Hasil Final Piala FA: Ilkay Gundogan Cetak Brace, Satu Gelar Lagi Manchester City Raih Treble Winner

- 4 Juni 2023, 09:17 WIB
Manchester City juara Piala FA musim 2022/2023 usai taklukkan Manchester United dengan skor tipis 2-1.
Manchester City juara Piala FA musim 2022/2023 usai taklukkan Manchester United dengan skor tipis 2-1. /dok. akun Twitter @ManCity/


Media Purwodadi – Taklukkan Manchester United, Manchester City keluar sebagai sebagai juara Piala FA musim 2022/2023. Sabtu, 3 Juni 2023 malam.

 

 



Laga final Piala FA yang berlangsung di Wembley Stadium, Manchester City sukses menyudahi perlawanan Manchester United dengan skor tipis 2-1.

Kedua gol Manchester City tercipta melalui Ilkay Gundogan. Gol pertama tercipta saat pertandingan baru berjalan 10 detik dan gol kedua tercipta pada menit ke 50.

Baca Juga: Melarikan Diri ke Area Persawahan Usai Tawuran, Pria Ini Ditemukan Tewas Diduga Tersetrum Aliran Listrik

Sedangkan, satu gol balasan Manchester United tercipta melalui eksekusi penalti Bruno Fernandes pada menit ke 33.

Atas hasil ini, The Citizens dipastikan raih gelar keduanya usai sebelumnya mengukuhkan diri sebagai juara Liga Inggris musim 2022/2023.

Satu gelar lagi skuad asuhan Pep Guardiola akan meraih treble winner. Musim ini, City masih akan menghadapi Inter Milan di laga Final Liga Champions Eropa.

Jalannya Pertandingan

Manchester City membuka laga dengan begitu apik. Laga baru berjalan di menit pertama, mereka sudah bisa unggul berkat gol cepat Ilkay Gundogan.

Berawal dari umpan Kevin de Bruyne usai menerima bola tendangan lambung dari Stefan Ortega, Bola langsung disambar oleh Ilkay Gundogan yang berdiri tanpa kawalan

Bola hasil tendangan voli gelandang Timnas Jerman dari luar kotak penalti tersebut mengarah tepat ke gawang David De Gea. Skor berubah 1-0 untuk City.

City semakin mendominasi laga. Mereka intens menyerang gawang MU lewat aksi Jack Grealish hingga Rodri. Namun sayang, tendangan mereka masih meleset dari gawang.

Di sisi lain, MU sendiri kesulitan untuk keluar dari tekanan. Setiap kali memulai transisi menyerang, serangan anak asuh Erik ten Hag itu berakhir sia-sia.

Manchester United mendapat hadiah penalti di menit ke 33 usai Jack Grealish kedapatan melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Tangannya tidak sengaja menyentuh bola saat hendak memotong umpan yang diberikan kepada Aaron Wan-Bissaka.

Wasit Paul Tierney awalnya tidak menggubris handball tersebut. Namun berkat VAR, Tierney mengubah keputusannya dan memberikan penalti untuk MU.

Bruno Fernandes yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sehingga membawa Setan Merah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di sisa waktu pertandingan, kedua tim terus berusaha mencetak gol tambahan. Namun, usaha kedua tim selalu gagal. Skor 1-1 pun menghiasi laga hingga akhir babak pertama.

Usai keluar dari ruang ganti, MU langsung intens menebar ancaman. Di menit ke 47, Jadon Sancho melepaskan serangan berbahaya ke gawang Manchester City.

Ilkay Gundogan terpilih sebagai Man of The Match di laga final Piala FA musim 2022/2023 dengan mencetak brace ke gawang Manchester United.
Ilkay Gundogan terpilih sebagai Man of The Match di laga final Piala FA musim 2022/2023 dengan mencetak brace ke gawang Manchester United.

Namun, para pemain belakang City langsung bergerak cepat untuk menghalau serangan Jadon Sancho.

Baca Juga: Kode Redeem Game Point Blank Zepetto Minggu, 4 Juni 2023, Buruan Klaim dan Kalahkan Tim Lawan Mu

 

 



Sementara, Ilkay Gundogan lagi-lagi menghadirkan mimpi buruk bagi MU. Gelandang berusia 32 tahun ini mencetak gol kedua dengan cara yang hampir sama di menit ke 50.

Berawal dari sepak pojok yang diambil oleh Kevin de Bruyne, bola mengarah langsung ke Ilkay Gundogan yang berdiri di sekitar luar kotak penalti.

Tanpa kontrol, mantan pemain VfL Bochum itu melepas tembakan menggunakan kaki kirinya untuk kembali menaklukkan David De Gea.

Giliran Kevin De Bruyne yang mengancam di menit ke 62. Penetrasinya berhasil ke dalam kotak penalti MU, tetapi tendangan mendatarnya dengan mudah digagalkan oleh kaki de Gea.

Tekanan bertubi-tubi dari City kembali menghadirkan gol di menit ke 72. Sepakan Erling Haaland yang diselamatkan David De Gea, disambut oleh Ilkay Gundogan.

Bola masuk ke gawang, tetapi wasit memastikan posisinya offside sehingga wasit menganulir gol tersebut. Skor tetap 2-1 untuk keunggulan City.

Di sisa waktu pertandingan, MU berusaha mengejar ketertinggalannya. Tetapi, City tampil begitu tangguh dan bahkan terus mengancam gawang Setan Merah.

Tetapi, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir laga. City pun memastikan diri jadi juara musim ini usai menang tipis atas Setan Merah dengan skor 2-1.

Manchester City (3-2-4-1):
Stefan Ortega; Kyle Walker (Aymeric Laporte 90'+5), Ruben Dias, Manuel Akanji; John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Phil Foden 76’), Ilkay Gundogan, Jack Grealish (Nathan Ake 90’); Erling Haaland.
Pelatih: Josep Guardiola

Manchester United (4-3-3):
David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof (Scott McTominay 83’), Raphael Varane, Luke Shaw; Christian Eriksen (Alejandro Garnacho 62’), Casemiro, Fred; Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Jadon Sancho (Wout Weghorst 78’).
Pelatih: Erik ten Hag.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x