Indonesia Kembali Tambah Medali di Ajang Olimpiade Tokyo 2020 Melalui Cabang Olahraga Angkat Besi

- 26 Juli 2021, 05:40 WIB
Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perak bagi Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020
Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perak bagi Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 /Dok. Kemenpora.go.id/


Media Purwodadi – Berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020, cabang olahraga angkat besi kembali menyumbangkan medali untuk Indonesia.

lifter senior Indonesia, Eko Yuli Irawan meraih medali perak di ajang Olimpiade Tokyo 2020, Minggu, 25 Julu 2021.

Dalam pertandingan angkat besi yang digelar di Tokyo Internastional Forum, Jepang tersebut, Eko Yuli Irawan tampil di kelas 61 kilogram.

Baca Juga: 27 Exit Tol Jateng Dibuka Mulai Pukul 18.00 WIB, 244 Titik Penyekatan Tetap Berlaku

Eko Yuli Irawan, berhak atas medali perak usai mencatatkan total angkatan 302 kilogram. Sedangkan medali emas di raih lifter Li Fabin (China) dengan total 306 kilogram.

Meski hanya meraih medali perak, Eko Yuli Irawan tetap bersyukur karena berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia. Usahanya disebut sudah maksimal.

"Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan, kita mesti bersyukur dengan rezeki yang telah diberikan," kata Eko dalam rilis KOI.

"Saya minta maaf karena masih belum bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia, sebagaimana cita-cita saya," sambungnya.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Atlet-atlet Indonesia di Ajang Olimpiade Tokyo 2020

Lifter Eko Yuli Irawan dinilai telah berusaha maksimal, hal tersebut tampak saat dirinya sukses pada angkatan pertama clean and jerk seberat 165 kilogram.

Namun, di angkatan kedua, Eko kemudian memutuskan menaikkan beban 12 kg menjadi 177 kilogram. Tapi gagal. Bahkan pada angkatan ketiganya mengalami hasil serupa.

"Setelah sukses angkatan pertama clean and jerk 165 kg, saya memang mengambil keputusan untuk menaikkan beban 177 kg karena pada angkatan snatch, saya sudah selisih 4 kilogram dengan Li Fabin. Keputusan itu harus saya ambil untuk membuka peluang meraih emas," terang Eko.

Dengan raihan perak di Olimpiade 2020 Tokyo, Eko bukan hanya menyamai prestasi yang diraih pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, tetapi ia juga mencatat sejarah di angkat besi Indonesia.

Eko menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali pada empat penampilan beruntun di Olimpiade.

Sebelumnya, Eko Yuli Irawan meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing, dan Olimpiade 2012 London.***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: Kemenpora.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x