Dampak Covid-19, Pertandingan Madura United vs Persipura di Liga 1 Ditunda, Berikut Penjelasannya

- 2 Februari 2022, 08:10 WIB
Pemain Madura United dalam suatu pertandingan beberapa waktu lalu.
Pemain Madura United dalam suatu pertandingan beberapa waktu lalu. /tangkapan layar Instagram @maduraunited.fc

Media Purwodadi – Kompetisi BRI Liga 1 yang sedianya menampilkan laga antara Madura United dan Persipura Jayapura yang akan digelar pada Selasa, 1 Februari 2022 mengalami penundaan.

Penundaan tersebut lantaran adanya 19 pemain dan official Madura United yang terpapar Covid-19. Total ada 24 orang yang dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Adanya kabar tersebut membuat Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi dan pihan PT Liga Indonesia Baru mengdakan rapat darurat pada Senin, 31 Januari 2022.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi NET TV Rabu, 2 Februari 2022: Drakor Doctor Romantic, Dream High, Blood, RT 5

Rapat tersebut berlanjut pada Selasa, 1 Februari 2022 pada pukul 09.00 WIB. Sebelum pelaksanaan rapat darurat, Iwan Budianto dan Yunus Nusi sudah menyampaikan persoalan tersebut kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam rapat tersebut dibahas terkait Madura United yang kehilangan 80 persen pemainnya.

Hal ini merujuk pada regulasi BRI Liga musim 2021/2022 tentang  hasil tes Covid-19 dan eligibilitas, pertandingan bisa ditunda yang tertuang pada Pasal 52.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi RCTI Rabu, 2 Februari 2022: Dahsyatnya 2022, Putri Untuk Pangeran, Ikatan Cinta

Pada Pasal 52 ayat (2) regulasi BRI Liga Musim 2021 / 2022, tertuang jika ada pemain dan/atau official yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan karena kasus Covid-19 yang terkonfirmasi Satuan Tugas Covid-19.

Maka, klub diminta untuk mendatangkan bila ada pemain standby di kota domisili atau lainnya yang telah terdaftar dari 35 pemain yang didaftarkan.

Dalam pasal yang sama ayat (7), termaktub dalam keadaan luar biasa, di mana setelah swab tes rapid antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain, termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang.

Dengan demikian, LIB dan PSSI segera menggelar rapat darurat. Rapat darurat ini dilaksanakan untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap keputusan bersifat final.

Baca Juga: Ramalan Zodiak, Rabu 2 Februari 2022 : Aquarius Pastikan Tetap Praktis, Pisces Mulai Perencanaan Masa Depan

Dilansir dari laman resmi PSSI, dalam rapat darurat tersebut, LIB akan melakukan tes PCR ulang pada tanggal 1 Februari 2022 pagi kepada seluruh pemain dan official Madura United yang positif.

Kemudian, LIB akan menggelar rapat darurat dengan Madura United dan Persipura pada Selasa, 1 Februari 2022.

Sebelumnya, LIB berkomunikasi dengan Madura United, terkait Pasal 52 ayat 5, terkait kemungkinan mendatangkan pemain lakin di luar yang ada di Bali.

Namun pihak LIB hanya mendapatkan jawaban lisan disampaikan bahwa terlalu singkat dan hal itu tidak mungkin dilakukan untuk pertandingan besok.

Dua opsi keputusan tergantung pada hasil tes PCR ulang pada tanggal 1 Februari 2022, yaitu :

- Pertandingan ditunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan, dengan beberapa konsekuensi logis yang akan disampaikan, seperti ending kompetisi akan elwat dari bulan Maret 2022.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi Indosiar Rabu 2 Februari 2022: Live BRI Liga 1 2021/22: PSM MAKASSAR VS PERSIB BANDUNG

- Jika hasil tes PCR menunjukkan hasil ada pemain minimal 14 termasuk penjaga gawang, maka pertandingan akan dilaksanakan.

Seksjen PSSI, Yunus Nusi menjelaskan, dari hasil keputusan rapat tersebut telah disimpulkan pertandingan antara Madura United dan Persipura sepakat ditunda demi memutus rantai Covid-19.

“Setelah kami melaporkan ke Ketua Umum PSSI, akhirnya diambil kesimpulan Madura United dan Persipura sepakat pertandingan ditunda demi memutus rantai covid," jelas Yunus Nusi.

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: PSSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x