Hasil Pertandingan Vietnam vs Indonesia: Tumbang di Laga Leg 2, Skuat Garuda Gagal ke Final Piala AFF 2022

- 9 Januari 2023, 23:03 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Indonesia gagal ke final.
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Indonesia gagal ke final. /Antara/Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO


Media Purwodadi – Berikut hasil pertandingan Leg 2 semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Vietnam vs Timnas Indonesia yang berlangsung malam tadi.

Pertandingan Leg 2 Vietnam vs Indonesia berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi pada Senin, 9 Januari 2023 malam dengan dipimpin wasit Yusuke Araki asal Jepang.

Dalam pertandingan Leg 2 semifinal Piala AFF 2022 malam tadi, Timnas Vietnam sukses menumbangkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0.

Baca Juga: Ratusan Jiwa Warga Rohingya Terdampar di Aceh Besar Ini Sementara Tinggal di Penampungan

Kedua gol Timnas Vietnam tercipta melalui brace striker milik klub Becamex Binh Durong, Nguyen Tien Linh di awal babak pertama dan di awal babak kedua.

Atas hasil tersebut, Timnas Vietnam berhak melaju ke babak Final Piala AFF 2022 setelah pada Leg 1 duel Indonesia vs Vietnam berakhir imbang 0-0.

Timnas Vietnam unggul aggregat 2-0 atas Timnas Indonesia sehingga melaju ke babak Final Piala AFF 2022 dan akan menghadapi pemenang duel Thailand vs Malaysia.

Di awal babak pertama, Vietnam mencoba menekan pertahanan skuat Garuda. Mereka secara cepat mengalirkan bola dari kaki ke kaki.

Perlahan namun pasti, Vietnam pun berhasil menerobos pertahanan Indonesia dan mencetak gol cepat saat pertandingan baru berjalan 3 menit.

Berawal dari umpan panjang Do Hung Dung di lini tengah, bola berhasil dimanfaatkan Nguyen Tien Linh setelah kolos dari kawalan Jordi Amat. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Tertinggal 1 gol, Indonesia berusaha fokus dengan pertandingan. Mereka tetap memainkan permainan dari kaki ke kaki sembari membangun serangan.

Namun, tim asuhan Shin Tae-yong tampak masih kesulitan menembus ketatnya pertahanan The Golden Stars julukan Timnas Vietnam.

Peluang untuk Timnas Indonesia tercipta pada menit ke 24 melalui permainan dari kaki ke kaki hingga kotak penalti lawan.

Dendy Sulistiawan yang memegang bola tampak disikut pemain Vietnam, namun wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Vietnam kembali dapat peluang pada menit ke 29. Beruntung, tendangan Nguyen Hoang Duc masih bisa ditepis Nadeo Arga Winata.

Baca Juga: Viral di TikTok, Berikut Lirik Lagu Beserta Kunci Gitar OST Shinchan, Film Kartun Lucu di Era Tahun 90an

Terjadi insiden pada menit ke 34 kala Saddil Ramdani “memasang” kaki ke Doan Van Hau. Di sisi lain, Van Hau terus memprovokasi para pemain Timnas.

Laga keras terus berlangsung hingga menit-menit akhir. Timnas Indonesia pun masih kesulitan menembus ketatnya pertahanan lawan dan provokasi mereka.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam mengiringi pemain kedua tim menuju ruang ganti masing-masing.

Di awal babak kedua, mimpi buruk kembali datang ke gawang Timnas Indonesia. Tepatnya di menit ke 47 dimana, Vietnam berhasil menggandakan keunggulannya.

Berawal dari sundulan Nguyen Tien Linh dengan memanfaatkan bola hasil sepak pojok Do Hung Dung. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Vietnam.

Tertinggal dua gol, Timnas Indonesia tak tinggal diam. Mereka pun mendapat peluang untuk memperkecil ketertinggalan lewat tendangan bebas Marc Klok di luar kotak penalti. Namun sayang, bola masih bisa diamankan kiper Vietnam.

Shin Tae-yong kemudian melakukan sejumlah pergantian pemain. Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani ditarik digantikan Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya.

Mendapati Timnas Indonesia masih kesulitan mencetak gol, Shin Tae-yong kembali membuat perubahan di skuadnya.

Dia memasukkan dua striker sekaligus, yakni Ilija Spasojevic dan juga Muhammad Rafli.

Meski begitu, Timnas Indonesia masih kesulitan mencetak gol karena rapatnya pertahanan Vietnam.

Skor 0-2 untuk keunggulan Vietnam pun terus terjaga hingga akhir laga. Alhasil, Timnas Indonesia gagal melaju ke final.

Baca Juga: Seorang WNI Berprofesi Pilot Ditangkap Kepolisian Filipina Terkait Penyalahgunaan Senpi Illegal

Berikut Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam:

Timnas Vietnam (5-3-2):
Dan Vang Lam (GK); Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung, Que Ngoc Hai, Ho Tan Tai, Bui Tien Dung; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh.
Pelatih: Park Hang-seo.

Timnas Indonesia (5-4-1):
Nadeo Arga Winata (GK), Jordi Amat, Fachruddin Aryanto (C), Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan.
Pelatih: Shin Tae-yong.***

Editor: Agung Tri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x