Pasca Kalah Dari Irak, Shin Tae Yong Lakukan Evaluasi Jelang Pertandingan Melawan Filipina

- 8 Juni 2024, 09:12 WIB
Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae Yong melakukan evaluasi terhadap pemain asuhannya pasca kalah dari Irak, beberapa waktu lalu.
Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae Yong melakukan evaluasi terhadap pemain asuhannya pasca kalah dari Irak, beberapa waktu lalu. /PSSI.

Media Purwodadi – Kekalahan Timnas Indonesia saat melawan Irak dalam laga putaran zona asia kualifikasi Piala Dunia 2026, menjadi evaluasi bagi pelatih kepala, Shin Tae Yong.

"Para pemain sudah bekerja keras, tetapi memang saya menyayangkan banyak hal, kekalahan ini membuat kami harus berusaha lagi," kata Shin Tae Yong, dikutip dari Liga Indonesia Baru.

Menurut Shin Tae Yong, meski para pemain menjalani laga dengan baik, namun ada beberapa kesalahan individu yang mesti dievaluasi. Dirinya berharap ke depan Timnas Indonesia lebih berkembang.

Baca Juga: Dikenal Baik untuk Kesehatan Pencernaan, Ternyata Ini Sejumlah Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh

"Meski kami menjalani laga dengan baik, ada beberapa kesalahan individu yang harus kami evaluasi. Semoga kami berkembang lagi ke depannya," ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia harus menang saat melawan Filipina pada 11 Juni mendatang, guna mengamankan posisi runner up Grup F. Sebagai informasi, Indonesia saat ini berada pada posisi kedua grup F dengan tujuh poin hasil kalah sekali, imbang satu kali dan dua kali menang.

Sementara, Irak berada posisi puncak dengan raihan 12 poin. Vietnam berada di posisi ketiga dengan 6 poin setelah menundukkan Filipina dengan skor 3-2. Di posisi terakhir ada Filipina berada di urutan terbawah klasemen grup dengan satu poin.

Guna lolos sebagai runner up, Indonesia butuh tambahan tiga poin. Hal itu karena poin Vietnam saat ini jika ditambah sembilan angka, maka akan mendapatkan kemenangan pada dua laga sebelumnya.

"Kami akan mempersiapkan tim lebih baik pastinya, kami tidak bisa mundur. Kami harus bekerja keras lebih lawan Filipina. Dan memang Filipina juga sulit untuk dihadapi. Tetapi para pemain harus bekerja keras, dan hari ini juga sama," kata pelatih asal Korea Selatan ini.

Minta Maaf

Kekalahan yang terjadi saat melawan Irak kemarin, membuat para pemain Timnas Indonesia meminta maaf kepada para suporter. Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam meminta maaf kepada puluhan ribu suporter yang hadir di stadion.

Baca Juga: Kapan Puasa Dzulhijjah Dilaksanakan? Berikut Penjelasan Waktu Pelaksanaan, Niat, dan Keutamaannya

“Saya mewakili seluruh pemain memohon maaf kepada suporter dan fans karena hasil ini tidak memuaskan,” ujarnya.

Asnawi menjelaskan, ia dan teman-temannya seperjuangan masih punya kans untuk lolos di putaran ketiga. Hal itu bisa diraihnya jika sukses mengalahkan Filipina pada 11 Juni 2024 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

“Tentunya kita masih ada satu kans melaju ke round 3. Di tanggal 11 Juni nanti kita akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan poin agar kita bisa melaju ke ronde berikutnya,” ucap Asnawi.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah