Hasil Pertandingan Barcelona vs Espanyol: Hujan Kartu, Blaugrana Tertahan di Depan Pendukungnya Sendiri

- 31 Desember 2022, 23:49 WIB
Derby Catalan antara Barcelona kontra Espanyol berakhir tanpa pemenang.
Derby Catalan antara Barcelona kontra Espanyol berakhir tanpa pemenang. /dok. akun Twitter @FCBarcelona/


Media Purwodadi – Berikut hasil pertandingan Barcelona menjamu Espanyol pekan 15 La Liga Spanyol musim 2022/2023 yang berlangsung malam ini.

Pertandingan Barcelona kontra Espanyol pekan 15 La Liga Spanyol musim ini berlangsung di Spotify Camp Nou. Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 20.00 WIB.

Dalam pertandingan bertajuk Derby Catalan tersebut, tuan rumah Barcelona dipaksa bermain imbang 1-1 atas tamunya Espanyol.

Baca Juga: Hujan Deras Sejak Dini Hari, Perjalanan KA di Wilayah Semarang dan Kendal Terganggu

Satu gol Barcelona tercipta melalui Marcos Alonso. Sementara, satu gol Espanyol tercipta melalui eksekusi penalti yang dilakukan Joselu.

Hasil ini membuat Blaugrana gagal menutup tahun 2022 dengan kemenangan. Meski demikian, tambahan 1 poin cukup membuat Barcelona kembali ke puncak klasemen.

Saat ini Barcelona memimpin klasemen dengan 38 poin. Demikian juga Real Madrid yang di posisi kedua juga memiliki jumlah poin sama 38 namun kalah jumlah gol.

Jalannya pertandingan

Tim asuhan Xavi Hernandez ini tidak membutuhkan waktu lama untuk unggul terlebih dahulu dengan membobol gawang Espanyol.

Saat pertandingan baru berjalan 7 menit, Marcos Alonso sukses membobol gawang Espanyol yang dijaga kiper Alvaro Fernandez.

Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Raphinha. Espanyol buruk ketika bertahan, sehingga membiarkan Andreas Christensen dengan mudah menyundul bola.

Arah sundulan tersebut mengarah ke tiang jauh. Marcos Alonso yang tidak terkawal dengan mudah melepas sundulan dengan kekuatan penuh.

Gol di menit awal tersebut membuat Robert Lewandowski dan kawan-kawan lebih tenang dalam menguasai jalannya pertandingan.

Marcos Alonso nyaris menggandakan keunggulan Barcelona melalui proses yang hampir sama di menit ke 18.

Sayangnya, penyelesaian akhir kurang akurat pemain jebolan akademi Real Madrid tersebut menyebabkan bola justru melenceng dari sasaran.

Hingga menit ke 30, tuan rumah Barcelona mampu menguasai 75 persen penguasaan bola. Di sisi lain, Espanyol belum bisa melepas tembakan.

Baca Juga: 30 Link Twibbon Ucapan Selamat Tahun Baru 2023. Segera Klik di Sini dan Sampaikan Ucapan Teristimewa Anda

Espanyol baru bisa menciptakan tembakan pertamanya di laga ini di menit ke 33. Sayangnya, upaya dari Nico Ribaudo masih belum maksimal.

Hingga berakhirnya 45 menit babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona mengiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti masing-masing.

Barcelona masih terus dominan sepanjang babak kedua. Persentase penguasaan bolanya bukan turun, justru terus meningkat ke angka 77 persen.

Sayangnya, Barcelona malah kesulitan membongkar pertahanan Espanyol dan tidak mampu melepas tembakan.

Espanyol bermain pragmatis dengan mencegah ruang terbuka di pertahanan sendiri dan menyerang balik secepat mungkin.

Di saat situasi yang tidak menguntungkan, Espanyol justru mampu mencetak gol penyama kedudukan. Gol tersebut lahir di menit ke 73 melalui eksekusi penalti Joselu.

Joselu sebelumnya terjatuh saat berebut bola atas dengan Marcos Alonso di dalam kotak penalti Barcelona.

Wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz menganggap ada kontak yang cukup dari Marcos Alonso yang menyebabkan Joselu jatuh, sehingga dirinya memberikan penalti.

Tensi pertandingan mulai panas jelang akhir pertandingan. Total ada tiga kartu merah dan 13 kartu kuning yang keluar dari saku wasit.

Kartu merah pertama diberikan kepada pemain Barcelona, Jordi Alba di menit ke 78. Ia mendapatkan kartu kuning kedua sebelumnya.

Baca Juga: Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Bermain Imbang Saat Lawan Thailand di Stadion Gelora Bung Karno

Espanyol juga kehilangan pemain di menit ke 81 setelah Vinicius de Souza menerima kartu kuning kedua pula.

Kartu merah langsung juga sempat diberikan kepada pemain Espanyol lainnya, Leandro Cabrera. Namun, setelah melakukan pengecekan VAR, wasit membatalkan kartu merah tersebut.

Hingga berakhirnya babak kedua, tidak ada lagi gol tercipta. Skor imbang 1-1 menutup laga Barcelona kontra Espanyol pada pekan 15.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3):
Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Alex Balde 82’), Andreas Christensen, Marcos Alonso, Jordi Alba; Pedri, Frenkie de Jong (Frenkie de Jong 83’), Gavi (Sergio Busquets 52’); Ansu Fati (Ferran Torres 62’), Robert Lewandowski, Raphinha (Ousmane Dembel 62’).
Pelatih: Xavi Hernandez.

Espanyol (5-3-2):
Alvaro Fernandez; Leandro Cabrera, Sergi Gomez, Fernando Calero (Edu Exposito 57’), Brian Olivan (Aleix Vidal 90’), Oscar Gil (Ruben Sanchez 90’); Sergi Darder, Vinicius Souza, Nico Ribaudo (Javier Puado 57’); Joselu, Martin Braithwaite (Wassim Keddari 86’).
Pelatih: Diego Martinez.***

Editor: Agung Tri

Sumber: laliga.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x