Menangi Derbi Catalonia, Barcelona Raih Gelar Juara La Liga Spanyol Musim 2022/2023 Sekaligus Gelar ke 27

- 15 Mei 2023, 10:32 WIB
Pemain Barcelona merayakan kemenangan atas Espanyol sekaligus sukses meraih gelar juara La Liga Spanyol musim 2022/2023 atau gelar juara yang ke 27 La Liga sejauh ini.
Pemain Barcelona merayakan kemenangan atas Espanyol sekaligus sukses meraih gelar juara La Liga Spanyol musim 2022/2023 atau gelar juara yang ke 27 La Liga sejauh ini. /dok. akun Twitter @fcbarcelona/


Media Purwodadi – Barcelona menjalani laga tandang ke Cornella-El Prat Stadium markas Espanyol pada pertandingan lanjutan pekan 34 La Liga Spanyol musim 2022/2023.

 

 



Dalam pertandingan yang berlangsung pada Minggu, 15 Mei 2023 pukul 02.00 WIB tersebut, Barcelona sukses mempecudangi tuan rumah, Espanyol.

Barcelona tampil perkasa dalam laga bertajuk derbi Catalonia itu dengan menaklukkan Espanyol dengan skor 4-2. Bahkan, Blaugrana unggul 3-0 di babak pertama.

Baca Juga: Hari Terakhir 7 Partai di Grobogan Daftarkan Bacaleg Mereka, Hanura Targetkan 7 Kursi di Pemilu 2024

Anak asuh Xavi Hernandez berhasil menambah 1 gol lagi di babak kedua tepatnya di menit ke 53. Sementara, 2 gol balasan Espanyol tercipta pada menit 73 dan 90.

Atas kemenangan ini, Barcelona berhasil keluar sebagai juara La Liga 2022/2023. Keunggulan 14 angka dari Real Madrid dipastikan tidak akan terkejar di empat laga tersisa.

Raihan poin penuh ini membuat Barcelona sudah mengumpulkan 85 poin dari 34 laga. Robert Lewandowski cs unggul 14 angka dari Real Madrid di peringkat ke 2.

Dengan empat laga tersisa di musim 2022/2023, Madrid maksimal hanya bisa menambah 12 angka. Ttidak ada kesempatan bagi Los Blancos mengejar perolehan Barcelona.

Barcelona telah mengumpulkan total 27 gelar juara La Liga sejauh ini. Terakhir kali Barcelona merajai Spanyol terjadi pada musim 2018/2019 atau sekitar tiga musim yang lalu.

Gelar kali ini juga begitu spesial bagi manajer Xavi Hernandez. Ini jadi gelar Liga Spanyol pertama yang diberikannya untuk Barcelona.

Sebelumnya, Xavi Hernandez baru memberikan gelar pertama Barcelona saat menjuarai Piala Super Spanyol 2022/2023.

Jalannya pertandingan

Barcelona langsung tancap gas di awal babak pertama. Pada menit ke 6, Pedri nyaris membuka keran gol usai menerima umpan dari Jules Kounde.

Sayangnya, bola sepakan pemain bernama lengkap Pedro Gonzalez Lopez tersebut masih melebar tipis di sisi gawang Espanyol yang dijaga Fernando Pacheco.

Blaugrana sukses mencetak gol pada menit ke 11 lewat sontekan Robert Lewandowski usai memaksimalkan umpan dari Alejandro Balde. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Pergerakan Alejandro Balde di sayap kiri mampu menembus pertahanan Espanyol yang dipunggawai Leandro Cabrera dan Brian Olivan.

Umpan silangnya dengan akurat menjangkau pergerakan Robert Lewandowski yang berlari tepat ke depan mulut gawang.

Barcelona mencetak gol kedua di menit ke 20. Penetrasi Pedri di half-space sebelah kanan diakhiri dengan umpan silang ke tiang jauh.

 

 

Baca Juga: Inspektorat Grobogan Gelar Senam Sehat Orang Hebat Hidup Sehat Antikorupsi

Balde dengan sigap mengejar bola dan menyerobotnya lebih dulu daripada pemain Espanyol.

Blaugrana terus menguasai jalannya pertandingan di sepanjang babak pertama dengan melancarkan serangan-serangan berbahaya ke gawang Espanyol.

Alhasil, mereka sukses menambah keunggulan pada menit 40 lewat aksi Robert Lewandowski usai memaksimalkan umpan dari Raphina.

Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, skor 3-0 untuk keunggulan Barcelona mengiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti.

Usai keluar dari ruang ganti, saat pertandingan babak kedua baru memasuki menit ke-53, Barcelona sudah kembali menambah gol keempatnya.

Umpan terukur dari Frenkie de Jong mampu disambut dengan sundulan tipis yang menentukan dari Jules Kounde.

Espanyol yang terus memberikan perlawanan akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke 74 melalui aksi Javier Puado

Menerima umpan Fernando Calero, Javier Puado melepaskan tendangan dengan sepakan kaki kanannya. Skor sementara 4-1 untuk keunggulan Barcelona.

Menjelang laga berakhir tepatnya pada menit 90+2, Espanyol kembali mencetak gol via Joselu. Namun, Barcelona tetap berhasil keluar sebagai pemenang lantaran pertandingan berakhir dengan skor 4-2.

 

 

Halaman:

Editor: Agung Tri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x