Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika 2023: Catatkan Rekor Lap, Luca Marini Raih Pole Position Untuk Pertama Kali

- 14 Oktober 2023, 16:23 WIB
Pembalap Mooney VR46, Luca Marini yang juga adik kandung Valentino Rossi raih pole position untuk pertama kalinya.
Pembalap Mooney VR46, Luca Marini yang juga adik kandung Valentino Rossi raih pole position untuk pertama kalinya. /motosan.es/


Media Purwodadi – Hasil sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2023 menempatkan pembalap Mooney VR46, Luca Marini tampil yang tercepat. Sabtu, 14 Oktober 2023.

 

 



Dalam sesi kualifikasi yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Indonesia, Luca Marini sukses mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,978 detik.

Catatan waktu adik kandung Valentino Rossi itu sekaligus mematahkan rekor lap yang sebelumnya diraih pembalap Aprilia, Aleix Espargaro 1 menit 30,474 detik.

Baca Juga: Ratusan Personel Polres Grobogan Turun ke Stadion Krida Bhakti Amankan Pertandingan Persipur vs Persiku

Sementara, posisi kedua, ditempati pembalap Aprilia, Maverick Vinales yang mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 30,009 detik atau 0,031 detik di belakang Luca Marini.

Melengkapi posisi ketiga, ditempati rekan setim Vinales, Aleix Espargaro yang di sesi kualifikasi mencatatkan waktu 1 menit 30,132 detik atau 0,154 di belakang Marini.

Di grid kedua, secara berurutan ditempati pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, pembalap Red Bull KTM, Brad Binder dan pembalap Pramac Ducati Jorge Martin.

Drama. kata ini rasanya tepat untuk menggambarkan jalannya perebutan pole position dalam MotoGP Mandalika 2023 bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Trio penantang gelar, Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marco Bezzecchi masing-masing hadapi kesulitan selama menjalani sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2023.

Balapan seri 15 MotoGP Mandalika 2023, untuk Moto3 dimulai pada pukul 10.00 WIB, Moto2 pukul 11.15 WIB dan balapan kelas utama atau MotoGP pada pukul 13.00 WIB.

Luca Marini dari tim Mooney VR46.
Luca Marini dari tim Mooney VR46.

Jalannya sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2023

Francesco Bagnaia segera bergegas menuju ke lintasan usai bendera hijau dikibarkan oleh Marshall di Pertamina Mandalika International Circuit.

Sial bagi sang juara bertahan MotoGP, pada percobaan pertama, catatan waktunya dibatalkan karena melewati batas trek (track limit).

Francesco Bagnaia harus masuk dua besar untuk melanjutkan kepada sesi kualifikasi 2 (Q2). Bagnaia hanya berada di tempat ketiga hingga sesi menyisakan tiga menit.

Di tengah upaya Bagnaia mencetak lap time, pembalap Ducati Lenovo lainnya, Enea Bastianinini melaju kencang untuk mencatatkan waktu tercepat.

Bastianini bukukan 1 menit 31,301 detik, diikuti pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli yang mencatatkan waktu tercepat kedua.

Baca Juga: Kolaborasi di Shopee 10.10 Brands Festival, Brand Lokal & UMKM Rasakan Peningkatan Produk hingga 9 Kali Lipat

Francesco Bagnaia sendiri akhirnya dapat membubuhkan 1 menit 30,626 detik. Catatan waktu ini sebenarnya cukup mengamankan posisinya.

Namun, di luar dugaan. Pembalap Mooney VR46, Luca Marini berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 30,383 detik dan ambil alih tempat pertama.

Bagnaia berupaya membalas, tetapi ia dikejutkan dengan Bastianini. Sang rekan setim merebut P2, sekaligus menyingkirkannya di Q1.

Di kualifikasi 2 (Q2), Marco Bezzecchi dan Jorge Martin menjadi drama berikutnya setelah langsung terjatuh di awal Q2. Dua rider ini sama-sama crash di tikungan 16.

Crash yang dialami Bezzecchi dan Martin lalu dimanfaatkan oleh Espargaro dan Vinales. Kedua rider ini langsung menguasai dua posisi terdepan.

Namun, Luca Marini sukses di menit-menit terakhir dan merangsek ke depan. Dia merebut pole position MotoGP Mandalika dan mengungguli Vinales dan Espargaro.

Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha menempati posisi keempat. Selanjutnya Brad Binder dan Jorge Martin.

 

 



Berikut hasil sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2023:

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: motogp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x