Timnas Indonesia Gagal Melaju ke Piala AFF 2022, Pelatih Shin Tae Yong Minta Maaf dan Segera Lakukan Evaluasi

- 12 Januari 2023, 07:25 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. /Instagram PSSI.



Media Purwodadi – Gagal melaju ke final Piala AFF 2022, sang pelatih Shin Tae Yong menyampaikan permintaan maaf pasca kalah dari Vietnam 0-2 di Stadion Nasional My Dinh Hanoi, Senin 9 Januari 2023 lalu. Permintaan maaf itu disematkan Shin Tae Yong untuk seluruh suporter Timnas Indonesia.

Kekalahan Timnas Indonesia yang tak berhasil masuk ke final Piala AFF 2022 ini adalah kegagalan kedua bagi Shin Tae Yong.

Pelatih asal Korea Selatan ini pernah melatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang digelar pada 2021 lalu. Di gelaran tersebut, Timnas Indonesia hanya berhasil menjadi runner up setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand.

Baca Juga: Resmi Rekrut Ryuji Utomo, Bali United FC Harapkan Lini Pertahanan Semakin Baik di Paruh Kedua BRI Liga 1

"Kami kalah dan saya ingin meminta maaf kepada semua suporter Timnas Indonesia. Saya pikir Vietnam bermain bagus hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada mereka karena menang dan menjaga gawangnya tidak kebobolan," kata Shin Tae Yong, seperti ditulis di laman resmi PSSI.

Shin Tae Yong memberikan penilaian kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam ini menunjukkan bahwa pekerjaan membenahi tim asuhannya ini belum selesai.

Namun, dirinya optimis, sepak bola Indonesia punya potensi untuk terus berkembang ke arah yang positif dan lebih maju.

"Saya pikir sepak bola Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk maju," tambahnya.

Shin Tae Yong juga menilai para pemain Timnas Indonesia ini belum terbiasa dengan kualitas lapangan Stadion My Dinh yang tidak sebaik Stadion Utama Gelora Bung Karno. Hingga akhirnya membuat Skuad Garuda ini sulit mengembangkan permainan saat kontra Vietnam beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ibukota di China Timur Ini Terapkan Subsidi Tunai dan Dorong Para Keluarga Punya Banyak Anak

"Vietnam sudah terbiasa bermain di stadion ini, sedangkan kami masih merasa asing. Saya juga selalu mengingatkan para pemain untuk berhati-hati terutama di 5 menit pertama dan 5 menit terakhir,” ucap Shin Tae Yong.

“Untuk gol pertama, kiper kami Nadeo salah membaca situasi, sedangkan di gol kedua kami kehilangan fokus dalam menjaga para pemain Vietnam."

Pasca kalah dari Vietnam, Shin Tae Yong akan mencoba menganalisis penyebab kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam di semifinal kedua. Pasalnya, hingga kini pelatih asal Korea Selatan ini belum bisa menjelaskan secara detail penyebab kekalahan Indonesia dari Vietnam.

"Saya membutuhkan lebih banyak analisis dan saya tidak bisa mengatakan apa-apa tanpa menganalisis videonya," tukasnya.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: PSSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x