El Clasico Barcelona vs Madrid: Los Blancos Menang, Jude Bellingham Berikan Kekalahan Perdana Blaugrana

- 29 Oktober 2023, 01:26 WIB
Jude Bellingham di hadang 3 pemain Barcelona di laga El Clasico jilid pertama jornada 11 Liga Spanyol musim 2023/2024.
Jude Bellingham di hadang 3 pemain Barcelona di laga El Clasico jilid pertama jornada 11 Liga Spanyol musim 2023/2024. /dok. realmadrid.com/


Media Purwodadi – Duel Barcelona vs Madrid jornada 11 Liga Spanyol musim 2023/2024 di Estadio Olimpic Lluis Companys berlangsung seru. Sabtu, 28 Oktober 2023 malam.

 

 



Dalam duel bertajuk El Clasico antara Barcelona vs Madrid jilid pertama itu, Real Madrid berhasil menaklukkan tuan rumah Barcelona dengan skor tipis 1-2.

Barcelona sempat unggul terlebih dahulu menit ke 6 melalui Ilkay Gundogan sebelum akhirnya Jude Bellingham menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke 68.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Terjadi di Kawasan Lereng Gunung Merbabu, Warga Gedong dan Ngaduman Berencana Diungsikan

Di saat laga diperkirakan akan berakhir imbang, Jude Bellingham kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membalikkan keunggulam menjadi 1-2 pada menit 90+2.

Atas kemenangan ini, Los Blancos berhasil kembali ke puncak klasemen usai sebelumnya diambil alih Girona yang menang 1-0 dari Celta Vigo beberapa jam sebelumnya.

Bagi Barcelona, selain menuai kekalahan perdana di Liga Spanyol musim ini, hasil ini membuat anak asuh Xavi Hernandez tertahan di posisi ketiga klasemen sementara.

Namun, posisi Barcelona terancam turun ke peringkat 4 jika Atletico Madrid mampu meraih kemenangan dari Deprtivo Alaves pada pertandingan Senin besok.

Barcelona saat ini  mengoleksi 24 poin hasil dari 7 kemenangan, 3 seri dan 1 kekalahan. Poin Barcelona hanya selisih 2 poin dari Atletico Madrid yang berada di peringkat 4.

Jude Bellingham terus tunjukkan performa terbaiknya dengan menjadi pahlawan kemenangan 2-1 Real Madrid dari Barcelona.
Jude Bellingham terus tunjukkan performa terbaiknya dengan menjadi pahlawan kemenangan 2-1 Real Madrid dari Barcelona.

Jalannya pertandingan

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Barcelona coba tampil agresif sejak menit pertama. Madrid sempat keteteran dan sulit mengembangkan permainan.

Tuan rumah Barcelona berhasil membuka keunggulan melalui Ilkay Gundogan saat pertandingan baru berjalan selama 6 menit.

Berawal dari blunder Aurelien Tchouameni saat menghalau umpan dari Ferran Torres justru membuat bola masuk ke dalam kotak penalti Real Madrid.

David Alaba sebenarnya sempat berusaha untuk menyapu bola ke luar kotak penalti.

Namun, sapuan Alaba ternyata kurang sempurna dan bola malah jatuh ke kaki Ilkay Guendogan yang sejak awal melakukan manuver ke dalam kotak penalti Los Blancos.

Guendogan pun akhirnya mampu memanfaatkan peluang emas tersebut dan mengukir gol dengan tendangan kaki kanan yang mengolongi Kepa Arrizabalaga.

Menit ke 16, Barcelona hampir saja mencetak gol kedua. Sayangnya, sepakan kaki kanan Fermin Lopez dari dalam kotak masih membentur tiang gawang Madrid.

Tertinggal 1-0 dari Barcelona membuat skuad Real Madrid terus melancarkan serangan tetapi tidak ada satu pun yang berbuah shot on target ke gawang Marc-Andre ter Stegen.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona mengiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti masing-masing.

Baca Juga: Kemendikbudristek Buka Kembali PPG Prajabatan Gelombang 3, Berikut 3 Tahap Proses Seleksi yang Harus Diikuti

Di babak kedua, Barcelona langsung tancap gas dengan menggempur pertahanan Real Madrid. Namun, usahanya belum membuahkan hasil.

Menit ke 52, pelatih Madrid, Carlo Ancelotti melakukan pergantian pemain. Ia menarik keluar Ferland Mendy dan memasukkan Eduardo Camavinga.

Madrid coba membangun serangan. Bola masih lebih banyak berputar di tengah. Jude Bellingham jadi pemain El Real paling berbahaya sejauh ini, tapi pergerakannya terbatas.

Los Blanco akhirnya mampu mencetak gol penyeimbang pada menit ke 68 melalui aksi tendangan roket Jude Bellingham.

Memanfaatkan bola muntah dari sapuan pemain bertahan Barcelona, Jude Bellingham langsung, melepaskan lesakan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Bola sepakan gelandang muda asal Inggris itu melaju deras ke pojok kiri atas gawang Barcelona dan tidak mampu dijangkau oleh Ter Stegen. Skor imbang 1-1.

Jude Bellingham tampil mamukau dan menjadi momok bagi pertahanan Barcelona di laga El Clasico jilid pertama di malam tadi.

Di saat pertandingan tampak akan berakhir imbang, Jude Bellingham keluar jadi pahlawan Real Madrid dengan gol keduanya di masa injury time. Tepantnya di menit ke 90+2.

Mendapatkan umpan silang dari Dani Carvajal, gelandang asal Inggris itu kemudian melakukan tendangan first time kaki kanan untuk mencetak brace ke gawang Barcelona.

Dua golnya ke gawang Barcelona membuat performa mantan pemain Borussia Dortmund itu tampak semakin luar biasa.

Jude Bellingham kini sudah mencetak 10 gol dari 10 pertandingan di ajang Liga Spanyol 2023/2024. Madrid pun menang dalam El Clasico edisi ke 255 dan pulang dengan tiga poin.

 

 



Susunan pemain Barcelona vs Real Madrid:

Barcelona (4-3-3):
Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Andreas Christensen, Inigo Martinez, Alejandro Balde; Joao Cancelo (77’ Lamine Yamal), Ilkay Gundogan, Fermin Lopez (72’ Oriol Romeu); Gavi, Ferran Torres (61’ Robert Lewandowski), Joao Felix (77’ Raphinha).
Pelatih: Xavi Hernandez.

Real Madrid (4-3-1-2):
Kepa Arrizabalaga; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, David Alaba, Ferland Mendy (52’ Eduardo Camavinga); Federico Valverde, Toni Kroos (63’ Luka Modric), Aurelien Tchouameni; Jude Bellingham; Rodrygo (63’ Joselu), Vinicius Junior (90+6’ Lucaz Vazquez).
Pelatih: Carlo Ancelotti.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: sofascore.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x