5 Fakta Bayer Leverkusen Menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024. Salah Satunya Belum Pernah Kalah

- 15 April 2024, 20:07 WIB
Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024.
Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024. /dok. akun Twitter @bayer04fussball/


Media Purwodadi – Bayer Leverkusen berhasil mengakhiri penantian panjang untuk dapat menjuarai kompetisi sepak bola Bundesliga Jerman.

Bayer Leverkusen meraih gelar juara untuk kali pertamanya sejak klub yang bermarkas di BayArena itu didirikan pada tahun 1904 atau 119 tahun yang lalu.

Kepastian Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga Jerman musim ini usai anak asuh Xabi Alonso berhasil menghajar Werder Bremen dengan lima gol tanpa balas.

Baca Juga: Berikut 5 Bahan Herbal Mengobati Penyakit Asam Urat Yang Sering Kambuh Usai Libur Lebaran

Kelima gol Bayer Leverkusen disarangkan Victor Boniface pada menit ke 25, Granit Xhaka menit ke 60, dan hattrick Florian Wirtz pada menit ke 68, 83', serta 90'.

Atas kemenangan itu, klub milik perusahaan farmasi Bayer AG ini berhasil mengumpulkan 79 poin hasil dari 29 pertandingan yang telah dijalani.

Tim berjuluk Die ini Werkself unggul 16 poin dari tim peringkat kedua dan ketiga, Bayern Munchen dan Stuttgart yang sama-sama mengoleksi 63 poin dari 29 laga.

Suporter turun ke lapangan rayakan keberhasilan Leverkusen menjuarai Bundesliga 2023/2024.
Suporter turun ke lapangan rayakan keberhasilan Leverkusen menjuarai Bundesliga 2023/2024.

Dengan hanya menyisakan lima pertandingan lagi, jumlah poin Bayer Leverkusen tentunya tidak akan mampu dikejar lagi oleh Munchen maupun Stuttgart.

Sejumlah fakta menarik diukir Bayer Leverkusen setelah meraih titel juara Bundesliga musim 2023/2024 ini. Berikut ulasannya.

1. Belum Pernah Kalah

Bayer Leverkusen belum sekalipun menuai kekalahan dalam 29 laga di Bundesliga Jerman musim ini. Yaitu, 25 kali menang dan empat kali imbang.

Catatan itu membuat Leverkusen menorehkan rekor tidak terkalahkan terpanjang di Bundesliga, melampaui catatan 28 laga tanpa kalah yang diukir Bayern Munchen.

Selain itu, di bawah asuhan Xabi Alonso, Leverkusen mampu mencatatkan 43 pertandingan tanpa kekalahan di semua ajang musim ini.

Dari total 43 pertandingan di semua kompetisi yang diikuti tersebut, 38 di antaranya berakhir dengan kemenangan dan 10 lainnya berakhir imbang.

2. Menyisakan 5 Laga

Bayer Leverkusen berhasil mengunci gelar juara Bundesliga musim ini dengan lima laga tersisa. Jadi, rekor tak terkalahkan Leverkusen masih bisa bertambah lagi.

Di Bundesliga musim ini, Leverkusen juga telah mencetak 74 gol ke gawang lawan-lawannya dan kebobolan sebanyak 19 gol.

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso.
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso.


3. Menghetikan Dominasi Bayern Munchen

Keberhasilan Bayer Leverkusen tampil sebagai juara musim ini sekaligus menghentikan dominasi Bayern Munchen di Bundesliga Jerman.

Sebelumnya, Bayern Munchen selalu menjuarai Bundesliga sejak musim 2012/2013 hingga 2022/2023 atau selama 11 musim berturut-turut.

Baca Juga: Cerita Mistis Jalur Banyubiru-Tuntang, Suami Istri Ini Lewati Jalan yang Tak Biasa. Begini Kisahnya!

4. Klub ke 13 Meraih Gelar Juara Bundesliga

Kali pertama merasakan gelar juara, Bayer Leverkusen menjadi klub ke 13 yang sukses meraih trofi juara Bundesliga.

Selain itu, mereka menjadi klub pertama yang merengkuh titel juara perdana di Bundesliga, setelah terakhir kali diukir VfL Wolfsburg pada musim 2008/2009.

5. Sentuhan Dingin Xabi Alonso

Otak sukses Bayer Leverkusen meraih gelar juara Bundesliga tidak lepas dari sentuhan dingin Xabi Alonso. Sebagai pelatih ia terbukti mampu menghadirkan gelar prestisius.

Salah seorang legendaris sepak bola Spanyol itu dahulunya semasa aktif di lapangan hijau pernah memperkuat Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munchen.

Demikian tadi 5 fakta Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024.***

Editor: Agung Tri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x