Polres Grobogan Gandeng Stakeholder Resmikan Sekolah Gaul Anti Kekerasan di SMK Pembangunan Nasional

- 19 Oktober 2023, 11:53 WIB
Kanit PPA Polres Grobogan, Ipda Yusuf Al Hakim saat memberikan materi kepada pada siswa SMK Pembangunan Nasional.
Kanit PPA Polres Grobogan, Ipda Yusuf Al Hakim saat memberikan materi kepada pada siswa SMK Pembangunan Nasional. /Dok Media Purwodadi./Hana Ratri./

 

Media Purwodadi - Polres Grobogan bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembangunan Nasional, Peradi, Kemenkumham, Yayasan Indo Ramah Anak dan Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah IV menggelar kegiatan sosialisasi.

Kegiatan tersebut mengusung Sosialisasi Mencegah Kenakalan dan Kriminalitas Remaja dengan Memahami Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari yang digelar pada Kamis, 19 Oktober 2023 di Lapangan SMK Pembangunan Nasional Purwodadi.

Sambil duduk di bawah terik sinar matahari pagi, ratusan siswa SMK Pembangunan Nasional Purwodadi terlihat menyimak arahan dari narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 Baca Juga: Pasca Anjlok, Jalur Wates - Sentolo Kulonprogo Kembali Dilalui Kereta Api dengan Kecepatan Terbatas

Arahan pertama dari Polres Grobogan yang diwakili Kanit PPA Ipda Yusuf Al Hakim.
Kepada para siswa, Ipda Yusuf Al Hakim menerangkan bahwa para siswa semestinya untuk tidak melakukan tindakan yang memecah persaudaraan, salah satunya tawuran.

Ipda Yusuf menerangkan, tawuran merupakan salah satu tindakan kenakalan remaja yang melanggar hukum. Selain itu, kenakalan remaja juga sikap tidak mengamalkan sila-sila dalam Pancasila.

"Kenakalan remaja yang melanggar hukum tentu akan diproses hukum dan bagaimana kalau masih di bawah umur? Penindakannya melalui unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak)," ujar Ipda Yusuf.

Dalam kegiatan ini, Ipda Yusuf mengatakan bahwa Unit PPA Sat Reskrim Polres Grobogan membuka layanan Pandu Puspa yang fokusnya untuk menangani kasus perempuan dan anak-anak di bawah umur.

Di akhir pemaparannya, Ipda Yusuf meminta kepada para siswa agar memahami bagaimana orang tua yang sudah bersusah payah untuk menyekolahkan mereka sampai saat ini.

Halaman:

Editor: Agung Tri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah