BLT Dana Desa Rp300 Ribu, Segera Login ke sid.kemendesa.go.id, Cek Nama Anda Sebagai Penerima Bantuan

- 21 Desember 2021, 17:15 WIB
BLT Dana Desa Rp300 Ribu, Segera Login ke sid.kemendesa.go.id, Cek Nama Anda Sebagai Penerima Bantuan.
BLT Dana Desa Rp300 Ribu, Segera Login ke sid.kemendesa.go.id, Cek Nama Anda Sebagai Penerima Bantuan. /Ahsanjaya / PEXELS.

Media Purwodadi – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa merupakan bantuan yang disalurkan pada keluarga yang memiliki tingkat kesejahteraan kurang atau miskin ke desa-desa.

Berdasarkan Buku Pendataan BLT Dana Desa, setiap keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp. 300 ribu per bulan.

Sedangkan, peruntukan BLT Dana Desa hanya untuk masyarakat yang terdata dalam DTKS atau masyarakat yang memenuhi kriteria saja.

Baca Juga: Kode Redeem PUBG Mobile, Rabu 22 Desember 2021 : Buruan Klaim, Jangan Sampai Kehabisan, Langsung Update Malam

 BLT Dana Desa tersebut diberikan untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

Berikut cara cek BLT Dana Desa, yaitu :

- Langkah awal buka laman sid.kemendesa.go.id

- Terdapat dua pilihan, klik pencarian data desa

- Kemudian pilih pencarian data desa berdasarkan nama desa

- Setelah itu ketik nama desa

- Nantinya akan muncul deskripsi desa

- Lalu pilih BLT Dana Desa pada menu

- Maka daftar penerima BLT Dana Desa akan muncul pada laman

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact, Rabu 22 Desember 2021 : Klaim, Mainkan Besok, Banyak Hadiah Menanti

Sedangkan kriteria untuk calon penerima BLT Dana Desa merupakan keluarga miskin, baik yang terdata dalam Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error).

Untuk keluarga yang tidak terdapat dalam DTKS bisa mengajukan dengan memenuhi syarat sebagai berikut :

a. Tidak mendapat bantuan berupa PKH/BPNT/ pemilik Kartu Prakerja.

b. Mengalami kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan sehingga tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup untuk bertahan hidup selama tiga bulan ke depan.

c. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Apabila keluarga tersebut memenuhi kriteria sebagai keluarga miskin dan rentan, maka akan mendapatkan prioritas sebagai penerima BLT Dana Desa.

Masyarakat dapat melakukan pengecekan secara mandiri sebagai penerima BLT Dana Desa dengan masuk ke laman sid.kemendesa.go.id.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mengatakan bahwa penyaluran BLT Dana Desa telah mencapai Rp. 54, 08 triliun.

“BLT dana desa yang sudah salur sampai dengan 11 November ini sudah Rp 16,37 triliun,” tutur Abdul dalam konferensi pers virtual pada Kamis, 11 Desember 2021.

Baca Juga: BIN Daerah Jawa Tengah Kembali Gelar Vaksinasi Massal, Para Pelajar SMP di Kabupaten Grobogan Jadi Sasaran

Kementerian PDTT juga menyampaikan bahwa per tanggal 11 November 2021, realisasi penyaluran BLT Dana Desa telah mencapai 81 persen dari 20,27 triliun yang ditargetkan oleh pemerintah.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa disalurkan oleh Kementerian PDTT selama 12 bulan, yakni bulan Januari sampai Desember 2021.

Mengutip pada Pedoman Penyaluran Dana Desa Tahun 2021 oleh Kementerian Keuangan bahwa penyaluran BLT Dana Desa dibagi menjadi 3 tahap;

a. Tahap I BLT Dana Desa disalurkan pada bulan 1-5

b. Tahap II BLT Dana Desa disalurkan pada bulan 6-10

c. Tahap III BLT Dana Desa disalurkan pada bulan 11-12

Itulah penjelasan tentang BLT Dana Desa yang cair hingga akhir Bulan Desember 2021. Silakan cek nama Anda, siapa tahu ada nama Anda tercantum dalam daftar penerima BLT Dana Desa.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x