Piala Dunia, Qatar vs Senegal: Kembali Takluk, Tim Tuan Rumah Semakin Terbenam di Dasar Klasemen Grup A

- 25 November 2022, 22:54 WIB
Pemain Senegal merayakan kemenangan atas tim tuan rumah Qatar di babak penyisihan Grup A Piala Dunia Qatar 2022.
Pemain Senegal merayakan kemenangan atas tim tuan rumah Qatar di babak penyisihan Grup A Piala Dunia Qatar 2022. /Dok. akun Twitter @FIFAWorldCup/


Media Purwodadi – Timnas Qatar menghadapi Timnas Senegal dalam pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup A Piala Dunia Qatar 2022.

Duel Qatar kontra Senegal yang berlangsung di Al Thumama Stadium pada Jumat, 25 November 2022 malam berhasil dimenangkan Senegal dengan skor 1-3.

Tiga gol kemenangan Senegal tercipta melalui aksi Boulaye Dia menit ke 41, Famara Diedhiou menit ke 48, Bamba Dieng menit ke 84.

Baca Juga: Heboh, Amanda Manopo Habiskan Rp250 Juta Hanya Untuk Pesan Makanan Via Ojek Online. Berikut Penjelasannya

Sementara, 1 gol balasan dari tim tuan rumah, tercipta melalui aksi Mohammed Muntari manit ke 78 memanfaatkan umpan dari Ismail Mohamad.

Meski meraih kemenangan, posisi Senegal di klasemen sementara Grup A tidak berubah. anak asuh Aliou Cisse tetap di posisi 3 klasemen dengan raihan 3 poin.

Sedangkan, posisi 1 dan 2 masih ditempati Belanda dan Ekuador yang baru akan memainkan pertandingannya beberapa menit ke depan.

Di sisi lain, Qatar yang berstatus sebagai tuan rumah semakin terbenam di dasar klasemen sementara Grup A dengan koleksi 0 poin hasil dari 2 pertandingan yang telah dijalani.

Qatar kini harus menunggu hasil laga Belanda lawan Ekuador. Jika Oranje terhindar dari kekalahan maka mereka dipastikan jadi tim pertama yang tereliminasi dari Piala Dunia 2022.

Berikut jalannya pertandingan Qatar vs Senegal di babak pertama:

Sejak menit awal babak pertama, Timnas Senegal langsung berusaha tampil menyerang sekaligus berhasil mendominasi penguasaan bola.

Secara perlahan, Senegal terus menggempur pertahanan Qatar. Sedekit demi sedikit anak asuh Aliou Cisse berhasil membongkar pertahanan tuan rumah.

Baca Juga: Soto Ayam Kuah Bening, Sajian Terbaik Untuk Keluarga Anda di Akhir Pekan Ini

Menit ke 10, Senegal mendapat peluang emas melalui Nampalys Mendy. Sayang, bola sepakannya belum menemui sasaran.

Enam menit berselang Senegal mengancam lagi, kali ini dari Diatta yang memotong masuk dari kiri. Namun bola tembakannya masih bisa diblok kiper Qatar, Bersham.

Tim tuan rumah bukannya terus bertahan. Sesekali juga berusaha melancarkan serangan balik. Usaha mereka hampir berhasil pada menit ke 34.

Akram Afif sukses masuk ke kotak penalti Senegal dan saat akan melepas tembakan, ia terjatuh setelah terdorong salah satu pemain Senegal.

Para pemain Qatar meminta penalti tapi wasit Antonio Mateu asal Spanyol tak menganggap telah terjadi pelanggaran.

Pada menit ke 41, Senegal akhirnya berhasil membobol gawang Qatar. Gol berawal dari kesalahan pemain belakang Qatar, Boualem Khoukhi yang gagal membuang bola.

Boulaye Dia langsung menyambar bola dengan tendangan kerasnya dan meluncur masuk kedalam gawang Qatar. Skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Senegal.

Tambahan waktu 7 menit di penghujung babak pertama gagal dimanfaatkan kedua tim untuk menciptakan gol. Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk Senegal.

Baca Juga: Empati Korban Gempa Bumi di Cianjur, Jajaran Polres Grobogan Gelar Sholat Ghaib

Di babak kedua, Senegal langsung tampil menggebrak. Mereka langsung mencetak gol tiga menit setelah kickoff, melalui Famara Diedhiou usai menerima umpan Ismail Jakobs. Skor berubah 0-2.

Usaha Qatar untuk membalas akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke 78, Mohammed Muntari sukses menanduk bola umpan silang Ismaeel Mohammad dari sayap kanan.

Ia bergerak mendahului Kalidou Koulibaly untuk menanduk bola dan menempatkannya di pojok kanan bawah gawan Senegal. Inilah gol pertama Qatar di Piala Dunia. Skor 1-2.

Namun saat Qatar sedang bersemangat, Senegal bisa mencetak gol lagi. Kali ini dari Bamba Dieng pada menit ke-84. Ia menyambar bola umpan Ndiaye dari sayap kanan. Skor berubah 1-3.

Qatar tak mau menyerah. Namun sayang sampai akhir mereka tak bisa mencetak gol tambahan. Senegal pun menang 1-3.

Susunan Pemain Qatar vs Senegal:

Qatar (5-3-2):
Meshaal Barsham; Pedro Miguel, Ismaeel Mohammad, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Hassan Al Haydos, Karim Boudiaf, Assim Madibo; Almoez Ali, Akram Afif.
Pelatih: Felix Sanchez

Senegal (4-2-3-1):
Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Ismail Jakobs, Abdou Diallo; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy; Krepin Diatta, Famara Diedhiou, Ismaila Sarr; Boulaye Dia.
Pelatih: Aliou Cisse.***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: fifa.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x