Ronaldo Kwateh, Pemain Debutan Timnas Indonesia U-23 Berdarah Liberia yang Berlogat Jawa Medhok

- 28 Januari 2022, 18:18 WIB
Ronaldo Kwateh saat menjalani laga debut bersama Timnas Indonesia  melawan Timor Leste. Dalam laga persahabatan itu skuad Garuda menang dengan skor 4-1
Ronaldo Kwateh saat menjalani laga debut bersama Timnas Indonesia melawan Timor Leste. Dalam laga persahabatan itu skuad Garuda menang dengan skor 4-1 /dok. akun Twitter @PSSI/



Media Purwodadi – Nama Ronaldo Kwateh mulai diperbicangkan para pecinta sepak bola tanah air usai laga Timnas Indonesia melawan Timor Leste, Kamis, 27 Januari 2022.

Ronaldo Kwateh merupakan pemain termuda di Timnas Indonesia. Dia, dipanggil memperkuat tim Garuda oleh pelatih Shin Tae Yong.

Ronaldo Kwateh yang menjalani debutnya di Timnas Indonesia melawan Timor Leste pada babak kedua tersebut mampu tampil memukau.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022, Desain Unik Cocok Dipasang di Status Media Sosial Anda

Striker berusia 17 tahun tersebut sukses mencuri perhatian publik usai bermain apik dengan turut andil dalam kemenangan Timnas Indonesia 4-1 kala melawan Timor Leste.

Bagi sebagian pecinta sepak bola tanah air mengira jika Ronaldo Kwateh merupakan pemain naturalisasi. Dari nama, wajah dan gaya rambut gimbal serta berkulit hitam.

Dikutip dari akun YouTube Kmanvi TV, ternyata Ronaldo Kwateh yang saat ini memperkuat Madura United lahir di Yogyakarta.

Pemain bernama lengkap Ronaldo Joybera Kwateh tersebut lahir di Bantul pada 19 Oktober 2004 silam.

Ibu kandung bernama Citra Rusmawati asli Yogyakarta dan ayahnya bernama Roberto Kwateh yang merupakan mantan pesepak bola asal Liberia, Afrika.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube KManvi TV, Ronaldo Kwateh mengaku bermain sepak bola sejak berumur 4 tahun.

Saat itu, ia bergabung di Sekolah Sepak Bola (SSB) Selabora, setelah itu dia sempat berpindah-pindah SSB, mulai dari SSB Real Madrid Yogyakarta hingga ke Persiba Bantul U-16.

Saat ini, Ronaldo Kweteh yang memperkuat klub peserta BRI Liga 1 Indonesia, Madura United kalah bersaing dengan pemain senior seperti, Rafael Silva, dan Alberto Goncalves.

Baca Juga: Bangunan Kelas Baru, Para Siswa SMPN 1 Godong Berterima Kasih Pada Bupati Grobogan

Namun, Ronaldo Kwateh tetap mampu menampilkan permainan terbaiknya dengan dibuktikannya pada saat bergabung dengan Timnas Indonesia U-18 di Turki 2021 lalu dengan mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak.

Berikut biodata Ronaldo Kwateh:
Nama lenglap: Ronaldo Joybera Kwateh
Tanggal lahir: 19 Oktober 2004
Tempat lahir: Yogyakarta
Posisi bermain: Penyerang
Klub saat ini: Madura United
Nomor punggung: 77
Karir junior:
2017 SSB Pendowoharjo Bantul
2020 – 2021 Persib Bandung

Karir Senior:
2021 Madura United.

Karir Timnas:
2020 Timnas Indonesia U-18
2022 Timnas.***

Editor: Agung Tri Wibowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x