Hasil Sidang Komite Disiplin PSSI, Klub Persik Kediri Banyak Mendapatkan Sanksi Pasca Pertandingan

- 9 Januari 2024, 09:44 WIB
Komite disiplin PSSI
Komite disiplin PSSI /PSSI/


Media Purwodadi – PSSI mengeluarkan data hasil komite disiplin dan komite banding pada tanggal 2, 3 dan 4 Januari 2024.

Perilisan terkait hasil sidang komite disiplin dan komite banding PSSI ini resmi dikeluarkan pada Senin, 8 Januari 2024.

Hasil sidang Komdis PSSI menetapkan klub Persik Kediri lebih banyak mendapatkan sanksi dibandingkan dengan klub lain pada tanggal 2, 3, dan 4 Januari 2024.

Baca Juga: Bagi Pemilik Kartu Indonesia Pintar Bisa Segera Cek untuk Dapatkan Bansos PIP di Bulan Januari 2024

Persik Kediri dikenai sanksi denda dengan total Rp70 juta. Sanksi tersebut diberikan lantaran ulah para supporter saat pertandingan antara Persik Kediri vs PSM Makassar pada 18 Desember 2023 lalu.

Komdis PSSI mencatat, kejadian pertama yakni pada tanggal 18 Desember 2023 ketika Persik Kediri vs PSM Makassar bertanding dalam kompetisi BRI Liga 1 Musim 2023/2024.

Saat itu, supporter Persik Kediri melemparkan botol air mineral ke arah Tribun Selatan. Akibatnya, Persik Kediri dikenai sanksi denda Rp20 juta.

Tidak sampai di situ, pada tanggal dan pertandingan yang sama, supporter Persik Kediri turun ke lapangan hingga membuat ruwet keadaan. Hal ini membuat Persik Kediri mendapatkan sanksi Rp70 juta berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI pada 3 Januari 2024.

Hasil sidang Komdis PSSI lain pada tanggal 3 Januari 2024 yakni memberikan sanksi denda Rp25 juta kepada Klub Bali United FC saat pertandingan melawan Persib Bandung pada 18 Desember 2023.

Jenis pelanggaran yang terjadi kala itu adalah tim Persib Bandung gagal mengantisipasi kehadiran supporter Persib Bandung sebagai supporter klub tamu di stadion. Hal yang sama dikenakan sanksi yang sama untuk Bali United FC karena adanya supporter Persib Bandung yang hadir dalam pertandingan.

Pemain tim PSM Makassar, Muh Ardiansyah juga dikenakan sanksi oleh Komdis PSSI yakni dilarang bermain sebanyak dua pertandingan dan denda Rp75 juta akibat melakukan lemparan balasan ke arah penonton yang membuat penonton menjadi terprovokasi.

Baca Juga: Motor Kesayangan Digunakan untuk Ganjal Roda Bus, Bripda Novandro: Saya Lebih Sayang Nyawa Orang.

Kejadian itu terjadi saat PSM Makassar bertanding melawan Persik Kediri pada tanggal 18 Desember 2023 lalu.

Sementara hasil Komdis PSSI pada tanggal 4 Januari 2024 dikenakan kepada Mochamad Syahid Nur Ichsan yang merupakan tim Official Persik Kediri. Pelanggaran yang telah dilakukannya adalah melakukan protes berlebihan dan mendorong perangkat pertandingan.

Dirinya dikenai sanksi skors larangan berpartisipasi dalam empat pertandingan dan denda Rp50 juta.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: PSSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x