Hasil Pertandingan Piala Dunia Grup E, Jerman vs Jepang: Ketajaman Samurai Biru Sukses Tundukkan Der Panzer

- 23 November 2022, 23:02 WIB
Timnas Jepang berhasil menaklukkan tim kuat Jerman dengan skor 1-2 pada matchday 1 babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022.
Timnas Jepang berhasil menaklukkan tim kuat Jerman dengan skor 1-2 pada matchday 1 babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022. /dok. akun Twitter @FIFAWorldCup/


Media Purwodadi – Berikut hasil pertandingan matchday 1 babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Timnas Jerman vs Jepang.

Pertandingan Jerman kontra Jepang matchday 1 babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung di International Khalifa Stadium.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Rabu, 23 November 2022 pukul 20.00 WIB tersebut, Timnas Jepang sukses meraih kemenangan atas Jerman dengan skor 2-1.

Baca Juga: Spanyol vs Kosta Rika: Prediksi, Head to Head, Statistik, Susunan Pemain Hingga Link Live Streaming

Di babak pertama, Jerman berhasil unggul terlebih dahulu melalui eksekusi penalti Ilkay Guendogan saat pertandingan memasuki menit ke 33.

Namun di babak kedua, Jepang berhasil membalikkan keadaan dengan  mencetak 2 gol melalui Ritsu Doan menit ke 75 dan Takuma Asano pada menit ke 83.

Atas hasil ini, untuk sementara Jepang berhasil memuncaki klasemen Grup E dengan raihan 3 poin. Sedangkan, Jerman berada di dasar klasemen dengan 0 poin.

Berikut jalannya pertandingan babak pertama Jerman vs Jepang pada matchday 1 babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022.

Sejak menit awal babak pertama, Jerman langsung melakukan tampil menyerang. Beruntung, barisan pertahanan Jepang masih mampu menghentikan serangan tersebut.

Jepang sendiri memilih menerapkan taktik serangan balik. Bahkan strategi ini mampu membuahkan hasil saat pertandingan baru memasuki menit ke 8.

Serangan balik cepat Jepang, usai merebut bola dari Ilkay Gundogan di lini tengah, sukses membuat gawang Jerman bergetar melalui sontekan Daizen Maeda di tiang jauh.

Sayangnya wasit Ivan Barton asal El Savador menganulir gol tersebut. Menurut wasit,  Daizen Maeda telah terperangkap offside lebih dahulu.

Menit ke 16 giliran Jerman yang mendapat peluang cukup bagus. Namun sundulan Antonio Rudiger di dalam kotak penalti masih melebar tipis di samping kiri gawang Jepang.

Menit ke 20, Jerman kembali mengancam melalui tembakan jarak jauh JoshuaKimmich. Namun bola masih bisa diblok kiper Jepang, Shuichi Gonda.

Baca Juga: Benarkah Pergi Umroh atau Ziarah Ke Luar Negeri Kena Pajak Pertambahan Nilai? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Tujuh menit kemudian Der Panzer kembali mengancam, juga dari tembakan luar kotak penalti, kali ini melalui Ilkay Gundogan. Tapi bola masih mengarah tepat ke pelukan kiper.

Usaha Jerman akhirnya membuahkan hasil pada menit ke 31. Mereka membongkar pertahanan Jepang dari sisi kiri.

David Raum tinggal berhadapan dengan kiper tapi kemudian dijegal oleh Shuichi Gonda. Wasit pun menghadiahkan penalti.

Dua menit kemudian Ilkay Gundogan yang ditunjuk menjadi eksekutor penalti sukses mengeksekusi peluang dari titik 12 pas tersebut. Skor berubah 1-0.

Menit ke 45+4 Jerman berhasil membobol gawang Jepang melalui aksi Kai Havertz usai menerima umpan dari Serge Gnabry.

