Hasil Pertandingan Kosta Rika vs Jerman: Meski Raih Kemenangan Atas Los Ticos, Der Pazer Tetap Gagal Lolos

- 2 Desember 2022, 10:52 WIB
Meski menang atas Kosta Rika, Timnas Jerman dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022.
Meski menang atas Kosta Rika, Timnas Jerman dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. /dok. akun Twitter @FIFAWorldCup/


Media Purwodadi – Timnas Jerman berhasil raih kemenangan saat menghadapi Timnas Kosta Rika pada Matchday 3 babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022.

Bermain di Al Bayt Stadium, Timnas Jerman sukses menaklukkan Timnas Kosta Rika dengan skor 4-2. Jumat, 2 Desember 2022 dini hari.

Keempat gol Jerman tercipta melalui Serge Gnabry menit 10, brace Kai Havertz menit ke 73 dan 85 dan melalui aksi Niclas Fullkrug menit ke 89.

Baca Juga: Sungai Lusi Meluap, Tim SAR BPBD Grobogan Bantu Warga Lintasi Akses Banjir dengan Perahu Karet

Sementara, 2 gol balasan dar Kosta Rika tercipta melalui aksi Yeltsin Tejeda menit 58 dan gol bunuh diri kiper Jerman, Manuel Neuver pada menit ke 70.

Kemenangan Jerman atas Kosta Rika ini jadi torehan tiga poin perdana Der Panzer di babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022.

Sayangnya, Timnas Jerman tetap tersingkir karena hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup E dengan raihan 4 poin.

Poin Jerman sama dengan Spanyol. Namun, anak asuh Hans-Dieter Flick kalah selisih gol dengan La Furia Roja.

Jalannya pertandingan Kosta Rika vs Jerman di babak pertama:

Pertandingan dimulai dan Jerman langsung mengurung Kosta Rika. Serangan-serangan Jerman tampak dimulai dari kreasi Jamal Musiala yang bermain impresif.

Menit ke 10, Jerman berhasil menjebol gawang lawan. Serangan dari sisi kiri, Raum mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti untuk Gnabry yang berlari tak terkawal.

Sundulan keras Serge Gnabry tidak bisa dihentikan Keylor Navas. Skor berubah Kosta Rika 0-1 Jerman.

Unggul membuat Jerman bermain kian lepas. Hingga menit ke 25, serangan-serangan Jerman terus menekan tim lawan. Kosta Rika beruntung bisa beberapa kali lolos dari tekanan.

Kosta Rika sesekali mendapatkan momentum serangan balik, tapi pergerakan mereka terllu mudah dihentikan.

Jerman balik mengancam lewat aksi Jamal Musiala di menit ke 30, sayangnya arah bola masih melebar.

Tepat di menit ke 45, Kroasia mendapatkan peluang serangan balik terbaiknya. Bola dibawa Campbell, nahasnya dia terlalu lambat mengoper ke rekan yang berdiri bebas.

45 menit berakhir. Skor sementara 1-0 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Pertandingan dilanjutkan kembali, Kosta Rika tampak lebih percaya diri di babak kedua. Jerman masih menyerang, tapi 10 menit pertama Kosta Rika bisa melihat celah serangan.

Menit ke 58, Kosta Rika berhasil menyamakan kedudukan. Serangan balik cepat, umpan tarik dari sisi kanan, sundulan Watson masih bisa ditepis Neuer.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Jumat, 2 Desember 2022 Untuk Yang Berzodiak Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces

Bola muntah mendarat tepat di hadapan Tejeda yang berlari lebih cepat dari kawalan permain Jerman. Gol! Kosta Rika 1-1 Jerman.

Kebobolan memaksa Jerman merespons. Hansi Flick membuat sejumlah pergantian pemain di pertengahan babak kedua. Kini tekanan ada di pundak Jerman.

Menit ke 70, Kosta Rika mencetak gol kedua. Skema bola mati, umpan lambung ke kotak penalti mengacaukan formasi Jerman.

Bola lantas dibelokkan Vargas untuk mengecoh Neuer. Gol! Kosta Rika 2-1 Jerman.

Menit ke 73, Jerman langsung menyamakan kedudukan. Lagi-lagi kemelut di kotak penalti, bola mendarat di kaki Kai Havertz yang menaklukkan Navas dengan eksekusi tenang. Gol! Kosta Rika 2-2 Jerman.

Menit ke 85, Jerman kembali unggul. Umpan silang Gnabry dari sisi kanan mendarat di area berbahaya. Havertz datang dari belakang untuk mendorong bola ke gawang navas. Gol! Kosta Rika 2-3 Jerman.

Menit ke 89, Jerman kian menjauh. Skema umpan lambung dari sisi kanan ke tiang jauh. Bola diterima Sane yang lepas dari jebakan offside, langsung dibelokkan untuk meladeni Fullkrug. Gol! Kosta Rika 2-4 Jerman.

Tambahan waktu 10 menit, Jerman terus mencoba menambah jumlah gol. Kosta Rika dipaksa mengejar bola.

Hingga wasit Stephanie Frappart meniup peluit panjang, tidak ada gol tambahan. Skor 4-2 untuk kemenangan Jerman.

Susunan pemain Kosta Rika vs Jerman:

Kosta Rika (3-4-2-1):
Keylor Navas; Juan Pablo Vegas, Kendall Waston, Oscar Duarte; Bryan Oviedo, Keysher Fuller (74' Jewison Bennette), Celso Borges, Yeltsin Tejeda; Brandon Aguilera (46' Youstin Salas), Joel Campbell, Johan Venegas (74' Ronald Matarrita)
Pelatih: Luis Fernando Suarez (Kolombia)

Jerman (4-2-3-1):
Manuel Neuer; David Raum (67' Mario Gotze), Antonio Rudiger, Niklas Sule, Joshua Kimmich; Ilkay Gundogan (55' Niclas Fullkrug), Leon Goretzka (46' Lukas Klostermann); Leroy Sane, Serge Gnabry, Jamal Musiala; Thomas Muller (67' Kai Havertz)
Pelatih: Hansi Flick (Jerman).***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: fifa.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x