Torch Relay Asean Para Games 2022 Ditandai Pengambilan Api Abadi di Mrapen

- 23 Juli 2022, 12:45 WIB
Dorektur III Bidang Pendukung Pertandingan Indonesia National Paralympic Organization Committe, Hendri Oka mengambil api untuk kali pertama di Api Abadi Mrapen, Grobogan
Dorektur III Bidang Pendukung Pertandingan Indonesia National Paralympic Organization Committe, Hendri Oka mengambil api untuk kali pertama di Api Abadi Mrapen, Grobogan /dok Media Purwodadi.

Media Purwodadi – Asean Para Games 2022 atau Pesta Olahraga Difabel se Asia Tengara ditandai dengan pengambilan api pertama Torch Relay atau pawai obor.

Pengambilan api Torch Relay Asean Para Games 2022 ini dilaksanakan di kompleks Api Abadi Mrapen, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Sabtu 23 Juli 2022.

Hadir dalam kegiatan pengambilan api Torch Relay Asean Para Games 2022 yakni Direktur III Bidang Pendukung Pertandingan Indonesia National Paralympic Organization Comitte (INASPOC), Hendri Oka dan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno serta Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Secara estafet, pengambilan api untuk Torch Relay Asean Para Games ini dilakukan oleh Hendri Oka, kemudian diserahkan kepada Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno dan dilanjutkan kepada Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Baca Juga: Kode Redeem Free Fire Sabtu, 23 Juli 2022: Ayo Segera Update Jangan Sampai Kehabisan

Setelah estafet penyerahan api pertama Torch Relay Asean Para Games ini langsung diberangkatkan pada hari itu juga dari Mrapen menuju ke Solo, uang menjadi tuan rumah dalam event tersebut.

Gelaran pawai api obor ini ini akan digelar pada tanggal 23-24 Juli 2022 dan dipusatkan di Kota Surakarta.

“Nanti rombongan pembawa obor dari Grobogan menuju Kota Semarang, lalu ke Sukoharjo, Karanganyar dan berakhir di Solo,” jelas Hendri Oka.

Hendri Oka berharap dengan adanya pengambilan api obor ini bisa menjadi penyemangat para atlet tuan rumah guna meraih juara.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni menerima estafet api obor dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.
Bupati Grobogan, Sri Sumarni menerima estafet api obor dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. dok Media Purwodadi

Bahkan, Hendri juga menjelaskan pengambilan api di Mrapen ini merupakan simbol semangat perjuangan para atlet pada ajang internasional ini.

"Dan juga semangat altet akan terus berkobar, tak pernah padam hingga mencapai prestasi terbaik serta mangharumkan nama bangsa," tegasnya.

Seperti yang diketahui, Api Abadi Mrapen berada di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan.

Beberapa gelaran pesta olahraga baik tingkat nasional maupun internasional, juga gelaran kegiatan agama melakukan pengambilan api di sumber api Mrapen ini.

Baca Juga: Real Madrid vs Barcelona Minggu, 24 Juli 2022, Laga Uji Coba 2 Klub Raksasa LaLiga Spanyol Yang Penuh Gengsi

Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengungkapkan pengambilan api yang berasal dari Api Abadi Mrapen ini memiliki makna besar menjadi sejarah lahirnya prestasi para atlet.

“Setiap event olahraga nasional dan internasional yang diselenggarakan di Indonesia selalu mengampil api touch relay dari Api Abadi Mrapen. Api ini memiliki makna besar menjadi saksi sejarah atas lahirnya prestasi para atlet olahraga nasional,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni.

“Mudah-mudahan dengan pengambilan api di Mrapen ini bisa mengharumkan Kabupaten Grobogan, serta prestasi atlet-atlet Indonesia dapat menjadi juara, termasuk atlet dari Grobogan,” tambah Sri Sumarni.

Kegiatan pawai obor dalam rangka Asean Para Games 2022 yang digelar pada Sabtu-Minggu, 23-24 Juli 2022 ditandai dengan pengambilan api di Kompleks Api Abadi Mrapen, pada Sabtu, 23 Juli 2022.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x