Hanya Jadi Pilihan Ketiga, Philippe Coutinho Tinggalkan Aston Villa Menuju Klub Asal Qatar, Al Duhail

- 9 September 2023, 20:44 WIB
Coutinho Akhirnya Resmi Bergabung dengan Al-Duhail Qatar Dengan status pinjaman dari Aston Villa
Coutinho Akhirnya Resmi Bergabung dengan Al-Duhail Qatar Dengan status pinjaman dari Aston Villa /


Media Purwodadi – Philippe Coutinho resmi meninggalkan Aston Vila dan menuju Timur Tengah untuk bergabung dengan klub Qatar, Al Duhail.

 

 



Kepastian kepindahan Philippe Coutinho ke Al Duhail diumumkan Aston Villa melalui unggahan di akun Instagram resmi klub pada Jumat, 8 September 2023 malam.

Setidaknya, Philippe Coutinho akan memperkuat klub yang bermarkas di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar itu selama satu musim kedepan dengan status pinjaman.

Baca Juga: Kontingen Grobogan Targetkan Masuk Lima Besar Dalam Ajang Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng IV 2023

Pemain gelandang serang asal Brasil ini memilih meninggalkan Aston Villa lantaran hanya menjadi pemain pilihan ketiga dibawah kepelatihan Unai Emery.

Mantan pelatih, Sevilla, PSG, Arsenal dan Villarreal itu lebih memilih Nicolo Zaniolo dan Leon Bailey ketimbang pemain berusia 31 tahun tersebut.

Selain itu, Al Duhail menjadi satu-satunya klub yang sejauh ini menginginkan jasa mantan pemain Inter Milan, Liverpool dan Barcelona tersebut.

Di sisi lain, kepindahan Philippe Coutinho ke klub yang dilatih Hernan Crespo ini secara otomatis akan membuat Liga Champions Asia musim ini semakin seru.

Sebab, Al Duhail tergabung satu grup dengan Al Nassr, yang diperkuat banyak pemain top Eropa seperti Aymeric Laporte, Sadio Mane, Marcelo Brozovic, hingga Cristiano Ronaldo.

Kepastian kepindahan Philippe Coutinho ke Al Duhail diumumkan Aston Villa melalui unggahan di akun Injstagram resmi klub pada Jumat, 8 September 2023 malam.
Kepastian kepindahan Philippe Coutinho ke Al Duhail diumumkan Aston Villa melalui unggahan di akun Injstagram resmi klub pada Jumat, 8 September 2023 malam.


Karir Mulai Meredup

Pria bernama lengkap Philippe Coutinho Correia ini menjalani karir profesional di dunia sepak bola sejak 2008 bergabung dengan skuad muda klub asal Brasil, Vasco da Gama.

Kemudian ia dibeli raksasa Italia, Inter Milan dan menjadi bagian dari klub yang bermarkas di Giuseppe Meaza itu sejak 2008.

Namun, pada 2008 hingga 2010 Philippe Coutinho masih bermain untuk Vasco da Gama dengan status sebagai pemain pinjaman.

Dia baru benar-benar memperkuat Inter Milan mulai tahun 2010/2011. Sayang, debutnya ditandai kekalahan Inter 0-2 dari Atletico Madrid di final Piala Super UEFA 2010.

Hanya semusim bermain di Italia. Pada 2012, dia dipinjamkan lagi ke klub anggota La Liga Spanyol, Espanyol.

Baca Juga: Membangun Budaya Literasi, Polres Grobogan Serahkan Bantuan Seribu Buku Bacaan ke TK dan MI

Pada 2013 Philippe Coutinho kemudian dilepas ke Liverpool. di Liga Inggris inilah , ia mulai menemukan permainannya dan namanya semakin melambung.

Dari 152 penampilannya membela klub yang bermakas di Stadion Anfield itu, Philippe Coutinho berhasil mencetak sebanyal 41 gol.

Permainan berkelas Philippe Coutinho membuat klub raksasa La Liga Spanyol, Barcelona tertarik untuk merekrutnya.

Dan pada 2018, resmi pindah kembali ke La Liga Spanyol bersama Barcelona. Kala itu, Philippe Coutinho ditebus dengan biaya mencapai 160juta euro atau setara 2,58 triliun.

Sayangnya, bermain bersama Barcelona membuat karir pemain dengan tinggi 172 centimeter ini terus meredup sehingga pada 2019 ia dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Meski memiliki opsi pembelian, namun Munchen enggan untuk mempermanenkan Philippe Coutinho sebagai pemain FC Hollywood.

 

 



Philippe Coutinho kemudian dipinjamkan ke Aston Villa dan pada 2022 dipermanenkan sebagai pemain Aston Villa dibawah kepelatihan Steven Gerard.

Bersama Aston Villa permainan Philippe Coutinho tak kunjung menunjukkan peningkatan performa dan gagal mengangkat posisi Aston Villa di klasemen.

Hingga akhirnya Aston Villa berganti pelatih ke Unai Emery, peran Philippe Coutinho sebagai pemain gelandang serang semakin terpinggirkan.

Dari total 39 penampilan selama membela Aston Vila, Philippe Coutinho hanya mampu mencetak 6 gol saja.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x