Iseng Ikut Lapak Ganjar, Perajin Olahan Eceng Gondok di Tuntang Ini Malah Makin Banyak Pesanan

- 15 Mei 2022, 12:01 WIB
Sebuah tas menjadi salah satu produk kerajinan eceng gondok Bengkok Craft milik Firman.
Sebuah tas menjadi salah satu produk kerajinan eceng gondok Bengkok Craft milik Firman. /dok Humas Pemprov Jateng/

Media Purwodadi – Ibarat iseng-iseng berhadiah, itulah yang terjadi pada sosok Firman Setyawaji, yang merupakan pemilik dari Bengkok Craft.

Firman Setyawaji merupakan perajin eceng gondok yang iseng mengikuti Lapak Ganjar untuk mempromosikan produk kerajinan yang dibuatnya kepada masyarakat.

Dengan menggunakan jasa Instagram melalui Lapak Ganjar, Firman Setyawaji akhirnya sering kebanjiran order.

Baca Juga: Resep Puding Coklat Susu Roti Tawar, Ikuti 27 Langkah Praktis Ini dan Cocok Untuk Ide Jualan Anda di Rumah

Bahkan, pada saat menjelang Lebaran 2022 kemarin, usahanya ini banyak menerima pesanan kerajinan eceng gondok berupa parcel hantaran.

Firman sendiri menjelaskan, usaha yang dirintisnya itu bernama Bengkok Craft mulai tahun 2019. Dalam merintis bisnisnya tersebut, Firman menerapkan sistem usaha kerakyatan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Tumbuhan eceng gondok yang mudah dicari di sekitar tempat usahanya tersebut langsung dikembangkan menjadi kerajinan oleh masyarakat setempat.

Hingga akhirnya usaha eceng gondok yang dipimpin Firman ini menjadi terkenal. Terlebih setelah mengikuti program Lapak Ganjar di Instagram.

“Kita memulai usaha ini sejak tahun 2019 dan ini sudah masuk tahun keempat,” jelas Firman Setyawaji, seperti yang dikutip Media Purwodadi dari Humas Pemprov Jateng.

Tempat usaha milik Firman ini berada di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Firman menjelaskan, dirinya fokus memasarkan barang-barang kerajinan eceng gondok ini lewat Instagram dan Whatsapp.

Halaman:

Editor: Andik Sismanto

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah