Cetak Sejarah! Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Untuk Pertama Kalinya

- 26 Januari 2024, 08:51 WIB
Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia setelah Oman ditahan imbang Kyrgyzstan
Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia setelah Oman ditahan imbang Kyrgyzstan /dok. pssi/PSSI


Media Purwodadi – Babak penyisihan grup Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar mulai 12 hingga 25 Januari 2024 resmi rampung digelar.

Hasilnya, ASEAN sukses mengirim dua wakilnya, yakni Timnas Indonesia dan Thailand lolos ke fase knock out alias babak 16 besar.

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Atas pencapaian ini, Timnas Indonesia mencetak sejarah di Piala Asia.

Baca Juga: Jadwal Liga Spanyol 2023/2024 Jornada 22, Las Palmas Jamu Madrid, Barcelona Hadapi Villarreal

Untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia, Skuad Garuda lolos ke babak 16 besar atau fase gugur ajang empat tahunan tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan kebahagiaannya ketika skuad asuhannya dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Pelatih asal Korea Selatan itu akhirnya mengantarkan Skuad Garuda ke 16 besar setelah keluar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik di fase penyisihan grup.

"Kami sangat bersyukur, hari ini saya sangat happy. Terima kasih banyak," ungkap Shin dalam pesan resmi PSSI di Doha, Kamis malam.

Meski menelan dua kekalahan dari laga kontra Irak dan jepang, namun Indonesia bisa lolos ke fase gugur berbekal tiga poin dari kemenangan tunggal atas Vietnam.

Indonesia juga cukup beruntung, karena masih berada di posisi keempat dari tim peringkat ketiga terbaik, di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah yang kompak mengantongi empat poin.

Pesepakbola Timnas Indonesia Rafael William Struick (tengah) menggiring bola dibayangi pemain Jepang Takehiro Tomiyasu (kanan) saat bertanding pada babak penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz
Pesepakbola Timnas Indonesia Rafael William Struick (tengah) menggiring bola dibayangi pemain Jepang Takehiro Tomiyasu (kanan) saat bertanding pada babak penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz

"Walaupun kita satu kali menang dan dua kali kalah, tapi para pemain bekerja keras di setiap pertandingan. Itu mungkin yang mempengaruhi hasil saat ini," kata Shin.

Shin sangat bersyukur bisa membawa timnya keluar dari fase grup. Ia mengapresiasi kerja keras Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dalam setiap pertandingan yang dimainkan.

"Tanpa kerja keras mungkin Yang di Atas tidak memberikan kesempatan seperti ini. Tuhan tahu bagaimana kerja keras kita untuk ke 16 besar," kata Shin.

Sementara itu, Asnawi turut berkomentar atas keberhasilan Timnas membuat sejarah di sepak bola Tanah Air.

"Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab doa dan usaha kita," tutur Asnawi.

Tergabung di Grup D

Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023 sebagai tim dengan peringkat FIFA terendah kedua. Pesimisme pun mengiringi kedatangan Skuad Garuda di Qatar.

Namun, Timnas Indonesia membuktikan bahwa mereka tak bisa dipandang sebelah mata bagi lawan-lawan yang akan berhadapan dengan Indonesia.

Meski kalah 1-3 di laga perdana Grup D melawan Irak, tim asuhan Shin Tae-yong mampu memberikan perlawanan sengit kepada tim peringkat 63 dunia itu.

Memasuki laga kedua, Timnas Indonesia menghadapi rival sesama ASEAN, Vietnam. Hasilnya, penalti kapten Asnawi Mangkualam membawa Indonesia meraih kemenangan 1-0.

Di laga terakhir, Timnas Indonesia dipaksa menyerah oleh Timnas Jepang dengan skor 1-3. Sandy Walsh mencetak gol hiburan di penghujung laga.

Namun, satu gol bek kanan klub asal Belgia Mechelen mampu menguatkan peluang lolos Timnas Indonesia melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Indonesia pun akhirnya lolos ke 16 besar setelah menempati peringkat empat dari enam tim dalam klasemen peringkat tiga terbaik.

Di babak 16 besar Piala Asia 2023 ini nanti, Indonesia bakal menghadapi Timnas Australia. Babak 16 besar akan digelar mulai 31 Januari hingga 2 Februari 2024.***

Editor: Agung Tri

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x