Namun, usai melihat tayangan VAR, wasit menganulir gol tersebut lantaran Kai Havertz berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Hingga berakhirnya babak pertama skor 1-0 untuk keunggulan Jerman menggiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti masing-masing.

Di babak kedua, Jerman memulai laga dengan tembakan keras Serge Gnabry pada menit ke 47. Tapi bola melenceng dari target.

Menit ke 51, Jerman kembali mengancam melalui aksi individu Jamal Musiala. Ia masuk ke kotak penalti di tengah kerumunan pemain-pemain Jepang.

Ia sempat mengecoh beberapa pemain sebelum melepas tembakan keras. Sayang bola tembakannya melambung menjauhi sasaran.

Jepang kemudian berusaha bermain dengan lebih berani lagi. Mereka keluar menyerang. Namun, gawang mereka malah hampir kebobolan lagi pada menit ke 59.

Sepakan keras Ilkay Gundogan dari luar kotak penalti masih menghantam tiang kiri gawang Jepang.

Satu menit kemudian Jepang balik mengancam dari serangan balik. Namun bola tembakan Takuma Asano masih melambung ke atas.

Kemudian pada menit ke 68 Asano mendapat peluang lagi. Kali memanfaatkan umpan Sakai. Tapi bola tembakannya di dalam kotak penalti masih bisa diblok Antonio Rudiger.

Baca Juga: Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, KAI Daop 4 Siapkan Penambahan 24 Perjalanan Kereta Api

Dua menit kemudian Jerman mendapat peluang emas. Hoffman menembak bola dari dalam kotak penalti usai mendapat umpan pendek dari Gnabry.

Tapi bola masih bisa diblok Gonda. Panser kemudian mengancam lagi tak sampai semenit kemudian. Raum mengirim umpan silang ke tiang jauh dan bola ditanduk Gnabry.

Tapi Gonda lagi-lagi bisa menggagalkan peluang tersebut. Bola rebound berusaha disambar pemain Bayern Munchen tersebut tapi lagi-lagi tak masuk gawang karena dihalau Gonda.

Dua menit kemudian giliran Jepang yang mengancam. Kali ini dari tembakan Ito dari dalam kotak penalti. Namun bola masih bisa diblok Manuel Neuer dengan brilian.

Jepang akhirnya bisa mencetak gol balasan pada menit ke 75. Samurai Biru menusuk masuk melalui Minamino.

Ia melepas bola mendatar ke depan gawang, tapi dipotong oleh Neuer. Bola liar kemudian disambar Ritsu Doan yang berdiri bebas. Skor berubah 1-1.

Jerman kemudian berusaha untuk mencetak gol lagi. Tapi mereka malah kebobolan pada menit ke 83. Kali ini dari aksi menawan Takuma Asano.

Ia menyambut umpan panjang dari belakang dengan kontrol bola yang luar biasa. Ia masuk ke kotak penalti dan meski ditempel ketat Schlotterbeck.

Takuma Asano berhasil membobol gawang Jerman sekaligus membalikkan keunggulan menjadi 1-2 untuk keunggulan Jepang.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, skor 1-2 untuk keunggulan Jepang tidak berubah.

Dengan kemenangan Jepang atas Jerman ini menunjukkan kualitas tim-tim Asia tak kalah dari benua Eropa maupun Amerika setelah sebelumnya Arab Saudi juga berhasil menaklukkan Argentina dengan skor sama yaitu 1-2.

Susunan Pemain Jerman vs Jepang:

Jerman (4-2-3-1):
Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Serge Gnabry, Thomas Muller, Jamal Musiala; Kai Havertz.
Pelatih: Hansi Flick.

Jepang (4-2-3-1):
Shuichi Gonda; Hiroki Sakai, Ko Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Ao Tanaka, Wataru Endo; Junya Ito, Daichi Kamada, Takefusa Kubo; Daizen Maeda.
Pelatih: Hajime Moriyasu.***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: fifa.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x