Timnas Portugal Menangi Duel Atas Timnas Ghana, Cristiano Ronaldo Kembali Ukir Rekor di Piala Dunia Qatar 2022

- 25 November 2022, 10:34 WIB
Sumbang 1 gol atas kemenangan Portugal 3-2 atas Ghana, Cristiano Ronaldo cetak rekor Piala Dunia.
Sumbang 1 gol atas kemenangan Portugal 3-2 atas Ghana, Cristiano Ronaldo cetak rekor Piala Dunia. /dok. akun Twitter @FIFAWorldCup/


Media Purwodadi – Timnas Portugal berhasil memetik kemenangan pada Matchday 1 babak penyisihan Grup H saat menghadapi Timnas Ghana.

Bermain di Ras Abu Aboud Stadium, Timnas Portugal menang dengan skor 3-2 atas Timnas Ghana. Kamis, 24 November 2022 malam.

Ketiga gol kemenangan Portugal tercipta melalui eksekusi penalti Cristiano Ronaldo menit ke 65, Joao Felix menit ke 78 dan Rafael Leao pada menit ke 80.

Baca Juga: Finalis Putri Indonesia 2022 Ini Calon Istri Kaesang Pangarep, Berikut Profil Singkat Erina Gudono

Sementara, 2 gol balasan Ghana tercipta melalui Andre Ayew menit ke 73 dan Osman Bukari jelang berakhirnya pertandingan atau tepatnya pada menit ke 89.

Atas hasil ini, Portugal untuk sementara memuncaki Grup H dengan koleksi tiga poin. Sedangkan, Ghana menempati juru kunci dengan nol poin,

Sementara, posisi kedua dan ketiga ditempati Uruguay dan Korea Selatan dengan 1 poin lantaran di laga sebelumnya hanya mampu bermain imbang tanpa gol.

Jalannya pertandingan babak pertama Portugal vs Ghana:

Pada awal babak pertama, kedua tim bermain dengan tempo sedang. Portugal dengan strategi bola-bola pendeknya perlahan membongkar pertahanan blok rendah Ghana.

Anak asuh Fernando Santos baru menaikkan intensitasnya seketika ketika celah di pertahanan Ghana terbuka.

Seperti yang terjadi di menit ke 10 saat Cristiano Ronaldo hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Lawrence Ati-Zigi.

Beruntung bagi Ghana, Lawrence Ati-Zigi dengan cermat menempatkan badannya untuk menghalau tembakan dari Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo sempat membobol gawang Ghana di menit ke 31. Ia memenangkan duel menghadapi Alexander Djiku di kotak penalti dan sukses menaklukkan Lawrence Ati-Zigi.

Sayangnya, wasit tidak mengesahkan gol itu karena mantan pemain Real Madrid dan Juventus tersebut dianggap melakukan pelanggaran terhadap Alexander Djiku.

Secara umum, Portugal menguasai 45 menit pertama. Ghana hanya menunggu Portugal melakukan kesalahan dan sama sekali tidak ingin terlibat untuk mendapatkan bola.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Jumat, 25 November 2022: Update Terbaru Dapatkan Item Ekslusif dari Mihoyo

Namun, distribusi bola Portugal sangat lambat, meski menguasai pertandingan sebesar 70 persen. Satu lagi masalahnya adalah pemanfaatan Cristiano Ronaldo sebagai focal point yang justru menghambat kreativitas pemain untuk mengancam Ghana.

Dan hingga berakhirnya 45 menit babak pertama, skor imbang 0-0 mengiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti masing-masing.

Di babak kedua, Ghana mulai mengubah strategi. Tim berjuluk Black Star ini mulai mencoba untuk menguasai bola lebih lama.

Strategi tersebut memudahkan Ghana untuk bisa mencapai sepertiga akhir dengan lebih rapi. Meski empat tembakan pertama berasal dari luar kotak penalti semua.

Di saat Ghana coba mengimbangi permainan, Mohammed Salisu melakukan kesalahan saat mengawal pergerakan Cristiano Ronaldo di dalam kotak penalti.

Pelanggaran yang dilakukan pemain belakang Southampton tersebut menyebabkan wasit utama Ismail Elfath memberikan hadiah penalti kepada Portugal.

Cristiano Ronaldo yang maju sebagai algojo berhasil menendang bola dengan keras, melewati hadangan dari Ati-Zigi. Portugal pun unggul 1-0 di menit ke 65.

Ghana tidak perlu waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Perubahan pendekatan permainan yang dilakukan berbuah hasil di menit ke 73.

Lewat serangan terukur di sayap kiri, Kudus berhasil mengirim umpan silang yang disambut oleh Ayew untuk menggetarkan gawang Portugal.

Namun, Portugal juga tidak perlu waktu lama untuk mencetak gol. Di menit ke 78, Portugal kembali unggul lewat gol yang dicetak Felix.

Pergerakannya mencari ruang di belakang garis pertahanan Ghana diakhiri dengan kemampuannya menaklukkan Ati-Zigi dalam situasi satu lawan satu.

Dua menit kemudian di menit ke 80, Portugal menjauh. Kali ini gol dicetak oleh Leao yang baru saja masuk tiga menit sebelumnya.

Golnya mirip dengan gol kedua dengan memanfaatkan ruang di belakang garis pertahanan Ghana dan diselesaikan dengan first time shot.

Portugal lengah untuk kedua kalinya. Dari sisi yang sama Ghana berhasil melakukan penetrasi dan melepaskan umpan silang kepada Bukari yang terlepas bebas untuk menyundul bola. Ghana memperkecil ketertinggalan di menit ke 89.

Selain membantu meraih kemenangan untuk Portugal, Cristiano Ronaldo lagi-lagi berhasil menuai rekor baru sepanjang karir perjalanan sepak bola dirinya.

Baca Juga: Terpeleset Saat Cari Rumput, Seorang Pemuda di Grobogan Ditemukan Tewas di Pinggir Bendung Dumpil

Dilansir dari Instagram @433, striker Manchester United tersebut berhasil menjadi pemain sepak bola pertama yang mencetak gol di 5 Piala Dunia berbeda.

Di laga tadi malam, CR7 julukan Cristiano Ronaldo kembali berhasil mencetak gol saat Portugal menghadapi Ghana dalam laga perdananya di Piala Dunia Qatar 2022.

Cristiano Ronaldo menorehkan rekor istimewa itu melalui eksekusi titik putih pada menit ke 65 usai dirinya dilanggar di area kotak penalti.

Susunan Pemain Portugal vs Ghana pada Matchday 1 babak penyisihan Grup H Piala Dunia Qatar 2022:

Portugal (4-3-3):
Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves (Rafael Leao 77’), Bernardo Silva (Joao Palhinha 88’), Bruno Fernandes; Otavio (William Carvalho 56’), Joao Felix (Joao Mario 88’), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88’).
Pelatih: Fernando Santos.

Ghana (5-4-1):
Lawrence Ati-Zigi; Alidu Seidu (Tariq Lamptey 66’), Daniel Amartey, Alexander Djiku (Daniel-Kofi Kyereh 90’+3), Mohammed Salisu, Abdul-Rahman Baba; Mohammed Kudus (Osman Bukari 77’), Thomas Partey, Salis Abdul Samed (Antoine Semenyo 90’+3), Andre Ayew (Jordan Ayew 77’); Inaki Williams.
Pelatih: Otto Addo.***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: fifa.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x