Hasil Balapan MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Gagal Finis, Jorge Martin Puncaki Klasemen Sementara

- 25 Maret 2024, 09:40 WIB
Dari kiri ke kanan: Pedro Acosta, Jorge Martin, Enea Bastianini.
Dari kiri ke kanan: Pedro Acosta, Jorge Martin, Enea Bastianini. /dok. motosan.es/


Media Purwodadi – Berikut hasil balapan MotoGP Portugal 2024 yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal. Minggu, 24 Maret 2024.

Balapan dalam kondisi berawan dan suhu 24 derajat, Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin berhasil memenangi seri kedua MotoGP Portugal 2024.

Memulai balapan dari posisi ketiga, Jorge Martin berhasil menyelesaikan balapan 25 laps dengan mencatatkan waktu tercepat 41 menit 18,138 detik.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Tentang Bansos Program Indonesia Pintar, Simak Penjelasan Berikut Ini Khusus Pelajar

Finis posisi kedua, pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini yang mencatatkan waktu 41 menit 19,020 detik atau 0,882 detik di belakang Jorge Martin.

Melengkapi finis ketiga, pembalap Gasgas Factory Tech3, Pedero Acosta. Berstatus pembalap rookie, Pedro Acosta mencatatkan waktu 41 menit 23,500 detik.

Reaksi Jorge Martin usai melihat tayangan ulang insiden Francesco Bagnaia dengan Marc Marquez.
Reaksi Jorge Martin usai melihat tayangan ulang insiden Francesco Bagnaia dengan Marc Marquez.

Catatan waktu pendatang baru di MotoGP 2024 itu selisih 5,362 detik di belakang Jorge Martin dan selisih 4,480 detik di belakang Enea Bastianini.

Finis keempat dan kelima, pembalap Red Bull KTM, Brad Binder dan Jack Miller dengan catatan waktu 41 menit 29,267 detik dan 41 menit 34,575 detik.

Sementara, sang juara bertahan, Francesco Bagnaia yang sempat mengalami insiden dengan Marc Marquez pada lap ke 23 gagal menyelesaikan balapan.

Sedangkan, Marc Marquez meski masih mampu melanjutkan balapan, harus puas finis di urutan ke 16 dengan mencatatkan waktu 41 menit 58,312 detik.

Atas hasil ini, Jorge Martin berhasil mengambil alih puncak klasemen dengan mengoleksi 60 poin. Ia mendapat tambahan 32 poin dari Sprint Race dan balapan.

Di sisi lain, Francesco Bagnaia yang hanya mendapat tambahan enam poin dari sesi Sprint Race, harus turun ke posisi ketiga dengan total 37 poin.

Jalannya Balapan

Jorge Martin berhasil melakukan start sempurna, dia langsung menyodok ke depan melewati dua pembalap. Yakni, Enea Bastianini dan Maverick Vinales.

Pertarungan seru terjadi antara Bastianini dengan Vinales yang berada di posisi kedua dan ketiga. Kedua pembalap itu bertarung dengan sengit.

Namun setelah itu, Bastianini dengan motor Ducati Desmosedici-nya mampu melesat kencang, menjauih dari kejaran Maverick Vinales.

Di tiga lap awal, sejumlah insiden sudah terjadi. Beberapa pembalap sudah berjatuhan di awal, seperti Franco Morbidelli, Alex Marquez, hingga Raul Fernandez.

Memasuki lap kedelapan, Pedro Acosta yang mencatat lap tercepat berhasil melewati Marc Marquez dan naik ke posisi lima.

Aksi fantastis Acosta berlanjut. Usai Marquez, dia mencoba mengejar sang juara dunia MotoGP 2023, Francesco Bagnaia, yang ada di urutan keempat.

Pada saat balapan masuk ke lap ke 11, Jorge Martin masih bisa mempertahankan keunggulan selisih waktu 0,2 detik dari Maverick Vinales.

Bagnaia yang juga unggul 0,2 detik dari Pedro Acosta yang terus membuntuti dirinya. Sementara itu Marc Marquez belum bisa melakukan serangan balasan pada Acosta.

Baca Juga: Cek Selengkapnya di Sini, Keluarga Penerima Manfaat Berhak Dapatkan Bansos Mitigasi Risiko Pangan

Pedro Acosta sempat menyalip Bagnaia di lap ke 12. namun sayangnya, ia malaha kehilangan keseimbangan.

Walaupun secara luar biasa ia tetap mampu mempertahankan posisinya di atas motor, Bagnaia bisa kembali dengan mudah merebut posisi keempat.

Pertarungan sengit Bagnaia, Acosta, dan Marquez membuat ketiganya sudah tertinggal 1,8 detik dari Bastianini yang ada di posisi ketiga.

Memasuki 10 lap terakhir atau di lap ke 16, Jorge Martin masih perkasa di posisi terdepan. ia punya selisih 0,7 detik dari Vinales.

Pedro Acosta akhirnya bisa menyalip Francesco Bagnaia di lap ke 21. Ia bisa menyusul Bagnaia dan merebut posisi keempat.

Insiden yang melibatkan Francesco Bagnaia dengan Marc Marquez.
Insiden yang melibatkan Francesco Bagnaia dengan Marc Marquez.

Setelah itu, persaingan sengit tersaji antara Marc Marquez dengan Bagnaia dalam perebutan tempat kelima.

Sengitnya persaingan Bagnaia dan Marquez membuat keduanya terlibat insiden di tiga lap terakhir.

Bagnaia menyeggol motor Marquez yang baru saja berhasil menyalipnya di lap kelima. Keduanya pun terjatuh dan sempat terseret ke pinggir sirkuit.

Pada akhirnya, Bagnaia memilih tak melanjutkan balapan. Bukan hanya mereka, Vinales juga mengalami insiden di lap terakhir hingga akhirnya gagal naik podium.

Berikut hasil balapan MotoGP Portugal 2024 yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal:

Berikut hasil balapan MotoGP Portugal 2024 yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal.
Berikut hasil balapan MotoGP Portugal 2024 yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal.

Berikut daftar klasemen sementara MotoGP 2024:

daftar klasemen sementara MotoGP 2024.
daftar klasemen sementara MotoGP 2024.

Demikian hasil balapan MotoGP Portugal 2024 yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal.***

Editor: Agung Tri

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x