Gagal Melaju di Babak Perempat Final Piala Asia 2023, Ini Harapan Erick Thohir untuk Timnas Indonesia

- 29 Januari 2024, 17:57 WIB
Timnas Indonesia saat bertanding melawan Australia dalam babak 16 besaar Piala Asia 2023.
Timnas Indonesia saat bertanding melawan Australia dalam babak 16 besaar Piala Asia 2023. /PSSI./


Media Purwodadi – Timnas Indonesia gagal melaju ke babak perempat final Piala Asia 2023. Pada pertandingan babak 16 besar, Skuad Garuda harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 4-0 saat laga yang digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, Minggu 28 Januari 2024.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memandang pertandingan ini memberikan banyak pembelajaran yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas Timnas senior di masa depan.

Menurut Erick Thohir, tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni empat laga dengan lawan-lawwan yang punya kualitas di atas.

Baca Juga: Seorang Balita Perempuan 2,5 Tahun Dikabarkan Jatuh ke Sungai Petarukan, Begini Kronologi Kejadiannya

"Artinya, tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni empat laga dengan lawan-lawan yang punya kualitas di atas. Ada pengalaman yang diperoleh, ada mental yang levelnya seharusnya naik karena melawan tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia,” kata Erick Thohir, yang dikutip dari laman resmi PSSI.

“Ini modal yang baik. Ibaratnya, jika kali ini 16 besar dan itu sudah sejarah, berikutnya harus lebih tinggi,” tambahnya.

Tertinggal

Timnas Indonesia tertinggal 0-2 di babak pertama setelah pemain belakang Skuad Garuda, Elkan Baggot melakukan gol bunuh diri di menit ke 12 dan pemain Australia, Boyle menambah gol di menit ke 45.

Kemudian, tim Negara Kangguru ini berhasil menambahkan banyak gol di akhir babak kedua dengan dua pemainnya yakni Goodwin dan Souttar.

"Di luar soal skor, saya nilai pemain sudah maksimal, ingin berikan yang terbaik, tampil lepas, semangat, dan tidak takut. Artinya, dari segi materi pemain inilah timnas terbaik kita. Tapi kita butuh lebih untuk penyempurnaan taktik dan strategi agar tim ini makin berprestasi," ucap Erick Thohir.

Optimis tentang Masa Depan

Ketum PSSI, Erick Thohir optimis di masa depan Timnas Indonesia tercatat sebagai tim termuda yang berpartisipasi pada Piala Asia 2023.

Diketahui, pemin tertua pada tim Merah Putih ini adalah Jordi Amat yang berusia 31 tahun. Sementara, pemain muda yang ikut dalam laga ini yakni Marselino Ferdinan yang berusia 19 tahun 2 bulan.

Data Transfermarkt, rata-rata usia para pemain yang membela Indonesia di Piala Asia 2023 ini adalah 22,5 tahun per Januari 2024.

Baca Juga: Pastikan Sebelum Januari Berakhir, KPM Bisa Terima Bansos BPNT dengan Nominal Rp400 Ribu

Posisinya diikuti Vietnam lantaran dengan rata-rata pemain berusia 23,3 tahun. Kemudian, pemain Jepang berusia 23,7 tahun. Setelahnya ada Uzbekistan dengan usia pemain mayoritas 23,9 tahun.

"Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang.

“Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U-23 bisa masuk, 8 besar,” tutup Erick Thohir.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: PSSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x