Pertamina Nyatakan Stok Aman, Masyarakat Diminta Agar Tidak Panic Buying dan Terpapar Informasi Hoax

- 24 Desember 2021, 05:30 WIB
Pertamina regional Jawa Tengah & DIY pastikan stok LPG aman saat Natal dan Tahun Baru.
Pertamina regional Jawa Tengah & DIY pastikan stok LPG aman saat Natal dan Tahun Baru. /Pertamina Patra Niaga

Media Purwodadi – Pasokan energi seperti BBM dan LPG akan aman selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hal itu yang perlu menjadi perhatian dari masyarakat.

Pasalnya, terdapat pesan yang menyebar luas di masyarakat tentang imbauan untuk mengisi penuh tangki bensin mulai 29 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022.

Hal itu membuat PT Pertamina (Persero) menyarankan agar masyarakat tetap tenang, menggunakan BBM dan LPG sesuai kebutuhan dan tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

Baca Juga: Kode Redeem Game Warpath Jumat, 24 Desember 2021, Segera Klaim dan Jadilah Panglima Terbaik

Pihak PT Pertamina (Persero) menjelaskan  pasokan energi masih tersedia aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kami tegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax, tidak benar dan menyesatkan. Kami berharap masyarakat tidak melakukan panic buying,” ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina di Jakarta, Kamis 23 Desember 2021.

“Karena kami yakin seluruh pekerja Pertamina tetap  mengedepankan kepentingan umum dan dapat bersama-sama menjaga kondusivitas dan kelancaran operasional,”tambahnya.

Menurut Fajriyah, saat ini Pertamina memiliki Satgas Natal dan Tahun Baru dan dilengkapi dengan PICC (Pertamina Integrated Command Center) yang melakukan monitoring 24 jam  dan menjalankan  kegiatan pengamanan ketersediaan dan distribusi BBM dan LPG.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi RCTI Jumat, 24 Desember 2021: Saksikan Bapau Asli Indonesia hingga Konser Natal

Termasuk saat ini, pihaknya berkordinasi dengan Pemda dan pihak aparat.  Ini juga dijalankan untuk mitigasi pengamanan distribusi terkait dengan aksi serikat pekerja Pertamina.

Satgas Nataru 2021 juga menuturkan melibatkan Direksi Pertamina maupun Direksi Sub Holding terkait. Termasuk seluruh General Manager seluruh daerah yang telah melakukan pertemuan rutin memastikan kesiapan dan pengamanan distribusi BBM dan LPG.

Kesiapan yang dimaksud yakni kesiapan armada, build up stock di seluruh region, monitoring distribusi hingga kesiapan dan keselamatan para pekerja yang bertugas.

“Pertamina juga memiliki pola distribusi RAE (reguler, Alternatif dan Emergency) untuk mengantisipasi kondisi emergency. sehingga pertamina tetap memastikan ketersediaan BBM dan LPG di seluruh wilayah,” Fajriyah dalam keterangan rilisnya.
    
Sebagai antisipasi Nataru, Pertamina telah menyiapkan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, serta seluruh rantai distribusi LPG.

Baca Juga: Kode Redeem Manga Clash Jumat, 24 Desember 2021, Game Anime Asal Jepang Populer di Dunia

Pendistribusian LPG ini mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG baik yang subsidi maupun non subsidi memenuhi kebutuhan energi masyarakat  
    
Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan layanan dan fasilitas tambahan, seperti 1.077 SPBU Siaga dijalur reguler, 63 SPBU Siaga di jalur tol, 218 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, 34 unit Pertashop atau SPBU modular.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan layanan 48 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

“Dengan kesiapan ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan tenang bersama keluarga, “tutur Fajriyah.***

Editor: Andik Sismanto

Sumber: Pertamina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x