KPH Purwodadi Gandeng LMDH dan Pramuka Jaga Kelestarian Mata Air Ngesong

- 31 Maret 2024, 14:12 WIB
Kegiatan bersih-bersih sumber mata air Ngesong di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, Grobogan oleh KPH Purwodadi.
Kegiatan bersih-bersih sumber mata air Ngesong di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, Grobogan oleh KPH Purwodadi. /Media Purwodadi/dok KPH Purwodadi

Media Purwodadi – Perhutani KPH Purwodadi menggandeng LMDH Wana Tirta dan Pramuka Saka Wanabakti untuk menjaga kelestarian sumber mata air Ngesong, Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari Grobogan.

Sebelumnya sesuai informasi yang diperoleh Minggu 31 Maret 2024, keberadaan mata air Ngesong tersebut sempat ramai menyusul aksi penolakan warga atas rencana eksploatasi mata air tersebut oleh pihak ketiga.

Namun, menurut Wakil Administratur KPH Purwodadi Toto Suwaranto kehadiran karyawan KPH Purwodadi, LMDH dan Pramuka bukan terkait polemik tersebut.

Baca Juga: Dok! Rapat Paripurna DPRD Grobogan Setujui Raperda BUMDes Jadi Perda

Namun mereka akan melakukan kegiatan bersih-bersih tersebut bertepatan dengan Hari Jadi ke-63 Perhutani pada Jumat 29 Maret 2024 untuk menjaga kelestarian sumber mata air Ngesong.

Yang terlibat dalam kegiatan itu anggota Polhutmob KPH Purwodadi, Karyawan Perhutani BKPH Tumpuk, anggota LMDH Wana Tirta Desa Karangasem dan anggota Pramuka Saka Wanabakti.

Sumber mata air Ngesong menurut Toto, berada di petak 115 B Kawasan Perlindungan Setempat Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Teges, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tumpuk, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi.

Air dari mata air Ngesong, lanjutnya, selama ini telah dimanfaatkan warga sekitar terutama warga Tambak, Desa Karangasem untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan mengairi sawah.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Grobogan Pada Minggu 31 Maret 2024, Berpotensi Hujan di Malam Hari

Kawasan Perlindungan

Halaman:

Editor: Setiadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x