Erick Thohir Harapkan STY Mampu Bawa Tim Merah Putih ke Perempat Final Piala Asia U23

- 31 Januari 2024, 09:43 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. /PSSI./


Media Purwodadi – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap Shin Tae Yong mampu membawa Tim Merah Putih lolos ke delapan besar atau perempat final di pertandingan Piala Asia U23 pada April 2024 mendatang.

Erick Thohir menegaskan prinsip profesionalisme menanggapi prestasi Timnas Indonesia yang kali pertama lolos ke babak 16 besar di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar.

Ke depan, dirinya berharap kepada sang pelatih Shin Tae Yong agar mampu membawa Skuad Merah Putih dalam ajang Piala Asia U23 yang juga berlangsung di Qatar pada 15 April – 3 Mei 2024.

Baca Juga: Bagi Pemegang KIP Segera Cek Rekening Sebagai Penerima Program Indonesia Pintar di Akhir Januari 2024

"Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Kesepakatan saya dan STY yang kontraknya habis hingga Juni, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U-23. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027," ujar Erick Thohir, seperti dikutip dari PSSI, Selasa 30 Januari 2024.

Sejauh ini, Erick Thohir mengatakan puas atas kerja Shin Tae Yong. Namun, pihaknya harus memasang target prestasi di level Asia terhadap STY yang menangani Timnas Indonesia sejak 2019 lalu.

"Oleh karenanya di Piala Asia U-23, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U-23 kita masuk dalam skuad timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi STY untuk membuat kejutan," tambah Erick.

Berkaca Piala Asia

Erick Thohir mengatakan, pengalaman dari Piala Asia pada pekan lalu, Timnas Indonesia kekurangan goal getter.

Tercatat dari 26 line up Timnas Senior Piala Asia lalu, ada 11 pemain U23. Beberapa yang menjadi starting eleven yakni Ernando Ari, Justin Hubner, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinand an Witan Sulaeman serta Rafael Struick.

Baca Juga: KPM Bisa Dapatkan Pencairan Rp400 Ribu untuk Bansos BPNT di Akhir Bulan Januari 2024 Ini

"Berkaca dari Piala Asia kemarin, kita kekurangan goal getter. Lihat bagaimana Australia kemarin. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas STY untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai," jelas Erick Thohir.

Pada ajang Piala Asia U23 nanti, Indonesia bergabung di Grup A yang terdiri dari Qatar, Jordania dan Australia. Tentunya, persaingan di Piala Asia U23 ini lebih berat.

Turnamen yang diikuti 16 negara yang dibagi dalam empat grup itu hanya akan meloloskan peringkat pertama dan kedua setiap grup untuk langsung bertanding di babak knock out.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x