Hasil Jerman U17 vs Prancis U17 Final Piala Dunia U17 2023: Jerman Ukir Sejarah Juara Piala Dunia Kali Pertama

- 2 Desember 2023, 23:14 WIB
Jerman berhasil jadi juara FIFA U17 World Cup 2023 Indonesia.
Jerman berhasil jadi juara FIFA U17 World Cup 2023 Indonesia. /Tangkapan layar Instagram @fifaworldcup


Media Purwodadi – Berikut hasil Jerman U17 vs Prancis U17 final Piala Dunia U17 2023 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo malam tadi.

 

 



Pertandingan Jerman U17 vs Prancis U17 yang digelar pada Sabtu, 2 Desember 2023 kick off pukul 19.00 WIB tadi berakhir untuk kemenangan Jerman U17.

Duel Jerman U17 vs Prancis U17 berakhir imbang 2-2 di waktu normal. Dan di babak adu penalti, tim berjuluk Die Mannschaft menang dengan skor 4-3.

Baca Juga: Kode Redeem ML Minggu, 3 Desember 2023 Update Terbaru. Dapatkan Item, Skin dan Hadiah Menarik dari Moonton

Kedua gol Jerman U17 tercipta melalui aksi Paris Brunner pada menit ke 29 dan Noah Darvich menit ke 51 usai menerima umpan dari Max Moerstedt.

Sementara, dua gol balasan Prancis U17 tercipta melalui Saimon Bouabre menit 53 umpan dari Nhoa Sangui dan Mathis Amougou menit ke 85 umpan dari Tidiam Gomis.

Paris Brunner cetak gol pembuka untuk Jerman U-17.
Paris Brunner cetak gol pembuka untuk Jerman U-17.

Kemenangan itu menjadikan timnas Jerman U17 mengukir sejarah sebagai juara untuk kali pertama di Piala Dunia U17.

Selain tampil sebagai jadi juara Piala Dunia U17 2023, Jerman U17 juga berhasil mengawinkan trofi Piala Eropa U17 2023.

Uniknya, saat meraih gelar juara Piala Eropa U17 2023, Jerman U17 juga menaklukkan Prancis U17 lewat adu penalti.

Bagi Prancis, kekalahan ini menjadi kegagalan menuntaskan revans atau pembalasan dari kekalahan saat tampil di babak puncak Piala Eropa U17 2023 lawan Jerman.

Prancis U17 harus puas mengakhiri PD U17 2023 sebagai runner-up. Skuad Les Bleus, julukan Timnas Prancis U17, pernah menjadi juara Piala Dunia U17 pada 2001.

Posisi ketiga ditempati Timnas Mali U17 setelah secara mengejutkan mampu menang 3-0 atas Timnas Argentina pada Jumat, 1 Desember 2023 kemarin.

Kalah dari timnas Mali U17 membuat Argentina U17 harus puas menempati posisi keempat Piala Dunia edisi ke 19 yang berlangsung di Indonesia ini.

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama, Timnas Jerman U17 langsung tampil menekan. Anak asuh Christian Wuck tersebut langsung tancap gas untuk mencetak gol.

Baru tiga menit berjalan, Timnas Jerman U17 berhasil membobol gawang berkat tendangan Paris Brunner.

Namun, gol itu dianulir wasit karena dalam proses terciptanya gol itu, punggawa Jerman U17 itu sudah berada di posisi offside.

Timnas Jerman U17 terus mendominasi jalannya pertandingan. Sementara, Prancis U17 di laga ini hanya mengandalkan serangan-serangan balik ke gawang Jerman.

Peluang berbahaya Prancis lahir di menit 21 melalui tendangan Simon Bouabre, beruntung bola masih mampu ditepis kiper Jerman U17 Konstantin Heide.

Menit ke 23, bek Prancis U17 melanggar Bilal Yalcinkaya di dalam kotak penalti. Wasit sempat melihat VAR sebelum akhirnya memutuskan memberikan hadiah penalti.

Paris Brunner yang ditunjuk sebagai algojo sukses melakukan tugasnya dengan baik. Alhasil timnas Jerman U17 unggul 1-0 atas Prancis U17.

Hingga berakhirnya babak pertama, tidak ada lagi gol tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan timnas Jerman U17 mengiringi para pemain kedua tim menuju ruang ganti.

Baca Juga: Bhineka Tunggal Ika Dalam Lokakarya Tujuh Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Grobogan

Keluar dari ruang ganti, jalannya pertandingan tidak berubah.  Timnas Jerman U17 langsung mengambil inisiatif tampil menyerang.

Jerman berhasil menambah keunggulan saat laga memasuki menit ke 51. Berawal dari skema serangan balik pemain Jerman U17.

Paris Brunner meneruskan bola ke sisi kiri, dan bola disambar Noah Darvich, bola yang sempat mengenai kaki Argney masuk ke gawang Prancis. Skor 2-0 untuk Jerman U17.

Tertinggal 2 gol, Prancis U17 langsung bereaksi. Hasilnya, menit ke 53 Saimon Baibre berhasil membobol gawang Jerman U17 sekaligus memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Berawal dari Saimon Baibre yang berhasil menusuk masuk ke kotak penalti Jerman dan melepaskan tembakan mendatar ke tiang jauh dan masuk ke gawang.

Usai gol tersebut, jalannya pertandingan semakin menarik. Jual beli serangan terjadi di antara kedua tim di laga ini.

Petaka bagi Jerman, menit 69, pemain bertahan Winners Osawe mendapatkan kartu kuning kedua sehingga Jerman U17 harus bermain dengan 10 orang.

 

 



Unggul jumlah pemain tidak disia-siakan Prancis. Les Bleus terus membombardir gawang Jerman, sementara Der Panzer dipaksa bertahan di laga ini.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Prancis U17 akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke 85.

Berawal dari umpan tarik Gomis dari sisi kanan disambar oleh Mathis Amagou yang tidak terkawal dan bola masuk ke gawang Prancis.

Hingga masa injury time, jual beli serangan terjadi antara kedua tim. Tidak ada gol yang tercipta sehingga laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, timnas Jerman berhasil menang atas timnas Prancis U17. Keenam eksekutor Jerman berhasil mencetak 4 gol, sementara eksekutor Prancis hanya 3 gol.

Berikut susunan pemain Jerman U17 vs Prancis U17:

Timnas Jerman U-17 (4-2-3-1):
Konstantin Heide; Eric da Silva Moreira, Finn Jeltsch, David Odogu, Maximilian Hennig; Fayssal Harchaoui, Winners Osawe; Bilal Yalcınkaya, Noah Darvich, Paris Brunner; Max Moerstedt.
Pelatih: Christian Wuck

Timnas Prancis U-18 (4-1-4-1):
Paul Argney; Aymen Sadi, Bastien Meupiyou, Joachim Kayi Sanda, Yvann Titi; Mathis Amougou; Ismail Bouneb, Fode Sylla, Saimon Bouabre, Tidiam Gomis; Mathis Lambourde.
Pelatih: Jean-Luc Vannuchi.***

Editor: Agung Tri

Sumber: uefa.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x