BLT Dana Desa Tersalur untuk Warga Rembang, Cek Daftar Penerima BLT DD 2021 Rp300 ribu

- 17 Desember 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi penerima uang dari BLT Dana Desa.
Ilustrasi penerima uang dari BLT Dana Desa. /Ahsanjaya / PEXELS.


Media Purwodadi – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa akan disalurkan hingga bulan Desember 2021. Besaran dana yang disalurkan tersebut Rp. 300rb per keluarga.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), menjelaskan bahwa jumlah BLT Dana Desa yang telah tersalurkan sudah mencapai lebih dari Rp 16 triliun.

“BLT dana desa yang sudah salurkan sampai dengan 11 November ini sudah Rp 16,37 triliun,” tutur Abdul dalam konferensi pers virtual pada Kamis, 11 November 2021.

Abdul juga mengatakan bahwa, target penyaluran BLT Dana Desa tahun ini sebesar Rp. 20,27 triliun. Realisasinya BLT Dana Desa per 11 November telah mencapai 81% dari target yaitu, sekitar 5.631.638 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Ibu 22 Desember 2021 dengan Kata Mutiara yang Menyentuh Berikut Ini, Tanda Cinta untuk Ibu

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa diberikan untuk mengatasi masalah ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan sebesar Rp. 300 rb tersebut hanya diberikan pada masyarakat yang terdata dalam DTKS dan memenuhi syarat saja.

Begitu juga dengan penyaluran BLT Dana Desa yang dilakukan di Balai Desa Babagan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk bulan Desember tahun 2021 dilakukan pada hari Jumat, tanggal 10 Desember 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Desa Babagan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang bahwa pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa diberikan kepada 12 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Syarat pengambilannya dengan membawa foto copy Kartu Keluarga (KK), foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta surat undangan dari Pemerintah Desa Babagan.

Baca Juga: Ulkus Dekubitus Terjadi Pada Diri Laura Anna Sebelum Meninggal, Berikut Gejala Penyakit Tersebut

Para penerima KPM mendatangi Balai Desa Babagan dengan protokol kesehatan yang ketat. KPM melakukan antrian dengan tertib sehingga pelaksanaan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac. Pemberian vaksin pertama maupun kedua diberikan pada penerima BLT. Selain itu masyarakat umum yang menginginkan juga diperbolehkan mengikuti vaksinasi.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah sebagai bentuk penanggulangan wabah pandemi Covid-19. Seperti yang kita ketahui, pemerintah akan memberikan fasilitas vaksinasi pada masyarakat sampai awal tahun depan.

Bagi Anda yang belum mengecek apakah akan mendapatkan BLT DD ini, bisa langsung lakukan pengecekan melalui laman resmi sid.kemendesa.go.id.

Baca Juga: Jadwal Shalat Lima Waktu, 10 Kota di Jawa Tengah, Sabtu 18 Desember 2021

Berikut merupakan cara untuk cek penerima manfaat BLT Dana Desa, antara lain :

1. Kunjungi laman sid.kemendesa.go.id

2. Pada halaman home, terdapat dua pilihan pencarian data desa

3. Pilih pencarian data desa berdasarkan nama desa

4. Ketikan nama desa, kemudian enter

5. Setelah muncul nama desa, pulih BLT DD pada menu

6. Daftar penerima BLT Dana Desa akan terlihat

Calon penerima BLT Dana Desa merupakan keluarga miskin baik yang terdata dalam DTKS maupun yang tidak terdata (exclusion error).

Untuk kriteria calon penerima BLT Dana Desa 2021 antara lain, sebagai berikut  :

1. Tidak mendapat bantuan baik berupa PKH/BPNT/ pemilik Kartu Prakerja

2. Mengalami kehilangan mata pencaharian (tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup untuk bertahan hidup selama tiga bulan ke depan)

3. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis

Semakin banyak kriteria keluarga miskin serta rentan yang terpenuhi, maka keluaga tersebut semakin prioritas menjadi penerima BLT Dana Desa.

Itulah penjelasan tentang BLT Dana Desa dan cara pengecekan daftar nama BLT Dana Desa.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x