Timnas Indonesia U19 Bantai Timnas Filipina U19, Perubahan Strategi Jitu Shin Tae-yong Berbuah Manis

- 9 Juli 2022, 09:19 WIB
Skuat Timnas Indonesia U19 saat melawan Timnas Filipina U19 pada matchday 4 Piala AFF U19 2022
Skuat Timnas Indonesia U19 saat melawan Timnas Filipina U19 pada matchday 4 Piala AFF U19 2022 /dok. pssi.org/


Media Purwodadi – Timnas Indonesia U19 berhasil memetik kemenangan telak atas Timnas Filipina U19 pada matchday 4 Piala AFF U19.

Saat duel melawan Filipina U19, pelatih Timnas Indonesia U19 Shin Tae-yong banyak menurunkan pemain berbeda dibandingkan tiga laga sebelumnya.

Hanya kiper Cahya Supriadi dan Muhammad Ferrari yang tetap dipertahankan. Selebihnya adalah pemain yang sering duduk di bangku cadangan.

Baca Juga: Total Kasus PMK Jelang Idul Adha semakin meningkat, Begini Saran Pemkab Grobogan Untuk Masyarakat

Namun, perubahan strategi yang dilakukan Shin Tae-yong ini justru mampu membuat skuad Garuda Muda tampil lebih segar.

Hasilnya, Indonesia mampu menang 5-1 atas Filipina pada laga keempat Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, malam tadi.

Untuk dpat melaju ke babak semifinal, Indonesia harus menuntaskan laga babak penyisihan Grup A melawan Myanmar pada Minggu, 10 Juli 2022 dengan raihan tiga poin.

“Saya ikut mendengarkan saat STY menentukan 11 pemain yang akan diturunkan melawan Filipina,” ucap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Awalnya saya sedikit gelisah, tetapi kegelisahan saya terobati. 11 pemain itu dan pemain pengganti lainnya justru bermain menggila. Alhamdulillah kita menang,” imbuhnya.

Mochamad Iriawan pun meminta semua pemain untuk menuntaskan penyisihan Grup A dengan meraih kemenangan saat melawan Myanmar nanti.

“Tidak ada cara lain. Kita harus menang. Tunjukkan kita bisa. Saya minta doa dan dukungan semua warga negara Indonesia,” tegas  Ketua Umum PSSI itu.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengatakan bahwa kunci kemenangan pada laga ini yakni para pemain mampu tampil semaksimal mungkin.

“Memang Marselino Ferdinan tidak akan bisa main untuk turnamen kali ini karena cedera,”
terang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Jadi saya berusaha mengubah mental pemain agar para pemain mengorbankan diri. Para pemain pastinya berusaha dan tahu juga di tim kita sudah mulai menjadi satu," imbuhnya.

Saat ini Timnas Indonesia U19 berhasil memperbaiki posisi di klasemen dengan naik satu peringkat ke posisi tiga klasemen dengan koleksi delapan poin.

Sedangkan, Posisi pertama klasemen Grup A Piala AFF U19 2022 masih ditempati Vietnam dengan poin 10 hasil dari tiga kali menang dan sekali seri.

Posisi kedua klasemen ditempati Timnas Thailand U19 dengan jumlah poin 10 hasil dari tiga kali menang dan satu kali seri. Namun, Thailand jumlah kalah jumlah gol dari Vietnam.

Dengan komposisi klaseman Grup A Piala AFF U19 2022 yang seperti ini menjadikan peluang Timnas Indonesia U19 lolos ke babak selanjutnya semakinn terbuka lebar.

Baca Juga: Hidayah Jelang Idul Adha, Narapidana Lapas Kelas I Semarang Putuskan Jadi Mualaf

Pasalnya, di laga terakhir yang akan berlangsung pada Minggu, 10 Juli 2022 besok Vietnam dan Thailand akan saling berhadapan di Stadion Madya Gelora Bungkarno, Jakarta.

Disaat bersamaan, Indonesia akan menjalani laga hidup mati menghadapi Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Jika Indonesia berhasil meraih kemenangan, secara otomatis anak asuh Shin Tae-yong ini akan lolos ke babak selanjutnya entah sebagai juara grup maupun sebagai runner up.

Apapun hasil pertandingan Vietnam kontra Thailand, asalkan Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dipastikan Skuat Garuda Muda lolos ke babak selanjutnya.

Myanmar sendiri dipastikan tersingkir dari persaingan karena poin maksimal yang dapat mereka kumpulkan jika menang melawan Indonesia hanya 9 poin, alias tetap di bawah Vietnam dan Thailand.

Sedanghkan Timnas Indonesia berpeluang mengumpulkan poin 11 apabila di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 berhasil meraih kemenangan.

Berikut ini klasemen terbaru Grup A Piala AFF U-19 2022 setelah matchday 4:

1 Vietnam 4 3 1 0 11-2 9 10
2 Thailand 4 3 1 0 6-0 6 10
3 Indonesia 4 2 2 0 12-1 11 8
4 Myanmar 4 2 0 2 11-7 4 6
5 Filipina 4 0 0 4 3-13 – 10 0
6 Brunei 4 0 0 4 0-20 – 20 0.***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: pssi.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x