3 Wakil Italia di 3 Pertandingan Final Kompetisi Eropa. Akankah Ketiganya Raih Gelar Juara?

- 19 Mei 2023, 12:04 WIB
Inter Milan melaju ke final Liga Champions dan akan menghadapi wakil Inggris, Manchester City.
Inter Milan melaju ke final Liga Champions dan akan menghadapi wakil Inggris, Manchester City. /dok. akun Twitter @Inter/


Media Purwodadi – Klub-klub sepak bola Serie A Italia musim 2022/2023 ini mulai menunjukkan kualitasnya di kompetisi-kompetisi Eropa.

 

 



Terbaru, Inter Milan, AS Roma dan Fiorentina masing-masing melaju hingga ke final ajang Liga Champions, Liga Europa dan Liga Conference musim 2022/2023.

Serie A Italia yang termasuk 5 kompetisi terpopuler selain Premier League, La Liga, Bundesliga dan Ligue 1 belakangan sulit berkembang lantaran masalah ekonomi.

Baca Juga: Raih Medali Emas di Ajang SEA Games Kamboja, Penggemar Tunggu Timnas U22 Indonesia Pawai Sejak Subuh

Perlahan namun pasti, klub-klub Serie A Italia mulai pulih dan menunjukkan kualitasnya ditandai dengan AS Roma keluar sebagai juara Liga Conference musim 2021/2022.

Di musim ini, Inter Milan mewakili Italia di ajang Liga Champions tampil di partai final dan akan menghadapi wakil Inggris Manchester City pada 11 Juni 2023 mendatang.

Perjalanan Inter melaju hingga final tidak lah mudah. di Grup C, Inter tergabung di grup neraka bersama Bayern Munchen, Barcelona dan Viktoria Plzen.

Inter Milan lolos di babak penyisihan Grup C sebagai runner up dengan koleksi 10 poin hasil dari 3 kali menang, 1 kali imbang dan 2 kali kalah.

Di babak 16 besar, Inter berjumpa dengan wakil Portugal, FC Porto. Menang 1-0 pada leg pertama, Inter Milan hanya mampu bermain imbang tanpa gol di leg kedua.

Berbekal kemenangan 1-0 pada leg pertama, Inter Milan lolos ke perempat final dengan keunggulan aggregat 1-0 atas FC Porto.

Pada perempat final, Inter menghadapi Benfica, leg pertama Inter berhasil menang 2-0 dan di leg kedua, Inter bermain imbang 3-3. Inter lolos ke semifinal dengan aggregat 5-3.

Di semifinal terjadi derbi Italia. Inter Milan menghadapi AC Milan. Pada leg pertama berstatus ebagai tim tamu, Inter berhasil menang dengan skor 0-2.

Pada leg kedua, bermain di Stadion Giseppe Meazza, Inter kembali meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas rival sekota AC Milan.

Inter Milan berhak melaju ke final Liga Champions musim ini setelah menyingkirkan AC Milan dengan keunggulan aggregat 3-0.

Sementara, AS Roma menjadi wakil Italia lainnya yang berhasil melaju hingga ke final untuk ajang Liga Europa musim 2022/2023,

Di final Liga Europa nanti, AS Roma akan menghadapi wakil Spanyol, Sevilla pada 1 Juni 2023 di Puskas Arena, Hungaria.

Pada babak kualifikasi, AS Roma tergabung di Grup C bersama Real Betis, Ludogorets Razgrad dan HJK Helsinki.

AS Roma melaju ke fase knockout sebagai runner up Grup C dengan 10 poin hasil dari 3 kali menang, 1 kali imbang dan 2 kali menuai kekalahan.

Di fase knockout, skuad asuhan Jose Mourinho ini menghadapi FC Salzburg. AS Roma tumbang 0-1 pada leg pertama. Namun, menang 2-0 pada leg kedua.

 

 

Pemain dan official AS Roma merayakan kemenangan dan lolos ke final Liga Europa musim 2022/2023.
Pemain dan official AS Roma merayakan kemenangan dan lolos ke final Liga Europa musim 2022/2023.

Unggul aggregat 2-1 atas FC Salzburg, AS Roma berhak melaju ke babak 16 besar dan menghadapi wakil Spanyol, Real Sociedad.

Pada leg pertama, tampil di depan publik sendiri, AS Roma menang 2-0. Sementara, leg kedua AS Roma berhasil menahan imbang Real Sociedad dengan skor 0-0.

Hingga pada babak perempatfinal, AS Roma berhadapan dengan wakil Belanda, Feyenoord. AS Roma takluk dengan skor tipis 0-1 pada leg pertama.

Pada leg kedua, AS Roma sukses membalikkan keadaan dengan menghajar Feyenoord dengan skor 4-1 di Stadion Olimpico, Italia.

AS Roma lolos ke semifinal dengan unggul aggregat 4-2 atas Feyenoord. Di semifinal, AS Roma telah ditunggu Bayer Leverkusen.

Di semifinal, AS Roma sukses menghentikan langkah wakil Bundesliga Jerman itu setelah menang 1-0 pada leg pertama dan menahan imbang 0-0 pada leg kedua.

Baca Juga: Terletak di Atas Oven Pengering, Anyaman Bambu Tempat Pengering Tembakau di Grobogan Ini Ludes Terbakar

Nantinya, di laga final, AS Roma akan menghadapi penguasa Liga Europa, Sevilla. Hingga kini, wakil Spanyol itu berhasil meraih trofi Liga Europa sebanyak 6 kali.

Fiorentina menjadi wakil Italia ketiga yang melaju hingga final kompetise Eropa lainnya yaitu Liga Conference Europa musim 2022/2023.

Fiorentina lolos ke final Liga Conference Europa dan akan menghadapi West Ham United.
Fiorentina lolos ke final Liga Conference Europa dan akan menghadapi West Ham United.

Musim 2022/2023 adalah musim kedua Liga Conference Europa diselenggarakan, pada musim lalu atau komptisi perdana, AS Roma berhasil tampil sebagai Juaranya.

Fiorentina mengawali kiprahnya di Liga Conference Europa dengan tergabung di Grup A bersama Istanbul Basaksehir, Hearts dan RFS.

Fiorentina lolos sebagai runner up Grup A dengan jumlah poin 13. Poin fiorentina sama dengan Istanbul Basaksehir yang jadi juara grup karena unggul produktifitas gol.

Halaman:

Editor: Agung Tri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x