan beberapa kali mengancam pertahanan Barcelona.

Memasuki menit ke 58 sempat terjadi keributan antar pemain kedua tim. Berawal dari terjatuhnya Frenkie de Jong usai berbenturan dengan Aaron Wan Bissaka.

Bruno Fernandes kemudian menendang bola liar itu yang kemudian mengenai perut Frenkie de Jong yang masih dalam posisi terjatuh,

Frenck Kessie langsung mendorong Bruno Fernandes dan seketika para pemain langsung berkerumun dan beradu mulut. Wasit lantas memberikan kartu kuning untuk Fernandes dan Kessie.

Usai keributan, Barcelona menciptakan peluang lagi di menit ke 64. Umpan silang Balde dari kiri berhasil disambut oleh Jules Kounde yang lepas dari pengawalan Jadon Sancho.

Sayang, meski sundulannya tepat sasaran, namun David de Gea berhasil melakukan penyelamatan heroik untuk menggagalkan peluang tersebut.

Manchester United akhirnya berhasil membobol gawang Barcelona untuk kali kedua sekaligus membalikkan keadaan di menit ke 73 melalui aksi Antony.

Baca Juga: Polisi Tangkap Debt Collector Pembentak Bhabinkamtibmas Terkait Kasus Clara Shinta, Pelaku Ditangkap di Maluku

Sebelum gol ini tercipta, dua tendangan beruntun dari Alejandro Garnacho dan Fred. Namun, dua serangan tersebut masih mampu diblok pemain Barcelona.

Bola liar langsung disambar Antony dengan tendangan placing ke pojok kanan bawah gawang Barcelona. Skor berubah 2-1.

Di menit ke 90+4, Barcelona punya peluang untuk membuat skor jadi sama. Ferran Torres berhasil menaklukkan David de Gea dalam situasi satu lawan satu.

Beruntung bagi Manchester United, saat bola hendak masuk ke gawang, Raphael Varane dengan cepat menghalau bola masuk ke gawang.

Hingga 45 menit babak kedua berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Manchester United tidak berubah.

Atas hasil ini Manchester United berhak melaju ke babak 16 besar Liga Eropa dengan kemenangan agregat 4-3 atas Barcelona. Kemenangan ini juga tak lepas dari taktikal Erik ten Hag.

Pelatih asal Belanda ini memaksa seluruh pemain MU untuk turut aktif dalam bertahan yang membuat pemain Barcelona kesulitan menembus pertahanan.

Hal ini karena para pemain Barcelona tidak diberi waktu berlama-lama untuk menguasai bola sehingga umpan-umpan mereka menjadi tidak akurat.

Selain itu, sebelum laga Erik ten Hag juga memberikan pernyataan yang cukup provokatif kepada pendukung Manchester United.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Jeep Wrangler Rubicon, Mewah dan Punya Desain Ikonik yang Bikin Terhipnotis

Datanglah ke Old Trafford pada Kamis nanti, kita akan memainkan sebuah partai besar. Pastikan kalian datang karena kita akan mengalahkan Barcelona bersama.

Pernyataan itu membuat puluhan ribu fans Setan Merah datang dan memadati seluruh tempat duduk di Old Trafford.

Berikut susunan pemain Manchester United vs Barcelona:

Manchester United (4-2-3-1):
David de Gea; Aaron Wan-Bissaka (Diogo Dalot 67'), Raphael Varane, Lisandro Martinez, Luke Shaw; Casemiro, Fred; Bruno Fernandes, Wout Weghorst (Antony 46'), Jadon Sancho (Alejandro Garnacho 67'); Marcus Rashford (Scott McTominay 88').
Pelatih: Erik ten Hag

Barcelona(4-3-3):
Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo (Marcos Alonso 82'), Andreas Christensen, Alejandro Balde; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Franck Kessie; Raphinha (Ansu Fati 75'), Robert Lewandowski, Sergi Roberto (Ferran Torres 70').
Pelatih: Xavi Hernandez.***

Editor: Agung Tri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x