Di Jawa Tengah, Masyarakat Pengguna Produk Dalam Negeri Mencapai Angka 98,26 Persen

- 15 Juni 2022, 15:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. /dok Humas Pemprov Jateng.

Media Purwodadi – Kepedulian masyarakat Jawa Tengah untuk menggunakan barang produk dalam negeri atau UMKM tercatat mengalami peningkatan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyebutkan realisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri atau P3DN di wilayah yang dipimpinnya itu mencapai Rp2,7 triliun atau meningkat sekitar 98,26 persen.

Dari jumlah tersebut, sekitar 85,6 persen atau Rp2,4 triliun dari capaian itu berasal dari masyarakat yang mengonsumsi produk dari UMKM.

Baca Juga: Mennoite World Conference Bakal Digelar di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Minta Berikan Pesan Khusus Berikut Ini

Untuk pengadaan barang dan jasa melalui penyedia barang/jasa di Provinsi Jawa Tengah, nilainya kurang lebih sudah memasuki angka Rp4 triliun.

Ganjar menyebut, jumlah tersebut terdiri atas 23.967 paket barang dan jasa dan yang sudah mendapatkan validasi oleh Pejabat Pembuat Komitmen senilai Rp2,8 triliun dengan rincian 19.671 paket.

“Informasi ini menyenangkan buat kita karena komitmen kita tidak buruk. Apalagi Rp2,4 triliun atau 85,6 persennya menggunakan produk UMKM dan koperasi,” jelas Ganjar, usai menghadiri dan mendengar arahan Presiden RI Joko Widodo terkait penggunaan produk dalam negeri dalam Rakor Nasional Pengawasan Internal Pemerintah tahun 2022, Selasa 14 Juni 2022.

Dengan komitmen yang bagus, Ganjar menyatakan akan terus memantau agar pelaksanaan menjadi sukses dan terus mengalami peningkatan.

“Presiden mengingatkan tadi, dunia internasional atau eksternalnya berubah demikian drastis dan akan banyak negara mengalami situasi rumit,” jelas Ganjar.

“Kalau kita tidak siap, kita akan ikut rumit. Dengan kekuatan dalam negero, kalau bahasa Bung Karno itu berdikari dalam ekonomi, dengan aksi ini menurut saya menjadi terobosan yang dahsyat,” tambah Ganjar.

Halaman:

Editor: Andik Sismanto

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x